AWAS! Ada Grup Misterius Penyebar Praktik Bunuh Diri di Media Sosial

Default

Berita mengejutkan datang dari Rusia, yang mana terdapat grup di media sosial yang menyebarkan cara bunuh diri. Grup ini bernama Blue Whale yang bertujuan membuat para anggotanya melakukan tugas-tugas yang di luar nalar pikiran manusia. Tujuan akhir dari tugas tersebut ialah melakukan ritual bunuh diri.

Salah satu korban yang membuat heboh adalah Yulia Konstantinova. Gadis berumur 15 tahun tersebut sengaja mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari lantai 14 apartemen. Sebelum melakukan aksinya, korban sempat memposting sebuah gambar paus biru (red: Blue Whale) di akun Instagram pribadinya.

BACA JUGA
  • Ini Langkah Facebook untuk Mencegah Video Live Aksi Bunuh Diri

AWAS! Ada Grup Misterius Penyebar Praktik Bunuh Diri di Media Sosial

Apa Sebenarnya Grup Blue Whale ?

Setelah menggali informasi, rupanya Blue Whale bukan grup biasa. Grup tersebut dibuat sebagai sebuah permainan bunuh diri. Salah satu admin grup tersebut memberikan tugas yang harus diselesaikan oleh tiap anggota selama kurun waktu 50 hari, dan hari terakhir adalah mengakhiri hidupnya sendiri. Tugas yang diberikan bermacam-macam, seperti menonton film horor, menyayat tangan sendiri, dan tugas ekstrem lainnya.

6e654bd3cd9a498a50735666bb59ceef
Sumber foto: Foto: thesun.co.uk
Ini Langkah Facebook Untuk Mencegah Video Live Aksi Bunuh Diri
Ini Langkah Facebook untuk Mencegah Video Live Aksi Bunuh Diri
Nah untuk mencegah terulangnya kejadian tragis serupa, Facebook telah memperkenalkan tool pencegah bunuh diri berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diintegrasikan ke dalam fitur Live.
LIHAT ARTIKEL

Berapa Banyak Korban Bunuh Diri Akibat Grup Ini?

Seperti dikutip dari thesun.co.uk, hingga kini masih ada dua korban akibat munculnya grup ini. Di Rusia, total kematian akibat bunuh diri sepanjang tahun 2015 hingga 2016 karena pengaruh internet ada sebanyak 130 orang dan mayoritas adalah anak-anak.

A677c4c42c2a76d5ded9a3076c812524
Sumber foto: Foto: thesun.co.uk

Di Indonesia sendiri menurut WHO, angka kematian akibat bunuh diri mencapai angka 10.000 orang. Dikutip dari situs sindonews, data dari Komnas Anak menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara darurat dalam kasus bunuh diri anak. Mirisnya, kasus kematian bunuh diri di Indonesia kebanyakan diakibatkan oleh pengaruh game dan internet.

Tips Bagi yang Berniat Mengakhiri Hidup

Pemerintah melalui Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan Republik Indonesia membuka pelayanan konseling melalui saluran telepon terkait masalah kejiwaan selama 24 jam. Bagi siapa pun yang merasa dan berniat ingin bunuh diri, diharapkan dapat menceritakan segala keluhannya ke nomor kontak 021-500-454.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Facebook Logo 3e2fc
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Facebook Messenger Icon
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Line For Android Icon2 Icon
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal