J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Unik dan Menarik, Ini 3 Tempat Wisata Unik di Kota Pontianak!

Unik dan Menarik, Ini 3 Tempat Wisata Unik di Kota Pontianak!

Kamis, 25 Jan 2018, 09:30 WIB
Kota Pontianak tidak sepopuler kota wisata lain seperti Batam, namun ada banyak yang bisa Kamu lakukan di kota ini. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata ikon Pontianak yang unik dan menarik.

Lagi suntuk di kantor karena banyak kerjaan yang menumpuk? Ada baiknya berburu tiket promo ke Kota Pontianak untuk liburan sejenak agar pikiran bisa kembali fresh.

Meski Kota Pontianak tidak sepopuler kota wisata lain seperti Batam atau Balikpapan, namun ada banyak yang bisa kamu lakukan di kota ini. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata ikon Pontianak yang unik dan menarik.

Tempat Wisata Unik dan Menarik di Pontianak

Tempat Wisata Unik Di Pontianak 4

Seperti yang Jaka bilang di awal, pesan tiket pesawat promo ke Pontianak agar bisa menghemat biaya transportasi liburan kamu. Lakukan jauh hari sebelumnya, sehingga masih bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Begitu sampai Kota Pontianak, belum sah rasanya bila kamu belum mengunjungi 3 tempat wisata unik dan menarik berikut ini!

1. Tugu Ikonik Khatulistiwa

Tempat Wisata Unik Di Pontianak 3
Sumber foto: Foto: awidiot[copyright/]

Tugu ikonik yang dikenal dengan nama Tugu Khatulistiwa ini berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak. Tugu yang berada tidak jauh dari pusat Kota Pontianak ini hanya merupakan replika, karena yang asli berukuran lebih kecil berada di dalam komplek bangunan tugu Khatulistiwa yang besar.

Tugu Khatulistiwa dengan tinggi 4,4 meter ini berada di garis lintang nol derajat bumi, yang tepat membelah bumi bagian utara dan selatan. Tugu Khatulistiwa yang menggunakan kayu belian ini berbentuk tonggak dan memiliki tanda panah di atasnya, serta lingkaran di bagian atas tugu.

Uniknya sekitar tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September, kamu bisa menyaksikan peristiwa titik kulminasi matahari. Di saat ini, terjadi bayangan matahari menghilang dan sebutir telur jika diletakkan tepat di garis khatulistiwa akan dapat berdiri tegak. Nah, unik sekali bukan?

2. Kafe Serasan Pontianak

Tempat Wisata Unik Di Pontianak 2
Sumber foto: Foto: disbudparpontianak[copyright/]

Apa menariknya makan di Kafe Serasan ini? Kamu bisa menyantap menu ikan khas Pontianak, sambil menyaksikan pemandangan Sungai Kapuas. Hal ini disebabkan restoran ini terletak di di tepi Sungai Kapuas. Setelah bersantap, Kamu bisa berpesiar naik kapal wisata milik restoran menyusuri sungai selama satu jam.

Kafe ini terletak di Jalan Tanjung Raya dengan kawasan yang ideal karena memiliki pemandangan indah Sungai Kapuas. Sementara menu yang disajikan dapat kamu pilih sesuai selera seperti seafood dan menu khas Melayu. Kafe Serasan ini juga disebut sebagai kafe terapung, karena letaknya berada di atas Sungai Kapuas. Menarik bukan?

3. Istana Kadriah

Tempat Wisata Unik Di Pontianak
Sumber foto: Foto: panduanwisata[copyright/]

Siapa sangka di Pontianak terdapat sebuah istana peninggalan sultan pertama Pontianak yang megah dan cantik? Kamu bisa mengunjungi istana yang berlokasi tidak jauh dari pertemuan tiga sungai, yaitu Sungai Kapuas Besar, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Landak ini. Sebuah istana megah berukuran 60 x 25 cm, yang didominasi dengan warna kuning emas yang bisa membuat Kamu takjub.

Apa saja yang bisa kamu saksikan di istana yang menyimpan sejarah panjang Kota Pontianak ini? Di bagian depan terdapat sebuah meriam kuno buatan Prancis dan Portugal. Di dalam museum terdapat benda peninggalan Kesultanan Pontianak, seperti Kaca Pecah Seribu, Lambang Kesultanan, Al-Quran dengan tulisan tangan, dan foto-foto Sultan Pontianak beserta singgasananya.

Lokasi istana ini bisa dicapai melalui jalur sungai dan jalur darat. Jalur sungai dapat diakses dari Pelabuhan Senghie menggunakan sampan atau speed boat. Bila menggunakan jalur darat, dapat diakses menggunakan bus atau mobil pribadi melewati jembatan Sungai Kapuas. Selain itu terdapat fasilitas restoran terapung, pusat penjualan suvenir, warung makan, dan persewaan sampan serta speed boat untuk berkeliling di kawasan istana.

Logo Airyrooms Airyrooms Icon
Airy Rooms - Kamar Hotel Murah 1.10.1
Apps Productivity AiryRooms
DOWNLOAD

Nah, itulah 3 tempat unik dan menarik yang bisa Kamu kunjungi di Kota Pontianak. Kamu bisa memesan tiket pesawat online dan mencari tiket promo ke Pontianak melalui website Airy sekarang juga. Yuk, berlibur kapan saja bersama Airy!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Monas Bukan Maskot Jakarta, Cek 5 Fakta Unik Jakarta Ini Yuk!

Monas Bukan Maskot Jakarta, Cek 5 Fakta Unik Jakarta Ini Yuk!

Mau Jadi Selebgram? Kunjungi 6 Tempat Wisata Murah Ini!

Mau Jadi Selebgram? Kunjungi 6 Tempat Wisata Murah Ini!

Ada Savana Afrika di Tanah Karo? Ini 3 Tempat Antimainstream di Medan!

Ada Savana Afrika di Tanah Karo? Ini 3 Tempat Antimainstream di Medan!

Meikarta Ditutup? 10 Kota Canggih Diseluruh Dunia yang Terbengkalai dan Berhantu

Meikarta Ditutup? 10 Kota Canggih Diseluruh Dunia yang Terbengkalai dan Berhantu

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal