Sekarang Kecerdasan Buatan Bisa Baca Pikiran Manusia! Harus Kagum atau Takut?

Default

Kecerdasan buatan merupakan salah satu jenis teknologi yang saat ini terus berkembang. Teknologi juga merupakan salah satu cabang dari teknologi komputer ini diketahui dapat menghasilkan sejumlah manfaat khususnya dalam hal otomatisasi berbagai pekerjaan manusia.

Beberapa tahun belakangan, teknologi kecerdasan buatan ini juga sudah mulai digunakan untuk berusaha memahami aktivitas otak manusia dan belum lama ini sekelompok peneliti mengklaim telah mampu membaca pikiran manusia dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

BACA JUGA
  • NGERI! 5 Tokoh Kecerdasan Buatan Dalam Film Ini Bisa Jadi Awal Kepunahan Manusia
  • Kalem! Robot dan Kecerdasan Buatan Tidak Akan Menghancurkan Manusia
  • Menganggumkan! 10 Meme Tingkat Kecerdasan Ini Buat Kamu Tercengang

Kecerdasan Buatan Bisa Baca Pikiran Manusia! Harus Kagum atau Takut?

Beberapa waktu lalu, sekelompok peneliti dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat telah berhasil mengembangkan sebuah kecerdasan buatan kompleks yang diketahui mampu membaca pikiran manusia dengan menggunakan pemodelan jaringan saraf tiruan dan algoritma kompleks.

614cb6171a1e58b600c9c5ce3d5c2859
Foto: digitaltrends.com

Para ilmuwan ini mengatakan kalau hal tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari prosedur fMRI otak manusia. Selanjutnya, informasi yang didapatkan dari prosedur fMRI tadi dianalisis dengan menggunakan algoritma dan teknologi Machine Learning untuk mengetahui pola aktivitas otak manusia ketika memikirkan sesuatu.

0114813d67234ef56af1808db1f40219
Foto: express.co.uk

Yang paling mengagumkan dari hasil penelitian ini adalah para ilmuwan dapat mendemonstrasikan bagaimana otak manusia bekerja (cara kerja dan bagian otak mana yang bekerja) ketika memproses berbagai kejadian kompleks seperti aspek interaksi sosial, tindakan, bertemu dengan individu lain atau ketika mereka pergi ke suatu tempat.

Versi sederhananya, algoritma yang digunakan untuk menciptakan kecerdasan buatan kompleks tersebut dapat mengetahui apa yang sedang dipikirkan oleh seseorang dengan memanfaatkan data hasil scan otak tadi (fMRI).

Meskipun hal ini merupakan suatu kabar baik bagi dunia sains dan teknologi mengingat tingkat akurasi dari kecerdasan buatan tersebut mencapai 90% (tepatnya 87%). Hal ini juga menimbulkan sedikit ketakutan karena dengan teknologi seperti ini dapat menjadi teror bagi privasi manusia. Yah, tentunya siapa pun tidak ingin ada orang lain yang mengetahui pikiran mereka apalagi jika berkaitan dengan hal-hal pribadi.

Bagaimana pendapat kalian tentang teknologi pembaca pikiran ini sendiri? Silakan meninggalkan jejak di kolom komentar serta share artikel ini ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Bookapk Jessica
Jessica Method: Benarkah Narkoba Digital Buatan Indonesia?
Captionbot
CaptionBot, Situs Canggih Buatan Microsoft yang Bisa Kenali Semua Jenis Foto
5271db475fed92f64b866b9a562a2c2d
10 Penemuan Paling Penting di Bidang Teknologi Hingga Saat Ini
A081827cc409647fba484e10bb7900ca
Semakin Canggih Teknologi, Semakin Bodoh Penggunanya! Benarkah?
Hal Terlarang Di Dunia Teknologi Banner
7 Hal Terlarang Dalam Teknologi Ini Pasti Pernah Kamu Lakukan
APPS TERKAIT
Rocket Vpn Icon
Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
Apps Liquidum Limited
Supervpn
SuperVPN Free VPN Client 2.6.6
Apps
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Hotspot_icon
Hotspot Shield VPN for Android 7.5.1
Apps AnchorFree GmbH
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal