10 Lagu Minang Paling Hits & Terpopuler di YouTube, dari Kisah Cinta hingga Perantauan!

Default

Lagu Minang merupakan salah satu lagu daerah yang paling sering didengar oleh masyarakat. Bahkan, pendengarnya tidak hanya berasal dari Sumatera Barat (Sumbar) saja, melainkan dari seluruh penjuru Indonesia.

Pasalnya, banyak juga orang di luar suku Minang yang suka mendengarkan lagu-lagu asal Sumbar. Salah satu alasan mengapa banyak disukai adalah karena musik lagu Minang memang dikenal enak didengar.

Makna liriknya pun terbilang related untuk banyak orang, yakni seputar kisah percintaan antara dua insan yang saling terpisah antara kampung dan rantau. Selain itu, ada pula lagu yang liriknya berkisah tentang kehidupan sehari-hari.

Maka tak heran jika di platform berbagi video YouTube, lagu-lagu Minang selalu mendapatkan jumlah viewers yang sangat besar. Gak cuma jutaan, beberapa di antaranya bahkan menyentuh view lebih dari 100 juta, lho.

Gak sampai di situ, lagu-lagu viral di TikTok pun banyak yang berasal dari suku urang awak tersebut, geng. Malahan, tak sedikit masyarakat umum yang tahu lagu Minang tersebut lewat TikTok, baru kemudian mendengarkan full-nya dari YouTube.

Penasaran apa saja lagu Minang yang paling populer di YouTube hingga banyak disukai masyarakat Indonesia? Berikut adalah beberapa di antaranya!

1. Frans ft. Fauzana - "Panek di Awak Kayo di Urang"

Daftar lagu Minang paling populer pertama adalah Panek di Awak Kayo di Urang ciptaan Roza'c Tanjung. Lagu ini pertama kali dirilis pada 15 Februari 2020 lalu serta dinyanyikan oleh duet Frans dan Fauzana, geng.

Diunggah oleh kanal YouTube RW pro, hingga detik ini, lagu tersebut sudah didengar sebanyak lebih dari 122 juta kali! Angka yang sangat fantastis, bukan?

Lagu ini bercerita tentang sepasang suami istri yang hidup dengan harta pas-pasan. Alhasil, sang istri pun mengeluh dengan keadaan ekonomi yang sedang dialami.

Meski demikian, sang suami tetap berusaha meyakinkan istrinya untuk selalu sabar dan berdoa supaya kehidupan mereka bisa membaik suatu saat nanti. Sang suami juga bertekad untuk terus bekerja keras tanpa henti.

2. Ipank ft. Rayola "Rantau Den Pajauah"

Berjudul Rantau Den Pajauah, lagu ciptaan Ipank ini berkisah tentang kisah cinta sepasang kekasih yang harus terhalang restu dari orang tua perempuan.

Lantaran tak mendapat restu, si pria kemudian memutuskan pergi merantau demi mengobati sakit hatinya atas perilaku orang tua sang kekasih.

Kekasihnya sudah meminta maaf dan berharap agar si pria mau pulang ke kampung halaman, namun rasa kecewa yang besar membuat pria tersebut tetap teguh pada pendiriannya untuk merantau ke luar daerah.

Lagu ini semakin populer setelah dinyanyikan oleh duet Ipank dan Rayola, karena pembawaannya yang dirasa sangat menyentuh, geng. Alhasil, video-nya yang dirilis kanal YouTube Lirik Minang kini sudah ditonton lebih dari 73 juta kali.

3. Andra Raspati ft. Ovhi Firsty - "Manunggu Janji"

Manunggu Janji atau yang jika diartikan adalah Menunggu Janji, merupakan lagu Minang yang dinyanyikan oleh duet Andra Raspati dan Ovhie Firsty. Sama seperti lagu Panek di Awak Kayo di Urang, lahu ini juga diciptakan oleh Roza'c Tanjung, geng.

Liriknya sendiri berkisah tentang sepasang kekasih yang harus rela terpisah karena salah satu dari mereka terpaksa merantau. Meski jaga terpisah jauh, keduanya berjanji untuk saling menjaga hati demi mewujudkan keinginan untuk selalu bersama.

Dalam beberapa penggalan liriknya, tersirat pesan yang meminta agar sang wanita selalu sabar menunggu kekasihnya pulang, tak perduli apapun kabar miring yang terdengar. Bagi sang pria, janji adalah sesuatu yang harus ditepati.

Dirilis oleh kanal YouTube Elta Record sejak 2019 lalu, lagu ini sudah didengar sebanyak 74 juta kali, lho!

4. Ipank - "Harok di Rantau Urang"

Pria bersuku Minangkabau selalu erat dengan yang namanya pergi merantau. Lagi-lagi, hal itu bisa dilihat dari lagu yang dinyanyikan Ipank, Harok di Rantau Urang.

Sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu, Ipank menulis lirik tentang bagaimana seorang pria mengenang masa-masa indahnya saat bersama kekasih di kampung halaman. Namun, kini ia harus menjalani kerasnya hidup sebagai pedangan di rantau orang.

Di kanal YouTube Elta Record, lagu yang sudah dirilis sejak 2 April 2019 ini sudah ditonton lebih dari 7,3 juta kali, geng.

5. Fauzana - "Takabek Gadih Rantau"

Kebiasaan pria Minang yang kerap merantau, membuat banyak gadis asal Sumbar yang merasa kesepian lantaran ditinggal kekasih tercinta. Setidaknya hal itulah yang coba diutarakan lewat lagu berjudul Takabek Gadih Rantau.

Diciptakan oleh Roza'c Tanjung dan dipopulerkan oleh Fauzana, lirik lagu Takabek Gadih Rantau menceritakan tentang kisah sendu seorang wanita yang ditinggal kekasih karena pergi merantau.

Sang wanita pun selal menunggu kedatangan kekasihnya tersebut dengan sabar, meski sama sekali tidak tahu kapan ia akan pulang. Malangnya, sang wanita justru mendapat kabar bahwa pujaan hatinya telah memiliki pujaan hati baru di tanah rantau.

Lagu ini sempat viral di aplikasi TikTok karena sering dijadikan latar musik, geng. Di kanal YouTube RW pro sendiri, lagu ini sudah ditonton sebanyak 36 juta kali sejak diposting pada Januari 2020 lalu.

6. Andra Raspati ft. Eno Viola - "Niek Suci Panabuih Janji"

Kepiawaan Roza'c Tanjung dalam menciptakan lagu Minang memang sudah tidak diragukan lagi. Salah satu lagu ciptaannya yang juga sangat hits adalah Niek Suci Panabuih Jani yang dinyanyikan oleh Andra Raspati bersama dengan Eno Viola.

Bedanya, lagu ini pertama kali diposting di kanal YouTube Andra Respati Management pada 14 Maret 2019 lalu, dan sudah ditonton lebih dari 28 juta kali.

7. Rayola - "Tadayo Gurauan Sayang"

Masih merupakan ciptaan Roza'c Tanjung, lagu Tadayo Gurauan Sayang yang dipopulerkan oleh Rayola ini sudah ditonton lebih dari 17 juta kali di kanal YouTube RY Music Production.

Lagunya sendiri bercerita tentang seorang perempuan yang ditinggalkan oleh kekasihnya secara tiba-tiba. Seperti ciri khas Roza'c Tanjung yang piawai membuat lirik menyentuh, lagu sedih ini pun menjadi hits di kalangan masyarakat.

8. Andra Respati ft. Eno Viola "Cinto Ndak Basayok"

Andra Respati dan Eno Viola adalah dua di antara beberapa penyanyi Minang yang paling terkenal saat ini. Lagu mereka selanjutnya yang cukup populer adalah Cinto Ndak Basayok ciptaan Roza'c Tanjung.

Sejak diunggah pada 22 Februari 2019 di kanal YouTube Andra Respati Management, lagu ini sudah didengar lebih dari 14 juta kali, lho.

9. Andra Respati ft. Eno Viola - "Nan Disayang Tunangan Urang"

Masih dinyanyikan oleh Andra Repsati dan Eno Viola, duet maut ini kembali menghadirkan lagu hits Minang yang berjudul Nan Disayang Tunangan Urang.

Berkisah tentang peliknya kisah cinta seseorang, lagu ciptaan Roza'c Tanjung ini sudah ditonton lebih dari sebanyak 14 juta kali di kanal YouTube Andra Respati Management.

10. Rama ft. Echa - "Manabuih Janji"

Roza'c Tanjung juga menciptakan lagu berjudul Manabuih Janji yang dinyanyikan oleh Rama dan Echa. Lagu duet ini berkisah tentang hubungan jarak jauh sepasang kekasih, lho.

Keduanya pun berjanji untuk saling setia dan berharap agar segera bertemu kembali suatu saat nanti. Gak kalah populer, lagu ini sudah ditonton lebih dari 11 juta kali di kanal YouTube RW pro.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi deretan lagu Minang paling populer di YouTube, geng. Meski merupakan lagu berbahasa daerah, tapi jangan salah, penontonnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta, lho!

Tak hanya orang Sumbar saja yang suka dengerin lagu-lagu di atas, gak sedikit juga yang bukan orang Minang tapi sangat menyukai lagu-lagu tersebut, lho. Apakah kamu salah satunya?

Baca juga artikel seputar Lagu, Gaming, App atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 7805c
10 Aplikasi DJ Terbaik Android 2020, Bisa Bikin Lagu Sendiri!
Untitled3 894d5
22 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Android, Kualitas Suara Maksimal & Irit Kuota!
Aplikasi Edit Lagu 63b12
10 Aplikasi Edit Lagu Terbaik Android 2020, Bikin Sesuai Selera!
Lagu Slow Barat 2bfb4
100+ Lagu Barat Slow Terbaik dan Terbaru 2021, Asyik Buat Santai!
Kumpulan Lagu Meme Populer C3a90
10 Kumpulan Lagu Meme yang Pastinya Sering Kamu Dengar
Lagu Tiktok Viral Terbaru 320c3
85+ Lagu TikTok Viral Terbaru Paling Hits, Bikin Terngiang di Kuping!
Tags Terkait: Musiklirik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal