J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Arti Berbagai Istilah di Internet

Arti Berbagai Istilah di Internet

Jumat, 17 Mei 2013, 14:11 WIB
Arti Berbagai Istilah di Internet yang sering digunakan, seperti meme, LOL atau #hashtag.

Dalam 10 tahun terakhir, perkembangan internet sangat pesat dan bersamaan dengan itu, bermunculan berbagai istilah dan kosakata baru yang digunakan di internet dan seringkali terbawa penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Remaja merupakan salah satu tingkat umur yang paling cepat mengikuti trend seperti ini dan seringkali menggunakan istilah internet dalam berkomunikasi sehari-hari. Mau tau apa saja istilah internet dan artinya?

Meme Istilah meme pertama kali diciptakan oleh Profesor Richard Dawkins pada tahun 70-an untuk menggambarkan penyebaran sebuah budaya. Saat ini, istilah meme digunakan untuk menggambarkan video dan gambar viral yang disebarkan melalui internet dengan berbagai versi.

Contohnya adalah keyboard cat, video YouTube milik Carlie Schmidt tentang seekor kucing yang bermain keyboard, yang belakangan sering ditambahkan di bagian akhir sebuah video yang jelek untuk "menyelamatkan" video tersebut.

LOL, Lulz dan Lolz Berbagai variasi dari singkatan Laughing Out Loud (tertawa terbahak-bahak) atau LOL. Bentuk lainnya adalah ROFL (rolling on the floor, laughing) dan LMAO (laughing my ass off). Lulz adalah bentuk jamak dari LOL dan bisa digunakan sebagai kata kerja, alasan seseorang melakukan sesuatu : doing it for the lulz (melakukan sesuatu untuk bersenang-senang).

Istilah ini bahkan digunakan oleh Lulzsec, kelompok hacker yang berhasil meretas berbagai website dengan tingkat keamanan rendah di seluruh dunia.

Arti Berbagai Istilah Internet 1
Arti Berbagai Istilah Internet 2
Lolled, lolling dan lollage adalah beberapa cara penggunaan LOL. Berbagai variasi LOL juga tersebar cepat dengan penggunaannya dengan meme, seperti lolcat dengan icon yang paling populer icanhazcheezburger.

Troll

Arti Berbagai Istilah Internet 3
Dengan fasilitas anonim yang disediakan melalui internet, kamu bisa menjadi Troll. Di forum online yang bisa dengan mudah kamu akses, Troll umumnya adalah orang yang memberikan komentar yang menghasut atau memancing orang lain dan umumnya merupakan keisengan semata.

Trollface bahkan memiliki meme yang berasal dari webcomic di Deviant Art dan mewakili ekspresi seseorang ketika sedang "trolling".

Arti Berbagai Istilah Internet 4
Pada awalnya, flaming dan trolling memiliki cara yang hampir sama. Namun sekarang, flaming lebih merupakan komentar menghasut ke arah negatif, sedangkan trolling berarti iseng.

[b]RickRolled[/b] Rick Astley, penyanyi tahun 80-an dengan lagu hitsnya Never Gonna Give Up menjadi korban trolling di internet. Keisengan menggunakan lagu Rick Astley bermula ketika seseorang memposting link di sebuah forum yang ketika diklik, kamu akan diarahkan ke video musik Never Gonna Give Up dari Rick Astley dan korbannya disebut "rickrolled". Keisengan ini menjadi viral dan terus dilakukan oleh banyak orang di internet.

Di Indonesia, keisengan semacam ini biasa disebut Jebakan Batman atau Jebakan Betmen.

#hashtag #hashtag adalah sebuah kata kunci atau keyword yang digunakan pada Twitter untuk mengelompokkan satu topik tertentu untuk dapat dilihat oleh seluruh pengguna Twitter. Seringkali, fasilitas ini digunakan untuk mempromosikan sesuatu, dengan tujuan menjadi trending hashtag.

Trending hashtag muncul di halaman utama seluruh pengguna Twitter sehingga diharapkan menarik lebih banyak orang lagi untuk mengetahui topik tersebut. Singkatnya, trending hashtag adalah topik yang ramai dibicarakan di Twitter.

Juragan Juragan, gan, agan atau aganwati adalah panggilan yang digunakan untuk pengguna forum komunitas KasKus. Perlu diakui, KasKus merupakan forum komunitas Indonesia terbesar saat ini. Sebagian besar pengguna internet di Indonesia sudah tentu mengetahui KasKus. Sebutan juragan dipopulerkan oleh KasKus dan malah sekarang sering digunakan oleh pengguna di forum lain sebagai panggilan.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
TubeMate, Aplikasi Download Video dari YouTube

TubeMate, Aplikasi Download Video dari YouTube

Pengguna Aktif Twitter di Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia

Pengguna Aktif Twitter di Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia

Twitter Luncurkan Program Android Alpha Test

Tahun 2014 Kamu Bisa Akses Twitter tanpa Internet

Tahun 2014 Kamu Bisa Akses Twitter tanpa Internet

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal