Resmi! Inilah 7 Fitur Keren Android Pie Yang Harus Kamu Tahu

Default

Tepatnya pada 7 Agustus 2018 kemarin, Google secara resmi mengumumkan nama Android terbarunya, yaitu Android Pie. Seperti biasa, sistem operasi baru pasti membawa berbagai fitur yang keren. Namun, untuk saat ini Android Pie baru bisa dinikmati oleh pengguna Google Pixel dan akan disusul oleh smartphone flagship lain dalam waktu dekat.

Dengan kode nama Android 9.0, fitur yang ada di Android Pie ini lebih berfokus pada kinerja AI (Artificial intelligence). Selain itu UI pada Android Pie juga mengalami berbagai perubahan, lebih smooth, lebih segar dan lebih cerdas pastinya.

Selain tampilan, tingkat keamanan di Android Pie juga semakin meningkat. Sebenarnya ada begitu banyak fitur baru di Android Pie ini, namun ada beberapa fitur keren yang wajib kamu ketahui. Dan inilah 7 fitur keren Android Pie.

BACA JUGA
  • 15 Aplikasi Download Video Terbaik 2021 | Bisa Download dari Medsos!
  • 9 Aplikasi Android Terbaik 2018 Menurut Google, Udah Coba?

7 Fitur Keren Android Pie Yang Harus Kamu Tahu

1. Memetakan Sebuah Gedung Dengan WiFi RTT

1 21c03
Sumber foto: gearopen.com

Sekarang Android Pie sudah mendukung protokol WiFi IEEE 802.11mc atau biasa dikenal sebagai Wi-Fi Round-Trip-Time (RTT). Inilah salah satu fitur yang sangat ditunggu-tunggu oleh pengguna Android di luar sana.

Dengan fitur ini, maka kamu bisa memetakan sebuah gedung dengan memanfaatkan koneksi WiFi yang ada di gedung tersebut. Fitur ini juga dapat mendeteksi lokasi kamu berada didalam gedung tersebut. Dengan kata lain, kamu bisa jalan-jalan di Mall besar tanpa takut tersesat. Keren bukan?

2. Mode Lockdown

2 4b054
Sumber foto: gadgethacks.com

Lockdown Mode merupakan salah satu fitur teratas yang ada di Android Pie ini. Karena fitur ini mampu meningkatkan keamanan smartphone kamu, apalagi saat kamu berada dalam bahaya.

Jika fitur ini diaktifkan, maka ponsel akan terkunci dan menonaktifkan sidik jari, voice unlock dan face unlock. Jadi ketika ada seseorang yang ingin membuka smartphone kamu, mereka harus memasukkan kode keamanan dasar seperti PIN, Password, atau Pola.

Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa buka Setting -> Security and Location -> Lock Screen -> Lalu aktifkan Show Lockdown Option.

3. Zoom in Text

3 31f3a
Sumber foto: fossbytes.com

Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk memperbesar teks ketika kamu hendak memilih teks. Untuk mengetahui cara kerjanya kamu bisa menekan lama pada sebuah teks yang hendak kamu seleksi atau copy. Jika sudah, maka akan muncul pop up kecil yang menunjukan efek zoom di sekitar pointer.

Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang sering mengcopy teks di smartphone. Dengan begitu kamu akan meminimalisasi kesalahan sewaktu menyeleksi teks apalagi teks yang berukuran kecil.

4. Mengedit Screenshot Secara Langsung

4 E265f
Sumber foto: fossbytes.com

Di versi Android lama, setelah kita melakukan screenshot maka hasil dari screenshot tersebut akan hilang dan untuk membukanya kita harus mencarinya di galeri. Tapi akan berbeda jika kamu menggunakan Android Pie.

Di Android Pie, setelah kamu melakukan screenshot maka akan muncul sebuah notifikasi yang menampilkan hasil dari screenshot tersebut. Dan dari notifikasi tersebut kamu bisa melakukan 3 hal, yaitu buka, share, dan mengeditnya secara langsung.

5. Tampilan Notifikasi Bar yang Lebih Cerdas

5 00f03
Sumber foto: gadgethacks.com

Notifikasi yang semakin cerdas, merupakan salah satu implementasi dari AI yang ada di Android Pie. Lebih Cerdas, karena jika ada notifikasi yang sering kamu abaikan atau jarang kamu buka maka smartphone akan memunculkan tanda minus merah. Artinya smartphone menganggap bahwa notifikasi tersebut tidak penting.

Dan jika kamu mengetuk tanda minus merah itu, maka kamu akan disajikan 2 opsi, yaitu "Hentikan notifikasi" dan "Teruskan notifikasi". Jika kamu memilih opsi yang pertama, maka kamu tidak akan menerima semua notifikasi dari aplikasi tersebut. Tetapi, jika kamu memilih opsi kedua maka notifikasi akan muncul seperti biasa.

6. Fitur Auto-Rotation yang Semakin Canggih

6 70789
Sumber foto: fossbytes.com

Sebagian besar dari kita pasti mematikan fitur Auto-Rotation, kenapa? Ya, itu wajar, kita sering kesal karena saat kita memiringkan smartphone sedikit saja, maka layar akan masuk kedalam mode Lanscape. Namun, ketika kita ingin membaca buku dalam mode lanscape, maka kita harus mengaktifkan Auto-Rotation itu kembali.

Sedikit merepotkan memang, tetapi kejadian ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan Android Pie. Di Android Pie, fitur Auto-Rotation ini menjadi semakin pintar.

Karena ketika kamu mematikan fitur Auto-Rotation lalu kamu memiringkan smartphone maka akan muncul icon kecil yang menunjukkan, apakah kamu ingin masuk ke dalam mode lanscape atau tidak. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat gambar di atas.

7. 157 Emoji Baru

7 1929d
Sumber foto: fossbytes.com

Selain membawa fitur keren, Android Pie juga membawa fitur ceria untuk kita, yaitu Emoji Baru. Tidak nanggung-nanggung, ada sekitar 157 emoji baru di Android Pie. Selain itu, Google juga merubah beberapa desain emoji lama menjadi lebih ramah dan sopan.

Itulah 7 fitur keren Android 9.0 Pie, untuk kamu yang tidak sabar mencoba fitur Android Pie ini. Maka kamu bisa mencobanya dengan membeli smartphone Google Pixel. Jika ada fitur lain yang belum saya tulis di atas bisa kamu tulis di kolom komentar ya.

Sumber foto: Sampul: androidcentral.com

ARTIKEL TERKAIT
Samsung Banned 8a21e
Hardware Pas-Pasan Tapi Harga Mahal, Ini 5 Alasan Samsung Sudah Tidak Terlalu Diminati
Bukan Hanya Kecepatan Inilah 5 Hal Luar Biasa Jika Teknologi 5G Telah Tiba 04088
Bukan Hanya Kecepatan! Inilah 5 Hal Luar Biasa yang Akan Terjadi Jika Teknologi 5G Telah Tiba
Gak Cuma Buka Kunci, 7 Hal Ini Ternyata Bisa Dilakukan Menggunakan Fingerprint Sensor
APPS TERKAIT
JalanTikus
Google Camera
Google Now Launcher
Google Keep
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal