Kaspersky Laporkan Indonesia Bebas dari 10 Besar Spammer

Kaspersky Lab, merilis sebuah laporan yang cukup menggembirakan bagi warga Indonesia. Pada bulan Februari, Indonesia telah keluar dari daftar 10 penghasil spam terbesar di dunia. Indonesia turun peringkat menjadi peringkat 18 di dunia. Penghasil spam terbesar di dunia dipegang oleh Amerika Serikat, lalu diikuti di peringkat kedua yaitu China. Peringkat ketiga ada korea selatan yang menjadi penghasil spam terbesar selama bulan januari dan februari 2013. Negara paling banyak dikirim email berbahaya adalah Italia.

Menurut data Kaspersky lab, spam mulai meningkat sejak februari 2013. Jika dibandingkan rata-rata dari Januari dan 3 bulan terakhir, aktivitas spammer dalam email meningkat pesat dari 13% ke 71%. Banyak sekali cara untuk penyebaran malware menggunakan email, mulai dari hadiah hingga uang. Umumnya spammer menggunakan Trojan-Banker.HTMLAgent.p. Trojan perncuri data sensitif dengan sistem online perbankan yang muncul dalam bentuk website HTML.

Email terbanyak dikirim dengan menggunakan nama Google. Melalui email palsu tersebut, pengguna mendapat pemberitahuan bahwa resume mereka sedang dicek oleh Google dan disarankan untuk membuka lampiran file untuk mengecek kebenaran data. Lampiran yang berbentuk zip itu berisi malware yang didesain untuk mencuri password dan data penting lainnya di komputer pengguna.

Darya Gudkova, Head of Content Analysis & Research, Kaspersky Lab memberitahu para pengguna agar lebih hati-hati dalam menerima email dengan lampiran form pendaftaran dari bidang perbankan, karena website online banking hanya boleh diakses dan dibuka melalui browser langsung. Apakah komputer kamu sudah bersih dari Virus dan Malware? Kamu bisa gunakan salah satu antivirus yang ada di Jalan Tikus agar komputer kamu aman.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal