J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Teknologi Ruang Angkasa yang Akan Segera Bisa Digunakan di Bumi

5 Teknologi Ruang Angkasa yang Akan Segera Bisa Digunakan di Bumi

Sabtu, 7 Jul 2018, 13:00 WIB
Ada beberapa teknologi yang digunakan di ruang angkasa yang ternyata juga dapat digunakan di bumi. Meskipun beberapa di antaranya masih dalam tahap pengembangan, namun hal ini menjadi kabar gembira karena hadirnya beberapa teknologi tersebut dapat mempermudah aktivitas manusia.

Ada banyak teknologi canggih yang digunakan para astronot dalam menjelajahi ruang angkasa, namun hampir semua teknologi yang digunakan di ruang angkasa tidak dapat digunakan di bumi. Hal itu mengingat keadaan dan kondisi di ruang angkasa dan bumi jauh berbeda, mulai dari gravitasi hingga keadaan alam sekitarnya.

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa teknologi yang digunakan di ruang angkasa yang ternyata juga dapat digunakan di bumi. Meskipun beberapa di antaranya masih dalam tahap pengembangan, namun hal ini menjadi kabar gembira karena hadirnya beberapa teknologi tersebut dapat mempermudah aktivitas manusia.

Penasaran teknologi apa saja yang dimaksud? Lebih jelasnya simak ulasan 5 Teknologi Ruang Angkasa yang Akan Segera Bisa Digunakan di Bumi berikut ini, seperti yang sudah dilansir dari Top Tenz.

BACA JUGA
  • NAZI Berkoalisi Dengan Alien Reptil?! Ini 5 Konspirasi Misi Luar Angkasa Paling Gila di Dunia
  • Pasti Ketemu! Cara Mencari Satelit di Angkasa Pakai Android
  • 7 Objek Mengerikan yang Pernah Dijumpai Para Astronot Di Ruang Angkasa

7 Teknologi Ruang Angkasa yang Akan Segera Bisa Digunakan di Bumi

1. Robot Terbang Otomatis

Imagesshah 9a570
Sumber foto: pinterest.com

NASA berhasil menciptakan robot terbang bernama Autonomous Extravehicular Robotic Camera (AERCam), yang berfungsi untuk memeriksa bagian luar stasiun luar angkasa. Kemudian robot terbang ini juga mampu menghindari puing-puing dan hambatan lain di ruang angkasa. Robot ini sangat berguna untuk memberi segala informasi yang berada di sekitar ruang angkasa, mirip dengan drone namun robot ini jauh lebih pintar. Oleh karena itu robot serupa juga tengah dikembangkan untuk dioperasikan di bumi dengan fungsi yang hampir serupa.

2. Suitport

724 Picsay 38783
Sumber foto: cidehom.com

Suitport adalah kendaraan yang dirancang untuk digunakan di ruang angkasa yang diperuntukkan bagi para astronot. Kendaraan ini akan jauh lebih murah dan lebih kecil dari airlock yang biasa digunakan oleh para astronot. Bahkan kendaraan ini diklaim akan mengurangi dekompresi penyakit dan juga hemat bahan bakar sehingga para astronot lebih aman. Ke depannya kendaraan ini akan menjadi kendaraan utama untuk para wisatawan di ruang angkasa dan juga menjadi terobosan baru bagi jenis kendaraan di bumi.

3. Komunikasi Berbasis Laser

Lasercomm Picsay 15dc5
Sumber foto: toptenz.com

Salah satu aspek yang paling penting di ruang angkasa adalah komunikasi, garis komunikasi juga menjadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah misi berhasil atau tidak. Masalahnya saat ini pemancar radio yang mereka gunakan cenderung memerlukan banyak kekuatan untuk mengirim transmisi kembali ke bumi. Dan salah satu solusi terbaik adalah dengan menggunakan laser yang akan mengirimkan sinyal kembali ke bumi, sehingga memungkinkan astronot untuk mengirim data dan video di tingkat 10 sampai 100 kali lebih cepat dari transmisi radio. Komunikasi berbasis laser ini juga diklaim sangat efektif untuk mengirim sinyal di bumi.

4. CleanSpace One

Cleanspaceone Picsay 2f8a6
Sumber foto: toptenz.com

Ada lebih dari 55,000 objek yang beredar di ruang angkasa, termasuk ribuan objek buatan manusia dan puing-puing seperti satelit. Untuk membersihkan benda-benda ruang angkasa tersebut, perusahaan bernama Federal Swiss Institut Teknologi mengembangkan CleanSpace One, yakni kotak kecil dengan cakar yang berfungsi untuk mengambil objek, dan kemudian menyeret turun ke bumi. Alat semacam ini juga sangat efektif jika digunakan untuk membersihkan sampah yang berada di bawah air seperti di sungai, laut, dan sebagainya.

5. Syntetic Biology

Syntheticbio Picsay 3e032
Sumber foto: toptenz.com

Air dan makanan sangat sulit didapatkan di ruang angkasa, oleh sebab itu Berkeley Lab Biosciences menciptakan Syntetic Biology yang memungkinkan para astronot bisa menggunakan mineral dan gas untuk membuat makanan, minuman, obat-obatan, bahan bakar, dan bahan lainnya yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Bahkan kedepannya teknologi seperti ini juga kemungkinan besar akan dikembangkan di bumi lho.

Akhir Kata

Itulah 5 Teknologi Ruang Angkasa yang Akan Segera Bisa Digunakan di Bumi. Jika berbagai teknologi tersebut benar-benar terwujud, maka akan semakin mempermudah berbagai aktivitas manusia.

ARTIKEL TERKAIT
Bahaya Mengangkat Telepon Tidak Dikenal 5

3 Bahaya Angkat Telepon dari Nomor Tidak Dikenal

Aplikasi Liburan Terbaik 4 7573b

7 Teknologi Penting Yang Membantu Kamu Saat Liburan

Msc2014smartphone Audiencemuellermsc2014

7 Barang Yang Terancam Punah Karena Tergantikan Fungsinya Oleh Smartphone

Game Moba E38ae

5 Penyebab MOBA Jadi Genre Game Nomor 1 di Kalangan Gamer Saat Ini

4 Langkah Hindari Aplikasi Sampah Junkware Di Komputer Kamu 6c5bf

4 Langkah Hindari Aplikasi Sampah (Junkware) di Komputer Kamu

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Tube Mate 7dbdc
TubeMate YouTube Downloader 3.2.14
Apps Tubemate
Sms Gratis
SMS Gratis Indonesia 1.0
Apps Redevy Team
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Benda Luar Angkasa yang Siap Hancurkan Bumi Kapan Saja

5 Benda Luar Angkasa yang Siap Hancurkan Bumi Kapan Saja

Geli! Pasti Kamu Jijik Lihat 5 Fakta Astronot Ini

Geli! Pasti Kamu Jijik Lihat 5 Fakta Astronot Ini

5 Game Bertema Luar Angkasa Terbaik Untuk Android

5 Game Bertema Luar Angkasa Terbaik Untuk Android

7 Objek Mengerikan yang Pernah Dijumpai Para Astronot Di Ruang Angkasa

7 Objek Mengerikan yang Pernah Dijumpai Para Astronot Di Ruang Angkasa

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal