J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              4 Fakta Menarik Seputar Taksi Listrik Blue Bird, Pakai Mobil Seharga 1 Miliar!

              4 Fakta Menarik Seputar Taksi Listrik Blue Bird, Pakai Mobil Seharga 1 Miliar!

              00
              Jumat, 3 Mei 2019, 19:00 WIB
              Blue Bird Group akhirnya secara resmi meluncurkan layanan taksi listrik pertamanya di Indonesia. Lalu, apa saja fakta menarik dari invoasi yang dihadirkan ini? Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini.

              Meskipun saat ini banyak orang yang menggunakan aplikasi transportasi online untuk berpergian, tapi taksi konvensional lainnya masih tetap bertahan, salah satunya adalah taksi Blue Bird.

              Siapa, sih, yang nggak mengenal taksi Blue Bird? Setiap hari pasti kamu sering melihat kendaraan umum ini melintas di jalanan ibu kota yang sangat padat.

              Jika selama ini kamu hanya melihat layanan taksi blue bird yang masih menggunakan bahan bakar bensin, sebentar lagi perusahaan ini akan memiliki armada baru untuk bisnis transportasinya.

              Pasalnya, Blue Bird Group, perusahaan taksi terbesar di Indonesia itu belum lama ini secara resmi meluncurkan layanan taksi listrik pertama di Indonesia.

              Menjadi perusahaan layanan transportasi terbesar sekaligus menjadi yang pertama dalam penggunaan bahan bakar listrik untuk armadanya, lalu apa saja fakta-fakta menarik di balik inovasi baru ini?

              Nah, di artikel kali ini Jaka akan bahas seputar fakta menarik taksi listrik Blue Bird. Buat kamu yang penasaran, yuk, disimak artikel selengkapnya berikut ini.

              Fakta Menarik Mengenai Taksi Listrik Blue Bird

              Menjadi pencetus inovasi layanan taksi listrik pertama di Indonesia tentunya ada hal-hal menarik yang menyelimuti peluncuran armada baru ini.

              Sebelum kamu menikmati layanan taksi listrik pertama ini mending kamu baca dulu, geng, mengenai fakta-fakta menarik di balik invoasi ini.

              1. Menjadi Layanan Taksi Listrik Pertama di Indonesia

              Taksi Listrik Pertama F82bc

              Pada tanggal 22 April lalu, Blue Bird Group akhirnya meresmikan layanan taksi listrik pertamanya ke hadapan publik. Inovasi layanan taksi listrik ini juga sekaligus menjadi yang pertama hadir di Indonesia.

              Peluncuran taksi listrik tersebut dilaksanakan bertepatan dengan hari bumi.

              Menariknya, inovasi ini direalisasikan setelah pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Kementerian Perhubungan mempertanyakan mengenai hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan layanan taksi untuk mengurangi emisi.

              Akhirnya setelah melalui proses yang panjang, Blue Bird Group mampu menjawab pertanyaan itu lewat layanan taksi listriknya.

              Layanan taksi listrik ini akan mulai beroperasi pada tanggal 1 Mei 2019.

              Sebelum secara resmi mengumumkan layanan taksi listrik pertamanya di Indonesia, rupanya Blue Bird juga pernah menggunakan armada berbahan bakar gas untuk layanan transportasinya pada tahun '90-an lho, geng.

              2. Menggunakan Merek Mobil dari Produsen Otomotif Besar

              Taksi Tesla A602c

              Pada tahun 1972 silam, Blue Bird menjalankan bisnis layanan transportasi pertamanya menggunakan armada Holden Torana.

              Tidak hanya berhenti sampai di situ, perusahaan ini juga sudah sering bergonti-ganti merek mobil mulai dari Honda, Hyundai, Nissan, hingga Toyota.

              Tetapi, untuk mobil listriknya kali ini, Blue Bird menggunakan mobil dari merek besar yang memang merupakan spesialis mobil listrik yaitu Tesla. Mobil Tesla yang dipilih untuk layanan taksi listrik ini adalah tipe SUV Model X75D.

              Tak tanggung-tanggung, harga 1 unit Tesla X75D diperkirakan **memiliki harga US$84.000 atau lebih dari Rp1 miliar! **

              Berhubung mobil ini digunakan sebagai layanan taksi listrik eksekutif Silver Bird, mobil Tesla ini hanya disediakan dalam jumlah terbatas yaitu hanya 5 unit armada.

              Selain itu ada juga merek mobil lain yang digunakan untuk layanan taksi listrik regulernya yaitu MPV BYD e6 A/T.

              Untuk mobil dengan merek ini, Blue Bird menyediakan dalam jumlah yang jauh lebih banyak dari layanan eksekutifnya yaitu sebanyak 25 unit armada.

              Tidak hanya sampai di situ, Blue Bird berencana untuk menambah unit armadanya sebanyak 200 unit mobil listrik pada tahun 2020 mendatang, sehingga pada tahun 2025 mereka dapat mengoperasikan sekitar 2 ribu unit.

              3. Tidak Kena Tarif Pajak

              Emisi F9b89

              Inovasi taksi listrik ini rupanya mendapat dukungan positif dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

              Sebab pengadaan mobil listrik ini digadang-gadang tidak kena bea masuk dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

              Hal ini dikarenakan perubahan skema baru aturan tarif pajak penjualan atas barang mewah untuk kendaraan roda empat.

              Aturan PPnBM ini kini tak lagi menghitung kapasitas mesin melainkan melihat efisiensi. Semakin rendah emisinya, maka semakin rendah tarif pajaknya.

              Selain itu, pemberian insentif dalam bentuk peraturan pemerintah dan peraturan presiden terkait mobil listrik sangat mendukung untuk layanan taksi listrik ini dikembangkan.

              Sebab, dengan pemberian insentif itu pemerintah menolkan PPnMb untuk mobil listrik. Namun, pajak nol persen ini tidak berlaku untuk kendaraan mobil super car seperti Lamborghini cs.

              4. Membangun 12 Unit Stasiun Pengisian Listrik Umum

              Splu E5532

              Dengan inovasi yang diberikan oleh Blue Bird lewat layanan taksi listriknya, tentunya harus ada solusi mengenai pengisian bahan bakarnya.

              Oleh karena itu, sebagai langkah awal pihak Blue Bird membangun sebanyak 12 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di bengkel pusat Blue Bird.

              Selanjutnya, mereka berencana akan menambah 2-3 unit SPLU baru di kantor pusat Blue Bird yang berlokasi di daerah Mampang.

              Tidak hanya power bank yang memiliki fitur fast charging, stasiun pengisian listrik ini juga dikabarkan bisa mengisi daya secara cepat karena sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging yang memiliki kecepatan 40 kWh.

              Sehingga dibutuhkan waktu hanya sekitar 2 jam untuk mengisi penuh daya taksi listrik ini.

              Akhir Kata

              Itulah fakta-fakta menarik seputar taksi listrik Blue Bird yang belum lama ini diluncrukan.

              Wah, menarik untuk dicoba nih, geng, layanan taksi listriknya. Setelah sekian lama akhirnya Indonesia punya layanan transportasi publik yang ramah lingkungan.

              Baca juga artikel seputar Viral menarik lainnya dari Shelda Audita.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal