J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

GILA! Bus Masa Depan Berukuran Raksasa Lulus Uji Coba di China, Indonesia Kapan?

GILA! Bus Masa Depan Berukuran Raksasa Lulus Uji Coba di China, Indonesia Kapan?

Minggu, 7 Agt 2016, 16:00 WIB
China kembali menyita perhatian dunia, kali ini lewat terobosan baru di dunia transportasi umum. Negeri Tirai Bambu ini berhasil melakukan uji coba pertama Transit Elevated Bus. Bus masa depan berukuran raksasa yang mampu melewati kemacetan

Apa kamu termasuk salah satu orang yang sering mengeluh dengan macetnya Jakarta? Bukan cuma di Indonesia kok. Kemacetan juga menjadi masalah yang dihadapi oleh negara-negara lain. Salah satu yang terparah adalah di China bahkan kemacetan terbesar pernah terjadi di ruas jalanan ibu kota China.

Nah, pada bulan Mei lalu, pemerintah China akhirnya memperkenalkan konsep bus yang disebut Transit Elevated Bus (TEB). TEB ini mampu melintasi keramaian di tengah kota, berjalan menerobos kepadatan lalu lintas. Keren banget sih, tapi seperti kebanyakan konsep, masih banyak yang tidak percaya bahwa TEB ini akan benar-benar hadir di dunia nyata.

BACA JUGA
  • Cari Tahu Transportasi di Jakarta dengan Aplikasi Komutta
  • Ini Dia Aplikasi Lokal Khusus Pengguna TransJakarta
  • Akhir Tahun Nanti Singapura Punya Kendaraan Umum Tanpa Sopir, Indonesia Kapan Ya?

Transit Elevated Bus! Bus Masa Depan Berukuran Raksasa Lulus Uji Coba di China

Transit Elevated Bus

Pada kenyataannya, Transit Elevated Bus ini benar-benar diaplikasikan. Pemerintah China telah menyelesaikan uji coba pertama kali di jalan yang sebenarnya. Pengujian ini dilaksanakan di Kota Qinhuangdao untuk menguji rem dan konsumsi daya. Alhasil, Transit Elevated Bus menjadi perhatian dunia dan menjadi halaman depan maupun breaking news atas desainnya yang inovatif.

Bus Masa Depan Berukuran Raksasa Dari China

Kendaraan transportasi umum berbasis listrik ini menggabungkan dua metode transportasi, yakni Hybrid light-rail train (LRT) dan bus. TEB yang mempunyai daya tampung besar ini pun dapat berjalan secara bersamaan dengan kendaraan lain. Pasalnya, bus ini melaju di atas rel khusus yang posisinya tidak mengganggu kendaraan lain sehingga kendaraan-kendaraan lain tetap bisa berlalu-lalang melewati bagian bawah bus.

Teb Bus Raksasa Dari China

TEB pun diklaim sebagai bus terbesar di dunia dengan panjang 22 m, lebar 7,8 m, dan tinggi 4,8 m. Untuk saat ini, TEB baru bisa menampung 300 penumpang. Namun, ke depannya akan mampu mengangkut hingga 1.200 penumpang.

Transit Elevated Bus China

Pengujian ini menjadi langkah awal yang menjanjikan di masa depan sekaligus sebagai terobosan baru di dunia transportasi umum. Rencananya, TEB ini baru akan diimplementasikan di jalan-jalan kota yang sibuk di China. Konsep TEB yang didesain sedemikian rupa ini pun diharapkan dapat mengatasi masalah lalu lintas yang sudah semakin genting.

Pengembang mengatakan bahwa mereka hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk menyelesaikan proyek ini. Mereka juga percaya bahwa metode ini dianggap lebih murah dan efisien, termasuk dari segi waktu dan keseluruhan biaya ketimbang membangun sistem transportasi bawah tanah. Dilansir dari DailyMail, TEB juga menarik minat berbagai negara, seperti Brasil, Prancis, India, dan bahkan Indonesia. Bagaimana pendapat kamu jika TEB diterapkan di Jakarta, mampukah nantinya menyelesaikan masalah kemacetan?

ARTIKEL TERKAIT
Cara Jual Mobil Bekas Pakai Smartphone Banner

Cara Mudah Jual Mobil Bekas Kamu Bermodal Smartphone

Siri Terpasang Di Mobil Ford Banner

Ford Memasang Siri di Jutaan Mobil Miliknya

Fitur Kunci Pintu Mobil Ford Escape Modal Smartphone Banner

KEREN! Mobil Ini Bisa Dikunci dan Dibuka Pake Smartphone Android

Lexus Electric Car Berbahan Kardus Banner

GOKIL! Mobil Listrik Ini Dibuat Terbuat Dari KARDUS Dan Bisa JALAN!

Electric Car

Jalanan di Inggris Ini Bisa Ngecharge Mobil, Jalanan di Indonesia Bisa Apa?

APPS TERKAIT
Buspot Icon
BuSpot TransJakarta 1.0
Apps CompFest
Bus Simulator Icon
Bus Simulator 2015 1.8.2
Games Ovidiu Pop
Komuta Icon
Komutta 1.0.9
Apps mreunionlabs
Bosbis Beli Tiket Bus Online Icon
Bosbis - beli tiket bus online 1.2
Apps PT. MEDIA BARU DIGITAL
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal