J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Tak Sengaja, Ilmuwan Temukan Rahasia Baterai Awet Hingga Ratusan Tahun!

              Tak Sengaja, Ilmuwan Temukan Rahasia Baterai Awet Hingga Ratusan Tahun!

              00
              Rabu, 26 Okt 2016, 10:30 WIB
              Jika sering diisi ulang, baterai smartphone akan rusak karena kehabisan siklus hidupnya. Tapi tenang, seorang peneliti secara tidak sengaja menemukan rahasia agar baterai awet hingga 400 tahun!

              Tahukah kamu, apa ketakutan utama sebagian pengguna smartphone? Takut jika baterai smartphone-nya habis. Maka tidak heran jika akhir-akhir ini beredar segala jenis power bank. Tapi sampai kapan mau mengandalkan power bank? Bisa-bisa baterai smartphone cepat rusak karena sering diisi ulang.

              Sejauh ini baterai Li-Ion atau Li-Po memiliki siklus baterai hingga 500-1000 kali, atau setara 5000 hingga 7000 kali isi ulang yakni sekitar 3-4 tahun. Tapi baru-baru ini peneliti menemukan rahasia awet baterai yang bisa bertahan hingga 400 kali lebih lama!

              BACA JUGA
              • Ini Dia 5 Faktor yang Membuat Baterai HP Kamu Hilang Keperkasaan
              • Pilih Mana, Android dengan Baterai Removable atau Non-removable?

              Rahasia Baterai Awet

              Selama ini untuk menghemat baterai smartphone kita sering melakukannya dengan bantuan aplikasi penghemat baterai. Tapi, jika siklus umur baterainya telah habis, maka baterai akan aus dan rusak. Nah, baru-baru ini ilmuwan asal Universitas Irvine, Amerika Serikat mengembangkan baterai yang bisa bertahan lama. Siklus hidup baterai ini diklaim bisa bertahan hingga 200.000 kali proses isi ulang! Jadi, baterai ini akan awet untuk penggunaan hingga lebih dari 100 tahun.

              rahasia-baterai-awet-hingga-400-tahun (1)

              Uniknya, penemuan baterai ini rupanya ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Mya Le Thai yang sedang bereksprrimen dengan kawat emas nano. Nah, saat kawat ini dilapisi dengan gel elektrolit serupa Plexiglas, rupanya kawat emas nano ini kembali ke bentuknya semula walau berkali-kali digunakan dengan aliran listrik. Dengan penemuan ini, dikembangkanlah baterai yang menggunakan kawat emas nano berlapis Plexiglas.

              rahasia-baterai-awet-hingga-400-tahun (2)

              Sayangnya biaya material yang mahal menjadi kendala dalam memproduksi baterai panjang umur ini. Padahal, jika suatu saat baterai ini bisa dikembangkan untuk produksi massal, maka jelas sangat bermanfaat dan akan menjadi penemuan besar yang bermanfaat bukan hanya untuk pasar smartphone, tapi juga perangkat elektronik lainnya.

              APPS TERKAIT
              Purify Battery Saver Boost 1.2.0.120
              Apps King Studio Co.Ltd
              Battery Calibration 1.2
              Apps N Ma
              DU Battery Saver
              Apps DU APPS Studio
              Wakelock Detector-Save Battery 1.6.1
              Apps UzumApps
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal