J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ngga Perlu Colokan, Kamu Bisa Charge HP Hanya dengan Menekukkan Jari!

Ngga Perlu Colokan, Kamu Bisa Charge HP Hanya dengan Menekukkan Jari!

Kamis, 9 Agt 2018, 16:00 WIB
Sebuah tab logam kecil yang bila kita tempelkan pada tubuh kita mampu menghasilkan listrik dengan cara menekuk jari dan gerakan sederhana lainnya. Tab kecil ini diharapkan suatu hari nanti akan mampu menyalakan perangkat elektronik kita.

Sebagian pasti sudah tahu bahwa tubuh manusia mampu menghasilkan arus listrik. Tapi pernahkah kamu membayangkan kalau arus listrik yang dihasilkan tubuh manusia mampu dimanfaatkan untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik?

Sebuah tab logam kecil yang bila kita tempelkan pada tubuh kita mampu menghasilkan listrik dengan cara menekuk jari dan gerakan sederhana lainnya. Tab kecil ini diharapkan suatu hari nanti akan mampu menyalakan perangkat elektronik kita.

Teknologi ini bisa jadi merupakan revolusi yang akan sangat membantu kehidupan manusia. Ke depannya kita Ngga Perlu Colokan, Karena Bisa Charge HP Hanya dengan Menekukkan Jari!

BACA JUGA
  • 10 Penemuan Asli Indonesia yang Mendunia! Nomor 4 Sedang Kamu Gunakan!
  • 5 Teknologi Ini Diprediksi Akan Sangat Dibutuhkan Oleh Manusia di Masa Depan
  • Menantang Tuhan! Ini 5 Mobil yang Akan Melawan Kiamat

Ngga Perlu Colokan, Kamu Bisa Charge HP Hanya dengan Menekukkan Jari!

Memang tidak menyenangkan jika dalam kegiatan sehari-hari harus tergantung pada colokan listrik, ataupun membawa powerbank ke mana-mana demi tetap terisinya baterai gadget kita. "Tubuh manusia sebenarnya merupakan sumber energi yang berlimpah. Mengapa kita tidak memanfaatkannya untuk menghasilkan listrik bagi perangkat kita sendiri?" Hal inilah yang membuat Qiaoqiang Gan, seorang profesor teknik elektro di Sekolah Teknik dan Ilmu Terapan Universitas Buffalo menjelaskan tentang tab kecil dalam sebuah jurnal Energy Nano, seperti dilansir electrochem.

Listrik Statis 76060

Tab ini sendiri merupakan sebuah perangkat generator super-mini (Nano-Generator) Tribo-Elektrik. Tribo-Elektrik terjadi apabila sebuah material tertentu menjadi bermuatan listrik setelah bersentuhan dengan material yang berbeda. Contohnya adalah apabila kita menggosok-gosok penggaris plastik untuk mengangkat sobekan kertas berukuran kecil. Contoh lainnya seperti batang plastik yang digosokknya dengan kain wol, ataupun batang kaca yang di gosokkan ke kain sutera. Sebagian besar listrik statis dalam kehidupan sehari-hari merupakan bentuk dari Tribo-Elektrik.

Listrik Statis2 D41ff

Para peneiliti telah mengusulkan banyak jenis generator-nano dengan memanfaatkan efek tribo-elektrik. Namun sebagian besar dari usulan itu, sangat sulit untuk diproduksi atau tidak efisien dari segi biayanya. Tab yang di kembangkan Tim Universitas ini juga membahas kedua permasalahan tersebut.

Tab ini tediri dari dua lapisan tipis terbuat dari emas, dengan poly dimethilsiloxane (susah ya bacanya?) atau disebut juga dengan PDMS, polimer berbasis silikon yang biasa digunakan pada lensa kontak mata (contact-lens).

Prinsip kerja Tab ini adalah satu lapisan emas direnggangkan dan akan menyebabkan kekusutan saat dilepaskan. Proses perenggangan dan pelepasan ini dilakukan dengan cara menekuk dan meluruskan jari jemari hingga menyebabkan elektron mengalir bolak-balik di antara lapisan emas. Semakin banyak gesekan, semakin besar jumlah kekuatan listrik yang dihasilkan. Demikian disampaikan oleh Yunho Yun, seorang profesor di Institut Semiconductor di Akademi Science Cina.

Listrik Statis4 Dbc90

Penelitian tersebut menggambarkan sebuat tab kecil (panjang 1.5cm, lebar 1cm) dapat menghasilkan tegangan maksimum 124 Volt. Sementara arus maksimum sebesar 10 micro-amp dengan kerapatan daya maksimum 0.22 mili-watt per sentimeter persegi (Cm2). Memang keluaran listriknya belum cukup untuk mengisi smartphone kita, namun dapat menyalakan 48 lampu LED secara bersamaan.

Karena Tab ini mudah dibuat, maka Zhang memimpin tim mahasiswanya untuk memperbaiki kinerja Tab tersebut. Tim peniliti ini juga berencana untuk menggunakan potongan emas yang lebih besar, yang diharapkan bisa menghasilkan lebih banyak listrik saat direnggangkan dan dilipat secara bersamaan.

Listrik Statis5 Abae8

Para peniliti juga sedang mengerjakan pengembangan baterai portabel untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh Tab tersebut. Mereka berharap sistem ini akan dapat berfungsi sebagai sumber tenaga listrik untuk berbagai perangkat elektronik yang dapat dipakai dan dihasilkan secara mandiri.

Penelitian ini juga didukung oleh beberapa lembaga ilmu pengetahuan yakni; The US National Science Foundation, the National Basic Research Program of China, National Natural Science Foundation of China, Beijing Science and Technology Projects, Key Research Projects of the Frontier Science of the Chinese Academy of Sciences and National Key Research and Development Plan.

ARTIKEL TERKAIT
Header 33 Eb0e1

Cara Backup Foto di Handphone Tanpa Batas . GRATIS DAN 100% WORKS!

Header 1 0effd

10 Website Lowongan Kerja Paling Terpercaya di Indonesia

Cara Membuat Logo Esport Keren Android Banner B7da7

Cara Membuat Logo eSport Keren Langsung di HP Android, Buat Guild ML, FF & PUBG!

Cara Mengatasi Fingerprint Error Banner D9a51

3 Cara Mengatasi Fingerprint Error dan Membuat Akurat di HP Android

Ketawa Online Kocak Ala Google Translate Bahasa Indonesia Banner Aceaa

Coba Cek Selera Humor Kamu, Ini 9 Ketawa Online Kocak Ala Google Translate Indonesia

Tips Main Pubg Mobile Banner A5451

15 Tips Jitu & Cara Main PUBG Mobile Ala Pro Player

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Buzz Up Viral Videosok Icon
Buzz Up! - Viral Videos 5.1.2
Apps Mainspring
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Panduan Seputar Token Listrik, Lengkap dengan Harga dan Cara Beli

Panduan Seputar Token Listrik, Lengkap dengan Harga dan Cara Beli

Cara Mudah Membeli Token Listrik di Berbagai Tempat

Cara Mudah Membeli Token Listrik di Berbagai Tempat

Daftar Harga Token Listrik PLN, Terbaru dan Terlengkap Tahun 2020!

Daftar Harga Token Listrik PLN, Terbaru dan Terlengkap Tahun 2020!

Cara Mengisi Token Listrik PLN, Cepat dan Praktis!

Cara Mengisi Token Listrik PLN, Cepat dan Praktis!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal