AFDetect, Aplikasi Pendeteksi Gejala Atrial Fibrillation dan Detak Jantung yang Tidak Normal

Gejala atrial fibrillation akan dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami penggumpalan darah di dalam tubuhnya. Penggumpalan darah yang terjadi tersebut pada akhirnya dapat menyebabkan stroke atau gagal jantung. Menurut data, satu dari empat orang yang berusia di atas 40 tahun memiliki potensi untuk mulai mengalami atrial fibrillation ini.

Biasanya karena gejalanya yang cenderung kecil, orang yang mengalami gejala penggumpalan darah ini tidak langsung memeriksakan dirinya ke dokter. Dan pada akhirnya seseorang akan tahu bahwa ia mengalami atrial fibrillation setelah gejala yang muncul tergolong parah. Kendalanya, proses pemeriksaan di rumah sakit akan lebih lama memakan waktu sehingga gejala ini pun makin tergolong dalam kategori yang parah.

Fenomena inilah yang membuat inovasi yang menggabungkan kesehatan dengan teknologi. Para ilmuwan dari perusahaan perangkat kesehatan HealthSTATS Internasional bersama dengan University College London berhasil mematenkan sebuah aplikasi pertama di dunia yang dapat digunakan untuk melacak gejala detak jantung yang tidak teratur. Aplikasi ini dinamakan AFDetect, aplikasi ini bekerja menggunakan kamera built-in serta fungsi flash yang ada di dalam ponsel. Selanjutnya data yang didapatkan akan dianalisa untuk dikategorikan sebagai atrial fibrillation atau tidak.

Pada saat ini, aplikasi AFDetect ini hanya tersedia bagi perangkat berplatform Android saja. Jika berminat, kamu bisa mendownload aplikasi ini dengan $1,58 di Google Play Store.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal