Pengalaman Lebih Berharga Daripada Gelar Sarjana, Ini 3 Alasannya!

19 May 2017

Bukan tidak mungkin jika saat sedang wawancara kerja kamu bertemu dengan orang yang gelar sarjananya lebih tinggi dari kamu. Apa yang akan akan kamu lakukan? Merasa minder?

Jika di dunia kerja kamu bertemu dengan orang yang pendidikannya lebih tinggi, jangan lagi minder. Soalnya sekarang banyak perusahaan yang melihat pengalaman sebagai sesuatu yang lebih berharga daripada gelar sarjana!

Pendidikan VS Pengalaman, Mending Pengalaman!

Seperti yang dilansir dari Jobstreet, pengalaman kerja itu lebih penting dari Gelar Sarjana. SOalnya ...

1. Pengalaman Kerja Jadi Kualifikasi Terpopuler

pendidikan-vs-pengalaman-3

Pilih pendidikan atau pengalaman? The Independent mengemukakan bahwa 58% perusahaan memberikan pengalaman kerja sebagai kualifikasi paling populer, dengan 48% lainnya memberikan pengalaman kerja sebagai faktor kedua terpopuler.

2. Banyak Perusahaan Tertarik dengan Pengalaman

Penelituan University of Hertfordshire mengungkapkan hampir separuh dari 500 perusahaan yang disurvei merasa "menyukai" pengalaman kerja yang relevan, etika kerja yang baik, dan subjek yang relevan saat mempekerjakan lulusan.

pendidikan-vs-pengalaman-2

Hanya 1 dari 4 perusahaan yang menyukai Gelar Sarjana, itupun dengan sedikit yang memperhatikan lulusan mananya. Adapun 10 hal yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan saat memperkerjakan karyawan adalah:

  1. Pengalaman kerja yang sesuai
  2. Etika di tempat kerja
  3. Sarjana dibidang apa
  4. Semangat
  5. Kedewasaan
  6. Klasifikasi Pendidikan
  7. Ramah
  8. Reputasi Universitas
  9. Ambisi dan Karir Goal
  10. Kepemimpinan

3. Perusahaan Mengharapkan Keterampilan

Saat ini perusahaan mencari orang yang memiliki keterampilan sesuai dengan pekerjaan tertentu, mampu memecahkan masalah dan bekerja dalam sebuah tim. Bukan hanya keterampilan teknologi, namun juga keterampilan praktis dan dapat dipindahtangankan.

pendidikan-vs-pengalaman

Dan tahukah kamu? Keterampilan tidak bisa didapatkan di universitas atau dari Gelar Sarjana. Keterampilan akan terasah dengan semakin banyaknya pengalaman kerjamu. Semakin banyak pengalamanmu, semakin berminatlah perusahaan kepadamu.

Dalam sebuah wawancara dengan New York Times, Wakil Presiden Operasi Rakyat Terbaik Google, Laszlo Bock, berkomentar bahwa "IPK tidak berharga sebagai kriteria untuk merekrut, dan nilai tes tidak ada gunanya ... Kami menemukan bahwa mereka tidak memprediksi apapun"

Jadi, jika hendak memilih antara pendidikan dan pengalaman, maka pengalaman ini lebih berharga daripada Gelar Sarjana. Di luar sana banyak yang memiliki Gelar Sarjana, namun sedikit dari mereka saja yang paham dengan keterampilan dunia kerja.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar