J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Canggih! Yuk Jelajahi 7 Museum Indonesia Dengan Google Cardboard Sekarang!

Sabtu, 29 Okt 2016, 12:30 WIB
Indonesia sangatlah luas, butuh banyak waktu dan biaya untuk mengunjungi kebudayaan bangsa Indonesia yang luar biasa kaya. Tapi, tunggu dulu! Google punya cara untuk mengajak kamu ke berbagai museum di seluruh Indonesia tanpa harus keluar u

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2016, ada baiknya kita mempelajari kebudayaan bangsa Indonesia seperti peninggalan budaya seni rupa dan sejarah dari masa lampau yang terkenal sangat beragam. Karena dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri atas berbagai ras, suku dan agama yang Bhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tetapi tetap satu).

Nah, salah satu cara untuk mempelajari peninggalan budaya, seni rupa dan sejarah dari masa lampau adalah dengan cara berkunjung ke museum atau sarana peninggalan bersejarah lainnya. Namun, Indonesia sangatlah luas, butuh banyak waktu dan biaya untuk mengunjungi kebudayaan bangsa Indonesia yang luar biasa kaya. Tapi, tunggu dulu! Google punya cara untuk mengajak kamu ke berbagai museum di seluruh Indonesia tanpa harus mengeluarkan biaya. Nggak percaya? Begini caranya!

BACA JUGA
  • Yuk, Eksplor Tempat Seru dan Keren di Jakarta Bareng Google App!
  • Google Pixel vs iPhone 7 Plus: Siapa yang Paling Cepat?
  • Cara Mudah Pindahkan Data iPhone ke Google Drive

Tanpa Keluar Uang Kamu Bisa Kunjungi 7 Museum di Indonesia

Google Cardboard4

Seiring dengan perkembangan zaman, dan kemudahan akses informasi melalui Internet, semua orang di seluruh dunia mencari informasi melalui dunia maya, di mana setahun yang lalu Google Arts & Culture telah bekerja sama dengan Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko serta Museum Nasional untuk membantu melestarikan warisan Indonesia secara digital.

Nah, tepat 27 Oktober 2016, Google secara resmi menambahkan 7 museum dan institusi di Indonesia ke dalam platform Google Arts & Culture lewat sebuah teknologi baru bernama Art Camera dan Google Cardboard. Ini sebagai usaha untuk melestarikan warisan budaya bagi generasi mendatang dan mempromosikannya ke kancah dunia. Peluncurannya yang dilakukan belum lama ini diharapkan dapat memberi pengalaman berbeda melalui teknologi baru yang diperkenalkan bertempat di Museum Nasional.

Cardboard Icon
Cardboard
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD

Tunggu Apalagi, Pakai Google Cardboard dan Aplikasi Google Arts & Culture Sekarang!

Google Cardboard3

Adapun 7 museum yang dimaksud adalah Museum Tekstil dan Museum Seni Rupa & Keramik, Galeri Batik, Monumen Nasional (MONAS), Museum Purbakala Sangiran, Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Yayasan Biennale Yogyakarta, dan Agung Rai Museum of Art (ARMA). Dengan mengunjungi ketujuh museum dan tempat bersejarah tersebut, pengetahuan kamu pasti akan bertambah dan kamu jadi semakin cinta dengan Tanah Air.

Google Cardboard5

Tidak hanya itu, bersama dengan Yayasan Batik Indonesia, dicanangkan sebuah inisiasi untuk membawa lebih dari 1000 koleksi Batik dan tekstil bersejarah ke ruang digital melalui teknologi kamera resolusi gigapixel bernama Art Camera yang dapat menangkap goresan batik Indonesia dengan sangat detail.

Para pelajar, peneliti bahkan penikmat seni di Indonesia dan seluruh dunia bisa mendapatkan pengalaman nyata berada di museum lewat teknologi Virtual Reality bernama Google Cardboard ini. Semuanya dapat diakses dengan mudah melalui ponsel lewat aplikasi Google Arts & Culture yang tersedia di Android dan iOS.

Google Cardboard6

Berikut ini beberapa pilihan koleksi terbaik yang ditampilkan di Google Arts & Culture:

  • Ratusan Batik dan kain peninggalan sejarah lainnya dari Museum Tekstil, dari Sumatera Utara sampai Nusa Tenggara Timur.
  • Tur virtual 360 derajat dari Museum Purbakala Sangiran, memberi akses bagi siapa pun untuk mengetahui tempat penemuan Java Man yang pertama.
  • Gambar 360 derajat dan teknologi Google Cardboard di Monas, dimulai dari lantai bawah hingga konservatorium lantai atas.

Direktorat Jenderal Kebudayaan menyambut baik upaya digitalisasi warisan tradisi budaya Indonesia yang dilakukan atas inisiatif Google Arts & Culture bekerja sama dengan Museum Tekstil Jakarta, Galeri Batik Museum Tekstil, Monumen Nasional Jakarta (MONAS), Museum Purbakala Sangiran, Museum Seni Rupa dan Keramik, Yayasan Biennale Yogyakarta (Taman Budaya Yogyakarta), Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, dan Museum Seni Agung Rai (ARMA). Usaha semacam ini perlu dikembangkan lebih jauh ke depan sehingga kekayaan warisan budaya bangsa Indonesia dapat merasuk ke dalam alam imajinasi warga dunia," ujar Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud.

Google Cardboard1

Ada begitu banyak kekayaan dan material penting dari kultur Indonesia (seni, sejarah, dan peninggalan) yang sebelumnya hanya dapat dilihat oleh mereka yang cukup beruntung bisa mengunjungi tempat-tempat ini. Google Arts & Culture adalah usaha kami untuk membuat material budaya tersedia dan dapat diakses oleh siapa saja, melestarikannya secara digital untuk kepentingan edukasi dan menginspirasi generasi mendatang, tambah Dennis Dizon, Program Manager, Google Cultural Institute.

Gimana, mudah kan caranya? Dengan hanya bermodalkan Google Cardboard dan menginstal aplikasi Google Arts & Culture, kamu sudah bisa berjelajah museum dan melihat koleksi batik seperti berada di tampat aslinya. Seru!

ARTIKEL TERKAIT
Cara Membuat Dialog Script Blog Banner

Biar Jago Coding, Begini Cara Membuat Dialog Script di Blogger

Mitos Seputar Aplikasi Android 6

5 Mitos Aplikasi Android yang Salah Tapi Banyak Dipercaya

Cara Bikin Screenshot Palsu Banner

100% Berhasil: Begini Cara Membuat Screenshot Palsu di Komputer

Foto Selfie Siap Gantikan Password

Foto Selfie Siap Gantikan Password untuk Verifikasi Identitas

Cara Root Samsung Galaxy Grand Prime Ve Sm G531h

Cara Root Samsung Galaxy Grand Prime VE SM-G531H

APPS TERKAIT
Google Now Launcher Icon
Google Now Launcher 1.3
Apps Google Inc.
Google Pixel Launcher Icon
Google Pixel Launcher and Wallpaper Picker 7.1-3231428
Apps ajcrew
Play_game_icon
Google Play Games 2020.01.15709 (292726199.292726199-000409)
Apps Google
Google Play Store Icon
Google Play Store 21.9.47-16 [0] [PR] 331897675
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Google Search Fasih Bahasa Indonesia, Bisa Diajak Ngobrol!

Google Search Fasih Bahasa Indonesia, Bisa Diajak Ngobrol!

Yuk, Eksplor Tempat Seru dan Keren di Jakarta Bareng Google App!

Yuk, Eksplor Tempat Seru dan Keren di Jakarta Bareng Google App!

Inilah Bukti Kalo Google Ternyata Lebih Perhatian dari Pacar Kamu

Inilah Bukti Kalo Google Ternyata Lebih Perhatian dari Pacar Kamu

10 Produk Terkenal Google yang Gagal dan Tidak Diminati

10 Produk Terkenal Google yang Gagal dan Tidak Diminati

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal