14 Film Hari Pahlawan dan Kemerdekaan Indonesia, Bangun Semangat Nasionalisme!

Default

Tepat hari ini, 10 November 2021, kita merayakan Hari Pahlawan. Tahun ini, tema Hari Pahlawan 2021 adalah 'Pahlawanku Inspirasiku'.

Merayakan euforia Hari Pahlawan gak hanya bisa dengan mengunggah foto menggunakan twibbon beserta quotes para pahlawan di media sosial loh, geng.

Namun kamu juga bisa merayakan dengan nonton film Hari Pahlawan yang tentunya punya cerita bertemakan kemerdekaan yang seru banget.

Kamu bisa mengenang jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan diri demi mencapai kemerdekaan yang kita rasakan sekarang. Langsung aja simak rekomendasinya berikut ini, geng!

14 Film Bertema Pahlawan dan Kemerdekaan Indonesia

Sejak zaman dahulu, sebenarnya sudah banyak sineas asal Indonesia yang membuat film-film bertema kemerdekaan. Namun, pada artikel ini, Jaka akan rekomendasikan film-film terbaik yang dirilis pada era 2000-an.

Film-film bertema perjuangan tersebut dapat kamu temukan dengan mudah di Internet untuk kamu tonton di website streaming dan download film favorit kamu.

Dalam artikel ini, Jaka akan memberikan rekomendasi 14 film Hari Pahlawan dan kemerdekaan terbaik yang wajib kamu saksikan sembari memperingati Hari Pahlawan 10 November.

1. Battle of Surabaya (2015)

Battle of Surabaya adalah film animasi Indonesia terbaik yang berlatar di era penjajahan Jepang. Film ini sukses mendapat berbagai penghargaan internasional loh, geng.

Berkisah tentang Musa, remaja tukang semir sepatu yang jadi kurir bagi para pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya. Pas banget kan momennya dengan Hari Pahlawan?

Keterangan Battle of Surabaya
Durasi 1 jam 48 menit
Genre Animation, Drama, War
Tanggal Rilis 20 Agustus 2015
Sutradara Aryanto Yuniawan
Pemain Ian Syahbani, Maudy Ayunda, Reza Rahadian, dkk
Rating 7.2/10 (IMDb)

2. Sang Pencerah (2010)

Film ini merupakan kisah nyata yang diadaptasi dari kehidupan pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Film ini memiliki banyak pesan moral yakni tentang toleransi, koeksistensi, serta semangat perubahan.

Sang Pencerah menyoroti kehidupan Ahmad Dahlan yang jarang diketahui publik. Selain jadi pendiri organisasi Islam Muhammadiyah, ia juga adalah tokoh pembaharu Islam di Indonesia yang memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka, serta rasional.

Keterangan Sang Pencerah
Durasi 1 jam 52 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 8 September 2010
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Lukman Sardi, Zaskya Adya Mecca, Giring Ganesha, dkk
Rating 6.8/10 (IMDb)

3. Merah Putih (2009)

Film Merah Putih yang dirilis di jagad perfilman Indonesia pada tahun 2009 ini merupakan salah satu bagian dari Trilogi Merdeka.

Film yang disutradarai oleh Yadi Sugandi ini merupakan film trilogi bertema perjuangan kemerdekaan yang pertama di Indonesia, geng.

Merah Putih bercerita tentang sekelompok anak muda yang berjuang bersama di dalam pasukan meskipun berasal dari suku dan kelas sosial yang berbeda.

Keterangan Merah Putih
Durasi 1 jam 48 menit
Genre Action, Drama, War
Tanggal Rilis 13 Agustus 2009
Sutradara Yadi Sugandi
Pemain Donny Alamsyah, Rahayu Saraswati, Lukman Sardi
Rating 6.2/10 (IMDb)

4. Darah Garuda (2010)

Darah Garuda atau yang biasa dikenal sebagai Merah Putih II merupakan sekuel dari film Merah Putih dan juga bagian dari trilogi merdeka.

Masih dengan sutradara dan aktor yang sama, film ini memiliki cerita yang masih terkoneksi dengan film sebelumnya, geng.

Film ini berlatar pada tahun 1947, saat agresi militer Belanda pertama ke jantung pemerintahan Indonesia di Jawa Tengah.

Keterangan Darah Garuda
Durasi 1 jam 40 menit
Genre Action, Drama, War
Tanggal Rilis 8 September 2010
Sutradara Conor Allyn, Yadi Sugandi
Pemain Donny Alamsyah, Ario Bayu, Atiqah Hasiholan
Rating 6.8/10 (IMDb)

5. Hati Merdeka (2011)

Hati Merdeka merupakan film terakhir dari seri trilogi merdeka, geng. Film yang dirilis pada tahun 2011 ini merupakan akhir yang menutup kisah dari para tokoh.

Banyaknya teman-teman mereka yang gugur dalam perjuangan kelompok tersebut dalam melawan Belanda, membuat semangat juang mereka menurun.

Kelompok gerilya tersebut dikirim ke Bali demi menuntaskan misi sekaligus membalas dendam dengan membunuh Kolonel Raymer yang telah membunuh anggota keluarga Tomas (Donny Alamsyah).

Keterangan Hati Merdeka
Durasi 1 jam 40 menit
Genre Action, Drama, War
Tanggal Rilis 9 Juni 2011
Sutradara Conor Allyn, Yadi Sugandi
Pemain Darius Sinathrya, T. Rifnu Wikana, Donny Alamsyah
Rating 6.5/10 (IMDb)

6. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Soekarno merupakan film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini mengangkat biografi Soekarno semasa kecil hingga akhirnya bisa menjadi bapak proklamator Indonesia.

Selain belajar sejarah, kamu juga bisa mengetahui beratnya perjuangan Presiden pertama Republik Indonesia yang kerap disapa dengan panggilan Bung karno ini.

Keterangan Soekarno: Indonesia Merdeka
Durasi 2 jam 17 menit
Genre Biography
Tanggal Rilis 12 Desember 2013
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Ario Bayu, Muhammad Abbe, Moch. Achir
Rating 7/10 (IMDb)

7. Sang Kiai (2013)

Sang Kiai merupakan film yang menceritakan tentang kisah hidup KH Hasyim Asy'ari, seorang pejuang kemerdekaan sekaligus Kiai yang dihormati para santrinya.

Kalau kamu nggak familiar dengan namanya, beliau adalah salah satu pendiri Organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU).

Film ini pernah jadi wakil Indonesia untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik dalam Academy Awards ke-86. Luar biasa banget, ya, geng?

Keterangan Sang Kiai
Durasi 2 jam 16 menit
Genre Action, Drama
Tanggal Rilis 30 Mei 2013
Sutradara Rako Prijanto
Pemain Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro
Rating 6.8/10 (IMDb)

Film Bertema Pahlawan dan Kemerdekaan Indonesia Lainnya...

8. Kartini (2017)

Dari judulnya saja, pasti kamu sudah tahu siapakah yang akan dikisahkan dalam film Kartini. Film yang dirilis pada tahun 2017 ini dibintangi oleh aktris cantik, Dian Sastrowardoyo.

Film ini mengisahkan bagaimana perjuangan Kartini dalam melawan penjajah dengan memberikan pendidikan secara terang-terangan kepada para anak-anak, khususnya perempuan.

Apa yang dilakukan Kartini kala itu sungguh di luar adat dan norma. Kamu harus banget nonton film ini untuk tahu bahwa pendidikan yang kamu dapatkan sekarang ternyata butuh perjuangan yang berat.

Keterangan Kartini
Durasi 2 jam 2 menit
Genre Biography, Drama, Family
Tanggal Rilis 19 April 2017
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Dian Sastrowardoyo, Reza Rahadian, Adinia Wirasti
Rating 7.6/10 (IMDb)

9. Soegija (2012)

Soegija merupakan film kemerdekaan yang menceritakan kisah perjuangan Uskup Albertus Soegijapranata SJ.

Film ini mengambil kisah di saat Monsinyur Albertus Soegijapranata SJ diangkat sebagai Uskup pada tahun 1940 hingga berakhirnya perang kemerdekaan Indonesia, sekitar tahun 1949.

Nggak semua perjuangan merebut kemerdekaan dilakukan dengan membunuh musuh. Buktinya, beliau bisa mendapatkan gelar Pahlawan Nasional dari Presiden Soekarno.

Keterangan Soegija
Durasi 2 jam
Genre Drama, History, War
Tanggal Rilis 7 Juni 2012
Sutradara Garin Nugroho
Pemain Nirwan Dewanto, Annisa Hertami Kusumastuti, Wouter Braaf
Rating 6.2/10 (IMDb)

10. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Guru Bangsa: Tjokroaminoto merupakan film drama yang mengangkat tema pahlawann Indonesia. Film ini menceritakan tentang biografi tokoh pahlawan nasional, Haji Oemar Said Tjokroaminoto.

HOS Tjokroaminoto berjuang dalam menumbuhkan pendidikan di Indonesia yang kala itu terpuruk dan memprihatinkan.

Beliau percaya bahwa pendidikan yang baik dapat menaikkan harkat dan martabat rakyat di mata penjajah, serta memajukan ekonomi bangsa.

Keterangan Guru Bangsa: Tjokroaminoto
Durasi 2 jam 41 menit
Genre Biography, Drama
Tanggal Rilis 9 April 2015
Sutradara Garin Nugroho
Pemain Reza Rahadian, Alex Komang, Chelsea Islan, dkk
Rating 7.1/10 (IMDb)

11. Wage (2017)

Film Wage menceritakan tentang kehidupan pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Soepratman dari kecil hingga dewasa.

Banyak konflik menarik yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia. Film ini sekaligus menggambarkan bagaimana latar belakang lagu kebangsaan Indonesia dibuat.

Nggak cuma sekadar dinyanyikan ketika upacara saja, kamu juga harus tahu mengenai sejarah lagu ini dan juga penciptanya, geng.

Keterangan Wage
Durasi 2 jam 5 menit
Genre Biography, Drama, History
Tanggal Rilis 9 November 2017
Sutradara John de Rantau
Pemain Khoirul Ilyas Aryatmaja, Putri Ayudya, Herman Bennink
Rating 9.1/10 (IMDb)

12. Jendral Soedirman (2015)

Jendral Soedirman merupakan film biopik yang disutradarai oleh Viva Weti dan dirilis pada tahun 2015 lalu.

Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang perjuangan Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam melawan Belanda.

Saat itu, Belanda berkhianat terhadap perjanjian Renville yang telah dibuat dengan Pemerintah Indonesia dengan melancarkan Agresi Militer ke-2.

Keterangan Jendral Soedirman
Durasi 2 jam 6 menit
Genre Biography, Drama, Action
Tanggal Rilis 27 Agustus 2015
Sutradara Viva Westi
Pemain Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Gogot Suryanto
Rating 7.9/10 (IMDb)

13. Perburuan (2019)

Perburuan adalah film yang diadaptasi dari buku berjudul sama yang ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer. Meskipun nggak menceritakan tentang perjuangan, namun film ini masih berlatar kemerdekaan, kok.

Bercerita tentang prajurit PETA bernama Hardo yang terluka setelah kalah perang melawan Jepang. Hardo yang kembali pulang ke kampungnya harus bersembunyi karena diburu oleh Jepang.

Keterangan Perburuan
Durasi 1 jam 38 menit
Genre Drama, History
Tanggal Rilis 15 August 2019
Sutradara Richard Oh
Pemain Adipati Dolken, Kevin Andrean, Ayushita
Rating 3.8/10 (IMDb)

14. Bumi Manusia (2019)

Terakhir, ada film yang baru saja dirilis. Bumi Manusia merupakan film yang diadaptasi dari novel karangan Pramoedya Ananta Toer.

Bercerita tentang Minke, pribumi dan anak seorang bupati yang jatuh cinta dengan Annelies yang ayahnya adalah orang belanda dan ibunya seorang pribumi istri simpanan, alias Nyai.

Ayah Minke yang memiliki jabatan tinggi nggak setuju ia dekat dengan keluarga Annelies. Pada zaman dahulu, Nyai dianggap memiliki kasta yang rendah di kalangan pribumi.

Keterangan Bumi Manusia
Durasi 3 jam 1 menit
Genre Drama, History
Tanggal Rilis 15 August 2019
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Sha Ine Febriyanti
Rating 6.7/10 (IMDb)

Rekomendasi Film Hari Pahlawan dan Kemerdekaan Indonesia

  1. Battle of Surabaya (2015)
  2. Sang Pencerah (2010)
  3. Merah Putih (2009)
  4. Darah Garuda (2010)
  5. Hati Merdeka (2011)
  6. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)
  7. Sang Kiai (2013)
  8. Kartini (2017)
  9. Soegija (2012)
  10. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)
  11. Wage (2017)
  12. Jenderal Soedirman (2015)
  13. Perburuan (2019)
  14. Bumi Manusia (2019)

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai rekomendasi 14 film bertema kemerdekaan dan pahlawan nasional yang sudah Jaka rangkum untuk kamu.

Semoga film-film di atas mampu meningkatkan semangat nasionalisme yang ada di dalam diri kamu ya, geng. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Kemerdekaan atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Teknologi Yang Berperan Penting Untuk Kemerdekaan Indonesia 45c61
6 Teknologi yang Membantu Kemerdekaan Indonesia | No. 3 Masih Dipakai Sampai Sekarang!
Tebak Gambar Kemerdekaan
Jangan Ngaku Cinta Indonesia Kalau Belum Main Game TEBAK GAMBAR Kemerdekaan!
Header 18b A778b
10 Peralatan Perang yang Digunakan Pahlawan Indonesia Untuk Melawan Penajajah
Ide Lomba 17 Agustusan Kekinian Banner D4780
Aduan Likes?! 5 Ide Lomba 17 Agustusan Ala Generasi Micin yang Wajib Kamu Coba
Film Indonesia 2017 Banner 18d0a
11 Film Indonesia 2017 Terbaik dengan Penonton Terbanyak
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal