Peneliti Tunjukkan Ada Korelasi Antara Video Game dan Peningkatan Jaringan Otak

Hobi bermain game ternyata memiliki manfaat yang positif. Sejauh ini sudah banyak penelitian yang menunjukan sisi positif dalam video game seperti peningkatan kemampuan multi-tasking bahkan mempertajam kemampuan kognitif pada usia lansia. Dan kini ada sebuah penelitian baru yang mengungkapkan manfaat positif lain dari video game.

Penelitian dari Max Planck Institute for Human Developmen dan Rumah Sakit St.Hedwig mengambil populasi sejumlah subyek dewasa untuk bermain video game Mario 64 pada system portable Nintendo DS selama 30 menit setiap harinya selama 2 bulan berturut-turut.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan materi jaringan otak yang signifikan dalam kedua bilateral hippocampus serta bagian dari korteks prefrontal kanan. Hippocampus sendiri merupakan suatu wilayah penting berbentuk tapal kuda yang terdapat diantara kedua belahan otak. Hippocampus bertanggung jawab terhadap pembentukan memori serta menghubungkan informasi sensorik berupa bau, suara atau lainnya untuk kenangan.

Dalam game Mario 64, pemain diharuskan untuk maneuver karakter melalui ruang simulasi 3 dimensi. Salah satu split-screen Nintendo DS digunakan untuk menunjukkan posisi Mario pada sebuah peta, sedangkan yang lainnya digunakan untuk menampilkan sudut pandang dari karakter game yang dimainkan.

Dan yang tidak kalah menariknya, para peneliti juga menemukan korelasi antara keinginan seseorang untuk bermain game dengan peningkatan volume jaringan otak. Para peneliti berspekulasi bahwa peningkatan jaringan otak berhubungan dengan sistem reward otak yang melepaskan dopamin saat seseorang menikmati kegiatan tertentu. Akhirnya dopamine ini meningkatkan jaringan otak yang terkait.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal