Benarkah Orang Lebih Suka Internetan Pakai Smartphone? Ini Jawabannya!

Default

Perlahan tapi pasti, perkembangan smartphone dan tablet sedikit demi sedikit menggantikan fungsi PC desktop. Banyak hal yang dulu hanya bisa dilakukan di komputer, kini sudah dapat dikerjakan melalui perangkat mobile.

Contohnya adalah penggunaan internet alias browsing. Setelah selama bertahun-tahun didominasi oleh komputer, kini untuk pertama kalinya dalam sejarah, pengguna mobile internet telah mengalahkan komputer.

Lebih Besar Mana Pengguna Mobile Internet dan Komputer?

Pengguna Smartphone adalah Pengguna Internet Terbesar

Internet Usage Worldwide 2016

Menurut data dari StatCounter, pengguna mobile internet yang mengunjungi website meningkat menjadi 51,3 persen. Sementara, pengguna yang mengakses internet melalui perangkat komputer sebanyak 48,7 persen.

Menariknya, lalu lintas mobile dipecah menjadi dua perangkat, yakni smartphone dan tablet. Ada sebanyak 46,53 persen yang menggunakan smartphone dan hanya 4,73 persen yang menggunakan tablet.

Artinya, sebagian besar pengguna mobile internet di dunia adalah pengguna smartphone. Tren penjualan tablet sendiri memang mengalami penurunan.

Perlu digarisbawahi, data ini dikumpulkan berdasarkan informasi 2,5 juta situs dan 15 miliar page view per bulan.

Jadi, angka ini tidak melibatkan penggunaan internet dari aplikasi media sosial seperti Facebook. Padahal dua aplikasi tersebut diyakini menyumbang porsi penggunaan internet yang sangat signifikan.

Bagaimana di Indonesia?

Bagaimana Di Indonesia

Ternyata tren penggunaan internet melalui komputer telah menurun sejak 2009. Sebaliknya, aktivitas internet di smartphone mulai bergerak meningkat.

Di Indonesia, pengguna mobile internet justru lebih ekstrem. Berdasarkan laporan tersebut, 65,5 persen pengguna internet mengggunakan smartphone dan 2,29 persen menggunakan tablet.

Bahkan, angka pengguna internet lewat desktop di Indonesia justru di bawah rata-rata global, hanya 32,22 persen. Ya, perangkat mobile sangat dominan di negara berkembang.

Mobile Dulu Baru Dekstop

Layout Mobile

Kalangan pengusaha kecil, pedagang individu, dan profesional yang sering memanfaatkan smartphone untuk mengakses internet, harus memastikan semua website mudah dibuka via mobile. Sayangnya, masih banyak situs berumur lebih tua yang tidak memiliki kemudahan akses ini.

Jadi, keramahan situs pada smartphone adalah yang terpenting. Pertama, Google sendiri mulai mendukung situs mobile-friendly dalam hasil pencarian.

Kemudian Google sedang membangun indeks utama untuk hasil pencarian khusus mobile dalam beberapa bulan ke depan. Hal ini memungkinkan penemuan hasil yang berbeda antara pencarian yang dilakukan menggunakan smartphone dan komputer desktop.

Meski begitu, mesin pencarian desktop akan dipertahankan. Namun indeks mobile akan mendapat prioritas dan diperbarui lebih sering.

Google juga menyediakan bantuan dengan membuat situs "test my site". Dengan ini, para pengembang situs dapat mengukur performa situs masing-masing jika diakses melalui mobile dan desktop.

Kesimpulan

Sangat mencengangkan ya, ternyata perangkat mobile berkembang sangat cepat dan kini bisa sampai mengalahkan perangkat desktop. Nah, kalau kamu sendiri, lebih sering browsing di HP atau komputer? Share ya pendapat kamu!

ARTIKEL TERKAIT
Typosquatting Banner
8 dari 10 Orang Tidak Menyadari Bahaya Ancaman Typosquatting !
APPS TERKAIT
Design Home Icon
Design Home 1.00.34
Apps Crowdstar Inc
Baby Translate Icon
Baby Translate 1.0
Apps ATXproIT
Tracker Icon
Tracker 1.0 (Beta Tester)
Apps Max Optimized
Hola Launcher Icon
Hola Launcher 3.0.4
Apps Holaverse
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal