32 Aplikasi Google Play Store Terinfeksi BadNews

Default

Android yang terkenal dengan sistemnya yang Open Source membuat banyak sekali pelaku kejahatan cyber menggunakan Android sebagai alatnya. Dengan membuat aplikasi lalu menyelipkan kode berbahaya atau yang biasa disebut malware di dalam aplikasi tersebut. Baru-baru ini terdapat malware dengan nama BadNews. Sebanyak 32 aplikasi di sistem operasi Android diketahui menyebarkan malware ini. Buruknya lagi bahwa aplikasi ini berada di Google Play Store. Hal ini merupakan penemuan dari perusahaan keamanan perangkat seluler Lookout.

Dikutip dari CNET, 32 aplikasi dengan BadNews didalamnya berasal dari 4 pengembang yang termasuk di dalamnya aplikasi games, kamus dan wallpaper dengan menggunakan bahasa Inggris dan Rusia. Aplikasi game yang mengandung BadNews ini adalah Gremlins Holiday, Bottle Shoot dan Stupid Birds, dan untuk yang menggunakan bahasa Rusia, malware BadNews ini berada di aplikasi resep makanan hingga aplikasi seks. BadNews menyamar sebagai aplikasi, yang berpura-pura sebagai periklanan. Para pembuat aplikasi tersebut menggunakan jaringan periklanan di aplikasi untuk melewati sistem keamanan dari Google Play Store.

BadNews mampu mengirim pesan palsu, meminta pengguna memasang aplikasi hingga meminta data penting seperti identitas. Kemunculan BadNews ini merupakan evolusi perkembangan dari malware di smartphone karena sudah menggunakan server di Rusia, Ukraina dan jerman. Selalu tanamkan sistem dan aplikasi keamanan untuk menghindari smartphone.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal