Selamat Tinggal File Audio MP3!

15 May 2017

Format musik paling populer di Dunia, MP3, sepertinya akan segera berakhir. Mulai minggu ini, developer yang membuat format MP3 secara resmi telah menghentikan izin dari program tersebut.

Format audio MP3 menjadi sangat populer dalam beberapa puluh terakhir. Selain didukung oleh banyak perangkat, MP3 memiliki ukuran yang kecil dan kualitas suara yang cukup baik untuk didengar.

Selamat Tinggal File MP3

selamat-tinggal-mp3-1

Dalam pernyataan resminya, pemilik dari paten teknologi MP3, Fraunhofer Institute, akan memberhetikan lisensi dan tidak lagi memberikan support untuk format MP3.

Bernhard Grill selaku direktur Fraunhofer mengatakan bahwa Advanced Audio Coding (AAC) kini secara de facto sebagai format standar untuk musik dan video yang didownload ke perangkat mobile. AAC juga menjadi file default yang digunakan apple untuk ripping musik dari CD ke iTunes.

AAC diklaim lebih efisien dan memiliki lebih banyak fungsi dibanding MP3. Sebagian besar layanan media streaming mulai menggunakan codec ISO-MPEG, MPEG-H. Format tersebut dapat memberikan fitur lebih banyak dan kualitas audio yang lebih baik dibandingkan dengan MP3.

Meski format MP3 sudah dihentikan dukungannya, pengguna masih bisa mendengarkan file-file tersebut di aplikasi musik kesayangannya.

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait mp3 atau tulisan menarik lain dari Em Yopik Rifai.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar