BlackBerry Rilis Ponsel Lagi? Android Aman DTEK60, Seperti Apa?

Default

Secara mengejutkan, BlackBerry baru saja meluncurkan smartphone Android baru yakni DTEK60. Pertanyaannya adalah kok bisa? Padahal pada bulan September lalu, perusahaan berbasis Kanada ini mengumumkan menyerah dan tidak akan membuat ponsel lagi.

Dilansir dari Mashable, hal ini karena BlackBerry membuka sistem lisensi yang memungkinkan vendor lain bekerja sama dan membuat perangkat BlackBerry. Jadi, meskipun BlackBerry memilih fokus mengembangkan perangkat lunak, tapi mereka belum sepenuhnya menyerah pada penjualan ponsel.

BACA JUGA
  • Benarkah Apple Dalang di Balik Hancurnya BlackBerry?
  • Terus Merugi, BlackBerry Akan Berhenti Membuat Smartphone

BlackBerry Rilis Ponsel Lagi? Android Aman DTEK60, Seperti Apa?

Android Aman Dtek60

Kabar mengenai keberadaan Blackberry DTEK60 sudah cukup lama beredar. Kini, ponsel yang diklaim aman penerus dari DTEK50 ini sudah resmi dirilis dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Lebih lanjut, BlackBerry DTEK60 dibuat berdasarkan desain referensi dari TCL, yakni perusahaan Tiongkok pemilik merek Alcatel. Ponsel ini hadir dengan kerangka metal dengan finishing dual glass depan dan belakang. Layarnya membentang 5,5 inci dengan dukungan resolusi 2.560 x 1.440 piksel.

Dapur pacunya mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 820, yang berpadu RAM 4 GB dan ruang simpan 32GB. Fitur lainnya meliputi kamera utama 21 megapiksel, baterai 3.000 mAh, port USB Type-C, dan fingerprint sensor di bagian belakang.

BlackBerry mengklaim bahwa DTEK60 lebih aman dibanding smartphone Android lainnya yang beredar di pasaran saat ini. Menjalankan Android 6.0 Marshmallow, ponsel ini dibekali dengan sejumlah software pengaman, seperti secure bootloader, hardware root of trust, dan DTEK. BlackBerry juga menjamin, update keamanan akan dirilis lebih cepat dari vendor lainnya.

Soal harga, BlackBerry DTEK60 dijual dengan harga US$499 atau sekitar Rp 6,5 juta. Blackberry masih berperan dalam penentuan spesifikasi dan desain DTEK60. Namun, perangkat BlackBerry selanjutnya mungkin akan sepenuhnya dikembangkan oleh produsen lain yang mengantongi lisensi BlackBerry.

ARTIKEL TERKAIT
Go Insta Banner
Go Insta! Fitur yang Bikin Kamu Tampil Live di Instagram
APPS TERKAIT
Facebook Logo 3e2fc
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Instagram Icon
Instagram 127.0.0.30.121
Apps Instagram
Twitter Icon
Twitter for Android
Apps Twitter
Google Chrome For Android Icon
Chrome Browser 81.0.4044.138
Apps Google
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal