J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Free Fire vs PUBG Mobile, Siapa Jawara Game Battle Royale Terbaik?

              Free Fire vs PUBG Mobile, Siapa Jawara Game Battle Royale Terbaik?

              00
              Selasa, 26 Feb 2019, 14:00 WIB
              Saat ini game battle royale sedang digandrungi oleh banyak orang di Indonesia. PUBg dan Free Fire menjadi salah dua yang menjadi favprit. Lantas siapakah yang menjadi jawara di antara keduanya? Berikut pembahasannya.

              Kamu cinta mati sama game battle royale? Masih bingung ingin menjadi pro-player untuk game PUBG atau Free Fire? Sebenarnya se-seru apa sih PUBG dan Free Fire itu?

              Saat ini game battle royale yang seru untuk dimainkan memang banyak jumlahnya, Baik di perangkat Android maupun iOS.

              Di sosial media Jalantikus, sering banget pemain PUBG dan Free Fire bertengkar mempertahankan game favorit mereka.

              Nah, daripada kalian selalu berdebat game mana yang lebih keren, Jaka akan head to head kan kedua game ini!

              Kira-kira siapa ya yang akan menjadi jawara game battle royale terbaik? Check this out!

              Free Fire vs PUBG Mobile: Mencari Jawara Game Battle Royale Terbaik

              Jauh sebelum PUBG hadir dalam versi mobile, sudah ada game battle royale lainnya yang sempat mencuri perhatian gamer.

              Sebut saja Knives-Out, Rules of Survivor atau Cyber Hunter. Tetapi, sampai akhirnya keluarlah dua game battle royale terfavorit yang paling banyak dimainkan, PUBG dan Free Fire.

              Mungkin kalau di benua Amerika dan Eropa, Fortnite mulai mengunguli kepopuleran PUBG. Tetapi khusus di Indonesia, PUBG dan Free Fire lah yang menjadi jawaranya. Jadi, siapakah best of the best dari kedua game ini? Berikut pembahasannya dari Jaka!

              1. Gameplay

              free fire vs pubg (3)

              Sebenarnya tidak ada yang berbeda jauh antara PUBG dan Free Fire. Sama-sama mengusung tema battle royale, maka kurang lebih game ini dimulai dengan para pemain turun di sebuah wilayah dengan tangan hampa.

              Tetapi ada perbedaan yang cukup ketara antara PUBG dan Free Fire adalah dalam jumlah pemain yang bisa bergabung dalam satu kali permainan. Jika PUBG harus 100 pemain agar game bisa dimulai, maka Free Fire hanya membutuhkan 50 orang saja.

              Hal lainnya adalah mengenai auto-aim. Free Fire menjadi bahan ejekan pemain PUBG karena untuk menembak musuh, kamu tidak perlu mengeker senjata secara persisi.

              Untuk mode game yang bisa dimainkan, PUBG Mobile memiliki mode seperti Classic, Arcade, Training, TPP, FPP, Solo,Duo, dan Squad. Sedangkan pada Free Fire hanya memiliki mode Ranked, Classic, Death Race, Rush Hour, Solo, Duo, dan Squad.

              2. Grafis

              Jelas, secara grafis PUBG sangat unggul di berbagai sektor dibandingkan dengan Free Fire. Sebenarnya hal ini sangat wajar dan masuk akal mengingat Free Fire memang bukan termasuk game berat dengan grafis HD yang 'wow.'

              Settingan grafis di PUBG sangat terasa perbedaannya. Kalau kamu mempunyai HP Flagship, sudah tentu rata kanan di PUBG mobile bukanlah hal yang sulit.

              Kualitas grafis yang oke punya ini harus dibayar dengan penyimpanan memori yang cukup besar kurang lebih nyaris 3GB. Tentu saja hal ini menyiksa pemilik HP Kentang.

              Tetapi di lain sisi, dengan grafis yang pas-pasan, Free Fire tidak memakan banyak memori kamu. Free Fire hanya memakan memori kurang lebih 400MB-an saja.

              3. Item dan Senjata

              free fire vs pubg (1)

              Lagi=lagi hal ini menjadi kelebihan PUBG dibandingkan dengan Free Fire. PUBG memiliki lebih dari 25 jenis senjata (dan akan terus bertambah) sedangkan Free Fire kurang lebih hanya mempunyai 18 jenis senjata saja.

              Belum lagi, perlengkapan senjata di PUBG lebih bervariatif dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan agar permainan terasa semakin seru.

              Oh iya, menurut pengalaman Jaka bermain PUBG dan Free Fire, proses recoil, menembak dan mengeker menggunakan Scoope lebih terasa realistis di PUBG dibandingkan dengan Free Fire.

              Rasanya belum ada game alternatif PUBG yang lebih lengkap dalam hal senjata dan item-item berperang lainnya.

              4. Map

              Kalau untuk hal yang satu ini, boleh dikata PUBG menang telak dibandingkan Free Fire. Pasalnya, PUBG memiliki map atau peta yang sama dengan versi PC-nya.

              Ada 4 peta di dalam game PUBG; Erangel, Miramar, Sanhook dan Vikendi. Sedangkan Free Fire hanya memiliki dua peta yaitu Bermuda (Map besar) dan Mad Dog (map yang lebih kecil). Free Fire mengakali jumlah peta yang sedikit dengan menambah lokasi baru.

              Oh iya, hal lain yang menjadi 'bahan debat' antara pemain PUBg dan Free Fire adalah masalah tidak ada pintu sama sekali di semua peta Free Fire.

              Sedangkan PUBG dibuat se-real mungkin dengan membuat bangunan di dalam setiap petanya sangat mirip dengan aslinya,

              5. Fitur Pendukung

              free fire vs pubg (2)

              Ini adalah salah satu hal yang membuat sebuah game menjadi menarik. Salah satu hal yang membuat PUBG menarik akhir-akhir ini adalah kerjasama antara PUBG x Resident Evil, banyak orang terkejut dengan hal ini.

              Belum lagi outfit PUBG selalu update disesuaikan dengan season yang sedang berlangsung. Belum lagi, PUBG Mobile bisa dimainkan dengan emulator resmi.

              Nah, Kalau Free Fire punya mode unik yang tidak dimiliki oleh PUBG yaitu fitur karakter dan pet (hewan peliharaan). Ada berbagai karakter dan hewan peliharaan yang bisa kamu pilih. Dijamin, pengalaman kamu bermain Free Fire semakin menyenangkan.

              Kalau boleh subjektif, Jaka lagi suka banget sama mode zombie di PUBG sih, terasa banget bedanya dengan game battle royale lainnya. Tetapi Free Fire unggul karena memiliki server Indonesia, bukan Asia seperti PUBG, sehingga kemungkinan connection time out lebih kecil saat bermain game.

              Kesimpulan: Game Gak Ada Pintu vs Game 'Orang Kaya'

              Pada akhirnya semua Jaka kemablikan kepada kamu. Tujuan setiap orang dalam bermain game pasti berbeda-beda.

              Entah PUBG ataupun Free Fire yang lebih baik menurut kamu, pasti ada alasan kuat di dalamnya.

              Tetapi, secara sederhana Jaka bisa simpulkan seperti ini. Jika kamu ingin menjadi pro player gamer, menyukai gameplay yang lebih menantang, grafis game HD dan flwaless plus mempunyai HP yang mumpuni untuk menjalankan game berat, Maka PUBG Mobile adalah jawaranya.

              Tetapi, jika kamu pemilik HP kentang, tidak terlalu memikirkan grafis yang tinggi dan Hi-Res, dan hanya butuh game battle royale untuk sekadar fun saja, maka Free Fire jawabannya. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan HP kamu ya guys!

              Akhir Kata

              Itu tadi pembahasan Jaka mengenai perbandingan game Free Fire vs PUBG Mobile. Jaka yakin pasti salah satu game ini sudah menjadi game favorit kamu.

              Apapun pilihan game kamu, tetap main sportif ya! Bisa jadi tahun ini e-sport lebih fokus ke game battle royale!

              Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

              Baca juga artikel seputar Game Battle Royale atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal