J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Generasi Milenial Apatis Terhadap Pemilu? Ini Hasil Survei dari Line!

              Generasi Milenial Apatis Terhadap Pemilu? Ini Hasil Survei dari Line!

              00
              Jumat, 15 Mar 2019, 18:00 WIB
              Didominasi oleh pengguna milenial, Line berusaha menyediakan ragam informasi positif dan terpercaya agar pemilih mudah semakin yakin untuk berpartisipasi di Pemilu 2019.

              Jaka mau tanya nih, apakah tahun ini kamu sudah punya hak pilih dalam Pemilu? Atau justru ini bukan pertama kalinya kamu bisa mencoblos?

              Banyak yang beranggapan bahwa generasi milenial cenderung apatis dan tidak peduli terhadap dunia politik. Mereka memilih untuk bersikap masa bodo terhadap berbagai riuh yang terjadi.

              Benarkah begitu? Mungkin kita bisa melihat hasil survei yang dilakukan oleh Line melalui acara Sore Seru yang diadakan di FX Sudirman pada Kamis (14/3).

              Survei Line Generasi Milenial 1 A31e6

              Survei yang dilakukan oleh Line diikuti oleh 33,265 responden dari berbagai segmen dengan mayoritas dari kalangan usia antara 17 hingga 30 tahun (sebanyak 81%).

              Dari banyaknya responden tersebut, sebanyak 34% menjawab bahwa Pemilu 2019 ini adalah Pemilu pertama mereka. Hal ini menunjukkan tingginya jumlah pemilih pemula pada perhelatan politik kali ini.

              Sebanyak 90% responden mengaku telah mengetahui bahwa pemilu kali ini diselenggarakan secara serentak, antara Capres, DPRD, dan DPD.

              Selain itu, 81.2% mengatakan bahwa mereka mengenal calon presiden dan wakil presiden pada pemilu kali ini. Hal itu dapat dimaklumi karena masifnya pemberitaan mengenai mereka.

              Hal sebaliknya terjadi pada calon anggota DPR. Hanya 19% responden yang menyatakan bahwa mereka mengetahui siapa saja calon-calon anggota legislatif DPR, di mana sisanya mengaku tidak tahu.

              Lantas, mengapa mereka mau memilih pasangan calon-calon tertentu? Setidaknya ada lima hal yang mendasari pilihan mereka.

              Pertama adalah program kerja yang ditawarkan. Sebanyak 33.60% responden mengatakan program kerja adalah hal utama yang mereka perhatikan dalam memilih.

              Disusul di tempat kedua adalah integeritas yang dimiliki oleh para calon dengan prosentase 28%, yang disusul oleh profil para peserta Pemilu dengan 23.40%.

              Partai pendukung (9.30%) dan wajah calon (5.70%) tidak menjadi patokan utama responden dalam menentukan pilihan.

              Pemilu kali ini juga bisa jadi menjadi pemilu yang paling mencemaskan. Banyak sekali isu-isu berhembus yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

              Sebanyak 42% responden mengatakan bahwa isu suku, agama, dan ras (SARA) menjadi hal yang paling mencemaskan pada Pemilu kali ini, disusul oleh Hoaks dan Misinformasi (39%).

              Hasil survei ini menunjukkan bahwa generasi milenial tidak seapatis seperti yang orang kira. Masih banyak pemuda-pemudi kita yang peduli dengan masa depan bangsa.

              Line, sebagai salah satu perusahaan digital terbesar di dunia yang digemari generasi milenial, tentu ingin mendukung partisipasi aktif para pemilih muda melalui berbagai aplikasi yang dimilikinya.

              Pada acara ini, juga terdapat acara talk show edukasi bertajuk Pemuda Peduli Pemilu yang menghadirkan berbagai tokoh seperti Najwa Shihab, Tasya Kamila, Pangeran Siahaan, dan lainnya.

              Intinya mereka semua sepakat bahwa partispasi generasi milenial di dalam pemilu sangat penting dan harus bisa berperan dalam memerangi hoaks.

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal