Ini Dia Wilayah Jakarta yang Diperkirakan Tenggelam Pada 2030 | Ada Peta Proyeksinya

Default

Dari tahun ke tahun, permukaan air laut di dunia terus meningkat. Jika hal ini terus terjadi, diprediksi banyak daratan yang akan tenggelam.

Tak terkecuali Indonesia. Diperkirakan salah satu wilayah di Indonesia yang akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan adalah ibukota Jakarta.

Hal ini sempat disinggung oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Menurutnya, jika apa yang diproyeksikan benar, dalam 10 tahun ke depan Indonesia harus memindahkan ibu kota karena Jakarta akan tenggelam.

Proyeksi soal Jakarta yang akan tenggelam memang terus dibicarakan oleh banyak pihak. Mengutip Detik.com, salah satunya dilakukan oleh lembaga non-profit independen yang fokus pada isu perubahan iklim, Climate Central.

Lembaga tersebut membuat peta proyeksi wilayah DKI Jakarta yang akan tenggelam pada 2030 mendatang. Dalam peta yang diunggah melalui laman coastal.climatecentral.org tersebut terlihat sejumlah wilayah Jakarta ditandai warna merah.

Wilayah yang ditandai warna merah itu menandakan bahwa kawasan itu telah tenggelam pada 2030. Wilayah berwarna merah itu di antaranya adalah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. Termasuk juga kawasan Bundaran HI.

Selain memproyeksikan wilayah Jakarta mana saja yang akan tenggelam, peta tersebut juga menunjukkan cukup banyak wilayah lain di Indonesia yang diprediksi akan tenggelam pada 2030. Di antaranya wilayah Bekasi, Tangerang, Banteng, Semarang, Lampung, dan masih banyak lagi.

Peta Jakarta Tenggelam 2030 Fa342

Di laman tersebut juga tak hanya tersedia data untuk tahun 2030. Namun ada juga perkiraan data wilayah yang akan tenggelam untuk tahun 2040, 2050, dan seterusnya hingga tahun 2100.

Analisis tersebut diperoleh berdasarkan kumpulan data elevasi CoastalDEM yang canggih dan sudah di-review. CoastalDEM ini bisa juga diunduh dan diakses untuk penggunaan komersial dan nonkomersial.

Mengutip laman resminya, Climate Central merupakan sebuah organisasi independen yang terdiri dari ilmuwan dan jurnalis terkemuka yang meneliti dan melaporkan fakta tentang perubahan iklim dan dampaknya terhadap publik.

Pernyataan Joe Biden

Joe Biden sempat mengatakan dalam pernyataannya itu bahwa jika benar Indonesia termasuk Jakarta akan tenggelam, maka Indonesia harus memindahkan ibu kotanya.

"Itu penting. Ini adalah pertanyaan strategis sekaligus pertanyaan lingkungan," kata Biden.

Lebih lanjut, jika permukaan laut naik sekitar 2,5 kaki lagi, maka akan ada jutaan orang bermigrasi untuk memperebutkan tanah subur. Salah satu wilayah yang mungkin jadi tujuan migrasi tersebut adalah Afrika Utara.

"Anda melihat apa yang terjadi di Afrika Utara. Apa yang membuat kita berpikir ini tidak penting? Itu bukan tanggung jawab Anda, tetapi itu adalah sesuatu yang Anda lihat karena Anda tahu apa yang akan terjadi," papar Biden.

Merespons hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pihaknya tidak akan membiarkan hal itu terjadi.

"Tentu kita menghormati pernyataan presiden AS Joe Biden. Tapi kami Pemprov DKI akan berupaya supaya Jakarta tidak tenggelam," kata Riza mengutip Detik.com, Jumat (6/8/2021).

Ia menyinggung beberapa program yang sudah dicanangkan Pemprov DKI untuk mengantisipasi tenggelamnya ibu kota. Salah satunya adalah pembangunan giant sea wall atau tanggul laut raksasa di Jakarta.

BACA JUGA

Netizen Bongkar Gaji Kuli Bangunan, Totalnya Bisa Lebih Pekerja Kantoran | Wajar Motornya Mahal!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Kumpulan Nama Grup WhatsApp Keren, Lucu, & Aesthetic | Anti Mati Gaya!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Konon, 7 Lagu Indonesia Ini Menyimpan Kisah Seram | Berani Dengar Sendirian?

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 19t135759 561 373eb
7 Negara Ini Akan Hilang di Masa Depan | Perubahan Iklim dan COVID-19 Jadi Sebab!
Gunung Es Mencair 2020 Aa7fd
Batu Kecil Kehijauan Ini Jadi Peringatan Perubahan Iklim | Antarktika Mencair?
Mitos Hujan Es Batu 5a65d
Yogyakarta Dijatuhi Hujan Es Dua Hari! | Akibat Perubahan Iklim?
Kota Besar Di Dunia Yang Akan Tenggelam Banner 1b08f
3 Kota Besar di Dunia yang Akan Tenggelam, Jakarta Termasuk!
Page4 Ce42c
7 Pulau di Dunia yang Terancam Tenggelam & Lenyap, Salah Satunya Bali!
Reruntuhan Desa Curon 69e3a
Bak Atlantis di Dunia Nyata, Desa Ini Kembali Muncul Setelah Tenggelam Selama 7 Dekade
Tags Terkait: lingkunganiptekSains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal