J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pergi ke Medan Belum Afdol Kalo Belum Berwisata Sejarah ke Empat Lokasi Ini!

Pergi ke Medan Belum Afdol Kalo Belum Berwisata Sejarah ke Empat Lokasi Ini!

Selasa, 9 Mei 2017, 09:30 WIB
Menjadi kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya; tidak menjadikan Medan luput dari kekayaan sejarahnya. Tidak tanggung-tanggung, sebagian besar bahkan merentang dari zaman yang lampau, penjajahan Belanda, hingga kini. Nah, bagi An

Menjadi kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya; tidak menjadikan Medan luput dari kekayaan sejarahnya. Tidak tanggung-tanggung, sebagian besar bahkan merentang dari zaman yang lampau, penjajahan Belanda, hingga kini.

Nah, bagi kamu si pecinta sejarah apalagi suka jalan-jalan dan ingin mengunjungi Kota Medan, belum afdol atau sah kalo kamu belum ke tempat ini. Pasalnya, lokasi wisata sejarah ini ada yang anti-mainstream dan belum banyak yang tau, jadi wajib kamu datangi!

BACA JUGA
  • Liburan ke Bali? Aplikasi Ini Bantu Kamu Cari Akomodasi Murah Berkualitas!
  • 6 Tips Traveling Menyenangkan di Lembang (Bandung), No. 5 Penting!
  • Selain Instagramable, 5 Tempat Wisata di Malang Ini Romantis Banget!

Pergi ke Medan Belum Afdol Kalo Belum Berwisata Sejarah ke Empat Lokasi Ini!

Rumah Tjong A Fie

Wisata Medan 1

Awalnya, bangunan ini adalah milik seorang pengusaha Tiongkok, bernama Tjong A Fie. Ia begitu melegenda, sebab semasa hidupnya, ia bukan hanya dikenal sebagai seorang pengusaha sukses; melainkan juga dermawan yang kerap membantu orang di sekitarnya. Tidak heran, jika dalam perkembangannya ia juga menjadi salah satu tokoh yang berpengaruh dan dihormati, baik oleh pemerintah kolonial Belanda dan Kesultanan Deli.

Dibangun pada tahun 1895, rumah ini dipenuhi oleh ornamen dan ukiran; perpaduan dari arsitektur Tiongkok, Melayu, dan Eropa. Anda, dapat menjumpai Rumah Tjong A Fie di Jalan Ahmad Yani, dengan patokan bangunan besar, berpatung singa di kiri dan kanan. Nah, lantaran berada di kawasan Kesawan, Anda juga dapat menemukan banyak bangunan dengan langgam kolonial di sekitar rumah Tjong A Fie.

Menara Air Tirtanadi

Wisata Medan 1

Menjadi salah satu ikon Kota Medan, keberadaan Menara Air Tirtanadi pernah begitu penting bagi mereka yang hidup di masa penjajahan Belanda. Sayangnya, dahulu menara air ini hanya dapat digunakan oleh golongan bangsawan Medan. Adapun meski sudah berdiri sejak tahun 1908, bangunan yang berada di Jalan Sisingamaraja I tetap kokoh hingga kini.

Dalam perkembangannya, Menara Air Tirtanadi lantas berganti kepemilikan menjadi kepunyaan PDAM Tirtanadi. Nah, jika dahulu hanya dapat dimanfaatkan oleh kaum bangsawan, sekarang, semua orang bisa menikmati fungsinya langsung, lho!

Gedung London Sumatera

Wisata Medan 1

Namanya memang terbilang unik. Disebut demikian, sebab gedung yang berdiri sejak 1906 ini memang dibangun oleh perusahaan Inggris H&C (Harrisons & Crosfield Company). Pada masa itu, gedung ini sempat berfungsi sebagai kantor dagang dan perkebunan; sebelum akhirnya dijual kepada pemerintah kolonial dan berganti nama menjadi Juliana Building.

Kini, bangunan ini sudah berubah nama menjadi PT PP London Sumatera. Anda masih dapat menemukan banguan putih berarsitektur Eropa klasik ini di Jalan Ahmad Yani; tidak jauh dari Rumah Tjong A Fie.

Istana Maimun

Wisata Medan 2

Inilah pusat pemerintahan Kesultanan Deli pada masanya. Dibangun dengan campuran arsitektur Melayu, Spanyol, India, dan Italia, Istana Maimoon--atau Istana Maimun memiliki luas total 2.772 meter persegi. Di dalamnya, ada 30 ruang; dan didominasi oleh warna hijau dan kuning.

Menjadi saksi sejarah perkembangan Islam, istana ini sendiri dibangun pada tahun 1888. Pendirinya, adalah Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah--keturunan raja kesembilan dari Kesultanan Deli. Di dalamnya, Anda bisa melihat banyak benda peninggalan kesultanan Deli, seperti halnya Meriam Puntung; hingga mencoba foto menggunakan baju adat Melayu. Adapun untuk memasuki kawasan istana, Anda akan dikenakan biaya Rp5 ribu per orang; dan** Rp15 ribu hingga Rp30 ribu** untuk menggunakan jasa foto dan sewa baju adat. Istana Maimun dapat Anda kunjungi di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun.

Itulah empat lokasi wisata sejarah yang harus Anda datangi ketika berkunjung ke Medan. Tidak perlu khawatir perihal akomodasi yang mumpuni. Soalnya, kamu dapat melakukan pemesanan hotel murah di Medan melalui situs maupun aplikasi Airy Rooms.

Airy Room

Kenapa hotel Airy? Karena hotel-hotel tersebut memiliki 7 jaminan fasilitas di kamar kepada pengunjungnya, mencakup kamar tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, wifi, kamar ber-AC, dan masih banyak lagi.

Mudah banget dan pas di kantong! Jadi, sudah siap menjelajahi tempat wisata sejarah di Medan?

ARTIKEL TERKAIT
Mengembalikan Akun Facebook Banner

Cara Mengembalikan Password Akun Facebook yang Lupa atau Dihack

Dress Up Diary Clothes Research Banner

5 Game Fashion Terbaik di Android yang Wajib Kamu Coba

Google Docs Scam Banner

Bahaya! Serangan Phising Lewat Google Docs Menyebar Luas

Game Kartu Remi Android Banner2

5 Game Kartu Remi Android Terbaik di Indonesia 2017

Lupa Password Icloud C68f3

Lupa Password Akun iCloud Apple? Begini Cara Mengembalikannya

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Logo Airyrooms Airyrooms Icon
Airy Rooms - Kamar Hotel Murah 1.10.1
Apps AiryRooms
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cinta Sejarah, Ini 6 Tempat Wisata Sejarah Paling Keren di Semarang!

Cinta Sejarah, Ini 6 Tempat Wisata Sejarah Paling Keren di Semarang!

4 Wisata Sejarah dan Edukasi di Bogor Ini Cocok untuk Liburan

4 Wisata Sejarah dan Edukasi di Bogor Ini Cocok untuk Liburan

Kamu Wajib Datang ke 3 Tempat Wisata Romantis di Bandung Ini!

Kamu Wajib Datang ke 3 Tempat Wisata Romantis di Bandung Ini!

Ini Dia Tips Berwisata dengan Hemat ke Surabaya

Ini Dia Tips Berwisata dengan Hemat ke Surabaya

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal