J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Waspada Penipuan Telkomsel Palsu pakai Website Gratisan

Waspada Penipuan Telkomsel Palsu pakai Website Gratisan

Rabu, 15 Mei 2013, 10:09 WIB
Waspada Penipuan Telkomsel Palsu pakai Website Gratisan yang menyertakan nama pemenang di website agar terlihat lebih meyakinkan.

Penipuan (scam) melalui SMS masih marak di Indonesia. Bukan tidak mungkin sebagian besar dari kamu pernah menerima SMS penipuan yang menyatakan kamu memenangkan sebuah mobil, uang tunai atau gadget terbaru.

Salah satu modus penipuan yang sedang marak sekarang ini adalah penipuan Telkomsel Palsu menggunakan website gratisan.

Berikut ini beberapa modus penipuan Telkomsel palsu menggunakan website gratisan : [b]1. Tawaran yang sangat menarik[/b]

Waspada Penipuan Telkomsel 2
Pertama-tama, calon korban menerima SMS yang berisi sebuah pesan yang sangat menarik, sehingga korban bisa jadi sulit untuk tidak tergiur dengan barang yang ditawarkan atau dihadiahkan kepada kamu. Hadiah yang diberikan biasanya adalah sebuah mobil terbaru, misalnya Honda Brio atau Toyota Yaris. Perlu kamu ingat, apakah kamu memang pernah mendaftar untuk kontes berhadiah yang diumumkan?

[b]2. Menyertakan alamat website untuk informasi lengkap[/b] Tidak sedikit penipu yang membuat sebuah website untuk meyakinkan calon korbannya mengenai penipuan yang sedang dilakukan. Konyolnya, banyak dari penipu ini bahkan menggunakan hosting blog gratis seperti blogspot sebagai website 'resmi' penipuannya. Bagi kamu yang sudah fasih dan terbiasa menjelajah internet, hal ini sudah tentu terlihat sebagai penipuan. Namun, tidak sedikit orang yang masih awam dengan dunia internet dapat dengan mudah menjadi korban penipuan semacam ini. Pada kasus ini, penipu menyertakan alamat website Hadiah-Telkomsel.blogspot.com.

Waspada Penipuan Telkomsel

[b]3. Menyertakan nomor handphone untuk proses klaim hadiah[/b] Perhatikan pengirim SMS tersebut. SMS yang dikirimkan langsung dari operator secara resmi tidak akan menggunakan nomor handphone, tetapi langsung menggunakan nama operator meskipun tidak pernah kamu simpan dalam kontak. Misalnya, dari Telkomsel atau dari Indosat.

Waspada Penipuan Telkomsel 1
Jika kamu diminta untuk menghubungi nomor handphone untuk proses klaim hadiah, sudah jelas hal ini adalah penipuan. Pelanggan Telkomsel merupakan salah satu target yang sering diserang oleh penipu karena memang jumlah pelanggan yang besar.

[b]4. Batas waktu pengambilan hadiah[/b] Cara pintar untuk membuat calon korban panik, dengan mengatakan bahwa proses klaim hadiah dibatasi waktu, sehingga calon korban harus segera bertindak jika ingin memperoleh hadiah yang 'dimenangkannya'. Hal inilah yang direncanakan oleh si penipu.

Dengan menggunakan trik psikologis seperti ini, si penipu akan meminta calon korban untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu, dengan alasan untuk membayar pajak hadiah atau biaya administrasi. Jika penipuan macam ini terjadi pada kamu, perlu kamu ketahui bahwa pajak hadiah untuk uang tunai akan dipotong secara otomatis ketika hadiah diberikan. Karenanya, tidak masuk akal jika kamu perlu membayar sejumlah uang terlebih dahulu untuk membayar pajak. Untuk hadiah berupa barang, misalnya mobil, proses ini juga bisa dilakukan setelah kamu secara resmi menerima berbagai dokumen resmi yang diperlukan. Jadi, ada baiknya kamu tetap berpikir secara rasional agar tidak mudah terjebak jebakan-jebakan semacam ini.

Tetap waspada dan jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran menarik dan hadiah yang kamu 'menangkan'. Untuk memastikan, kamu juga bisa langsung menghubungi Customer Service atau kantor perwakilan terdekat mengenai SMS hadiah yang kamu terima.

Penipuan dengan menambahkan website resmi merupakan salah satu trik untuk dianggap 'terpercaya' oleh calon korbannya. Mengingat pengguna internet baru mencapai 30% dari total penduduk dan masih banyak dari pengguna internet tersebut yang cukup awam mengenai kejahatan cyber/ cyber crime, maka Indonesia masih merupakan sasaran empuk bagi penipu semacam ini.

Jika kamu menemui SMS penipuan yang menggunakan situs website, kamu bisa mengirimkan laporan ke Google atau langsung mengirimkan laporan ke polisi tindak kejahatan cyber Indonesia melalui email cybercrimeatpolridotgodotid dengan menyertakan data lengkap penipuan, seperti nomor handphone, website dan nomor rekening bank si penipu jika diberikan.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kerja dari Rumah? Hati-hati Penipuan

Kerja dari Rumah? Hati-hati Penipuan

Waspada Penipuan Online Menjelang Natal

Waspada Penipuan Online Menjelang Natal

Pilihan Hadiah Natal untuk Pecinta Teknologi

Pilihan Hadiah Natal untuk Pecinta Teknologi

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal