J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Berburu Oleh-oleh Khas Samarinda

Rabu, 20 Sep 2017, 10:30 WIB
Setiap daerah di Nusantara memiliki oleh-oleh khasnya sendiri, termasuk Kota Samarinda. Jangan sampe salah beli dan kalap, yuk perhatikan hal ini saat berburu oleh-oleh khas Samarinda!

Kurang pas rasanya, ketika pulang melancong dari sebuah tempat wisata, tetapi tidak membeli buah tangan, baik untuk diri sendiri maupun kerabat. Kebiasaan ini secara tidak langsung memang sudah menjadi sebuah tradisi di Indonesia.

Setiap daerah di Nusantara memiliki oleh-oleh khasnya sendiri, termasuk Kota Samarinda. Jangan sampe salah beli dan kalap, yuk perhatikan hal ini saat berburu oleh-oleh khas Samarinda!

Tips Beli Oleh-oleh Khas Samarinda

Dari suvenir hingga macam-macam makanan ringan, ada di Samarinda. Keduanya sudah pasti menjadi incaran para wisatawan yang datang berkunjung ke Kota Wisata Air ini. Sebelum kalap, coba perhatikan hal-hal ini agar belanja semakin nyaman.

1. Apa yang Menjadi Ciri Khas

Samarinda sendiri memiliki beberapa jenis buah tangan yang banyak diburu oleh wisatawan, seperti kerupuk amplang, keminting, gula gait, lempok durian, olahan kepiting, sarung tenun samarinda, kerajinan manik-manik, kerajinan rotan, dan lain-lainnya.

Tips Membeli Oleh Oleh Airy Rooms 3
Sumber foto: Sumber: getborneo.com

Hal yang sering terlewat dilakukan oleh para wisatawan adalah mencatat nama dan alamat toko tempat mereka akan berbelanja. Saat mencari informasi mengenai oleh-oleh yang ada, sebaiknya untuk catat alamat toko dan barang-barang yang kira-kira akan dibeli. Sediakan juga uang tunai yang cukup, jaga-jaga jika di sekitar lokasi toko tidak menerima pembayaran debit atau kartu kredit.

2. Periksa Kualitasnya

Jika barang tersebut makanan, perhatikan tanggal kedaluarsanya dan kehalalan produk. Sebaiknya, cari tahu juga referensi merek-merek makanan yang sudah terjamin mutu dan kualitasnya agar tidak kecewa nantinya.

Tips Membeli Oleh Oleh Airy Rooms 4
Sumber foto: Sumber: huhulwinda.blogspot.co.id

Untuk oleh-oleh yang berupa suvenir atau kerajinan, periksa terlebih dahulu kualitas bahan pembuatnya. Jangan tertipu dengan harga murah, karena suvenir khas Samarinda yang asli tentunya memiliki harga yang bersaing.

3. Jangan Malu untuk Menawar

Tawar menawar merupakan tradisi dalam jual beli yang sudah dikenal lama. Hal ini biasanya dilakukan di kios-kios penjual suvenir yang ada di sekitar lokasi tempat wisata. Sebelum membeli, ada baiknya memang untuk mencoba menawarnya terlebih dahulu untuk mendapatkan harga terbaik.

Tips Membeli Oleh Oleh Airy Rooms 2

Namun, dalam tawar menawar kita juga tidak boleh semena-mena. Tawarlah barang sewajarnya saja, jangan menawar terlalu rendah atau Anda akan dibenci oleh para penjual.

4. Carilah Toko yang Berada di Dekat Hotel

Biasanya, ada juga toko pusat oleh-oleh yang berlokasi tidak jauh dari hotel tempat Anda menginap. Toko-toko tersebut bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang memiliki waktu terbatas dan tidak sempat berkeliling mencari buah tangan.

Tips Membeli Oleh Oleh Airy Rooms 5
Sumber foto: Sumber: pegipegi.com

Selain menjual oleh-oleh berupa makanan khas, kadang tersedia pula berbagai macam suvenir dan cendera mata berbagai jenis. Barang-barang yang dijual juga sudah terjamin mutu dan kualitasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi selama berkunjung di Samarinda, tidak ada salahnya jika Anda memilih Airy Rooms. Jaringan hotel terbesar di Indonesia dan memiliki jumlah properti terbanyak ini dikenal sebagai penyedia penginapan dengan harga yang terjangkau.

Tips Membeli Oleh Oleh Airy Rooms

Selain itu, hotel-hotel dari Airy Rooms juga memiliki 7 jaminan fasilitas kenyamanan terbaik, seperti pendingin udara, air minum gratis di setiap kamar, pancuran air hangat, tempat tidur bersih dan nyaman, internet gratis, perlengkapan mandi, dan TV layar datar.

Sebagai bagian dari hotel di Samarinda, hotel dan guest house dari Airy juga dapat dipesan dengan mudah. Cukup masuk ke website resminya atau lewat aplikasi yang bisa diunduh di Play Store atau Apple Store. Pembayarannnya juga gampang karena bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, transfer antar bank, dan pembayaran langsung lewat gerai-gerai Indomaret.

Dalam membeli oleh-oleh, jangan sampai lupa diri atau kalap. Belila barang yang berguna dan secukupnya saja, tidak perlu berlebihan. Tidak hanya sibuk berburu oleh-oleh saja, nikmati juga keindahan setiap obyek wisata yang dikunjungi.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Beragam Pilihan Hotel Terbaik di Lombok, Ada Diskon 30%!
Beragam Pilihan Hotel Terbaik di Lombok, Ada Diskon 30%!
Modal Smartphone, Ini 7 Tips Liburan Hemat ke Padang!
Modal Smartphone, Ini 7 Tips Liburan Hemat ke Padang!
Diskon Hotel Tanpa Syarat, Yuk ke Tempat Wisata di Manado!
Diskon Hotel Tanpa Syarat, Yuk ke Tempat Wisata di Manado!
3 Tempat Wisata Malam di Bali Ini Jarang Diketahui, Kamu Tahu?
3 Tempat Wisata Malam di Bali Ini Jarang Diketahui, Kamu Tahu?

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal