Kapan dan Di mana Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin di Indonesia?

Default

Setelah tanggal 9 Maret 2016 silam Indonesia dihampiri oleh Gerhana Matahari Total, rupanya awal September ini Indonesia akan kembali dihampiri oleh fenomena alam yang tak kalah memukau, Gerhana Matahari Cincin. Sebagai pengingat, Gerhana Matahari Cincin adalah fenomena alam yang terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, dan pada puncaknya hanya menutupi sebagian piringan matahari.

Nah, nanti sore dipastikan akan terjadi Gerhana Matahari Cincin. Lalu, kapan dan di mana Gerhana Cincin bisa dilihat di Indonesia?

Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa Gerhana Matahari Cincin akan melintasi Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudera Hindia. Adapun di Indonesia, ada sekitar 124 wilayah yang akan dilintasi, seperti Bengkulu, Kepulauan Mentawai, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur bagian barat.

Gerhana Matahari Cincin Indonesia 3

Apakah wilayah tempat tinggal kamu termasuk yang bisa melihat Gerhana Matahari Cincin? Jika iya, bersiap saja karena fenomena langka ini akan dimulai sekitar jam 17.00. Di Jakarta sendiri, kontak pertama Gerhana akan terjadi pada jam 17.30, dan puncak Gerhana akan terjadi saat Matahari tenggelam.

Gerhana Matahari Cincin Indonesia 4

Jika cuaca cerah, 124 wilayah yang berada pada jalur lintasan Gerhana Matahari Cincin berkesempatan melihatnya walau hanya sedikit. Adapan wilayah di Indonesia yang berkesempatan melihat Gerhana ini dengan cukup jelas adalah Ujung Genteng.

Cara Melihat Gerhana Matahari Cincin

Jika dibandingkan dengan Gerhana Matahari Total, wilayah yang kebagian fenomena ini tidaklah menjadi gelap gulita. Namun tetap, pancaran cahaya matahari yang kuat setelah terjadinya Gerhana cukup berbahaya bagi mata. Adapun cara aman melihat Gerhana Matahari Cincin adalah:

  • Mengurangi Intensitas Cahaya: Kamu bisa menggunakan lapisan filter cahaya dari plastik rontgen, atau kaca gelap.
Gerhana Matahari Cincin Indonesia 2
  • Memproyeksikan Sinar Matahari: Cara ini lebih aman dalam melihat Gerhana Matahari Cincin atau Gerhana Matahari Sebagian. Caranya adalah dengan membuat lubang kecil di kertas tebal, lalu arahkan ke permukaan matahari. Atau kamu bisa juga melihatnya lewat smartphone.
    Gerhana Matahari Cincin Indonesia 1

Buat kamu yang wilayahnya akan kebagian Gerhana Matahari Cincin, selamat menikmati ya! Dan jangan lupa selalu perhatikan keamanan saat melihatnya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mendapatkan Wifi Gratis 2130a
10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Manapun & Kapanpun, Gampang!
Smartphone Xiaomi Banner
Xiaomi Redmi Note 4 vs Redmi 3s Prime vs Mi Note 2, Siapa Monsternya?
APPS TERKAIT
Opera Free Vpn Icon
Opera Free VPN 6.9.1186
Apps Opera Software
Zenly Gps Waktu Nyata Icon
Zenly Best Friends Only 4.12.0
Apps HP Terbaru
Uc News Icon
UC News Berita Bola Indonesia 1.3.8.877
Apps UCWeb Inc.
Quadrooter Scanner Icon
QuadRooter Scanner 1.1
Apps Check Point Labs
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal