Benarkah Mengendarai Motor Listrik Saat Hujan Bikin Kesetrum? Ini Penjelasannya

Default

Mengendarai motor listrik saat hujan jadi tanda tanya untuk sebagian orang. Apakah hal itu aman dilakukan? Apakah pengendara tidak kesetrum saat kendaraan listrik ini terkena air hujan?

Penggunaan motor listrik sedang digencarkan saat ini. Masyarakat diarahkan buat beralih ke motor ini lantaran lebih efektif, hemat daya, dan irit.

Masalahnya, teknologi yang digunakan pada kendaraan listrik masih baru dikembangkan. Masyarakat pun khawatir dan masih bingung, apakah kendaraan masa depan ini aman untuk mereka atau tidak.

Jaka akan mencoba menjelaskan kemampuan motor listrik dalam merespons air serta tips merawatnya. Simak artikel ini hingga tuntas!

Kemampuan Motor Listrik Merespons Air

Molis Saat Hujan Sumber Kumparan
Sumber foto: Polytron - Motor listrik aman digunakan saat hujan

Motor listrik tentu sudah didesain sedemikian rupa untuk menghadapi segala risiko yang mungkin terjadi, termasuk saat kena air. Pertanyaannya, apakah motor listrik aman saat hujan?

Secara umum, memakai motor listrik saat hujan atau melewati genangan masih aman, kok. Motor listrik memiliki tiga bagian utama.

Pertama, baterai sebagai sumber energi. Kedua, dinamo untuk membuat roda bergerak. Ketiga, kontroler untuk mendistribusikan energi ke dinamo.

Menghimpun beberapa pendapat ahli kendaraan listrik, komponen yang bertegangan tinggi adalah baterai. Posisi baterai di motor listrik sendiri ada di bawah jok. Selama air tidak mengenai bagian tersebut, semuanya aman.

Kabar baiknya, baterai motor listrik sekarang sudah dilapisi dengan plastik atau aluminium yang bukan penghantar listrik. Jadi, kalau ada korsleting, tegangannya akan merusak baterai atau kontroler, tidak langsung menyetrum penggunanya.

Di sisi lain, Komunitas Sepeda/Motor Listrik Indonesia juga menyebutkan, penggunaan listrik di electric vehicle menggunakan daya 48 volt yang tergolong arus lemah, sehingga jika terkena percikan air, tidak akan berbahaya.

Apakah motor listrik aman saat banjir? Asalkan tidak melewati genangan banjir lebih dari 30 cm, motormu tetap aman. Kalau lebih dari itu, ada risiko air masuk ke soket baterai dan menyebabkannya korsleting.

Pemicu Korsleting Pada Motor Listrik

Tetap saja, kita harus berhati-hati. Bisa digunakan saat hujan dan melewati genangan air bukan berarti motor listrik anti korsleting. Ada sejumlah pemicu korsleting kendaraan listrik yang harus kamu hindari:

  • Menerabas banjir lebih dari 30 cm. Kalau lewat genangan air, motor listrik masih aman digunakan. Tapi kalau dipakai melewati banjir dengan ketinggian 30 cm, baterai bisa kena air dan korsleting
  • Mencuci motor dengan air bertekanan tinggi. Cipratan airnya bisa mengenai komponen lain seperti baterai atau kontroler dan menimbulkan korsleting
  • Masalah kemasan baterai. Baterai yang tidak terlindungi dengan baik lebih rentan mengalami korsleting jika terkena air atau panas. Bahkan, baterai ini bisa meledak.

Tips Mengendarai Motor Listrik Saat Hujan

Antarafoto Banjir Pasar Rau 140921 Af 2 7a9c61ed626212bde4851246c42a2ee3
Sumber foto: Volta - Motor listrik harus terlindungi dari air

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa menerapkan tips mengendarai motor listrik saat hujan berikut ini.

  1. Pahami kemampuan motor listrik. Tiap motor listrik punya spesifikasi dan kemampuan yang berbeda, termasuk saat menahan air. Kamu perlu cermat melihat apakah motor listrikmu dilapisi bahan anti air, punya teknologi anti korsleting, dan sebagainya. Informasi ini biasanya terdapat di buku panduan unit motor.
  2. Cek kondisi baterai. Pastikan baterai motormu selalu dalam kondisi cukup supaya kamu bisa segera sampai ke rumah atau tempat berteduh.
  3. Hindari melewati banjir lebih dari 30 cm, atau kedalaman maksimal setinggi dek kaki/as roda motor. Lebih dari itu, jangan lanjutkan perjalanan.
  4. Jangan buka bagasi ketika hujan untuk mencegah tetesan air masuk ke slot baterai
  5. Lepas dan simpan baterai saat diterjang banjir. Kalau rumahmu kebanjiran, segera amankan baterai motor listrik. Simpan di tempat yang aman dan kering. Bungkus soket dengan rapat dan matikan sakelar daya utama. Jika banjir sudah surut, jangan langsung nyalakan motor.
  6. Jaga jarak dengan kendaraan lain. Tetap kemudikan motor dengan kecepatan stabil dan hindari salip menyalip dengan kendaraan lain.

Tips Mencuci Motor Listrik Agar Tidak Memicu Korsleting

United T1800 2 169
Sumber foto: Gogoro - Motor listrik bisa dicuci asal dengan hati-hati

Lantas, bagaimana cara membersihkan motor listrik yang aman ? Apakah tidak boleh menggunakan air sama sekali?

Tentu saja boleh, kok. Namun, ada tata caranya, biar air yang kamu gunakan untuk mencuci tidak mengenai komponen sensitif motor. Simak tips mencuci dari Jaka berikut ini.

  1. Pastikan bagian cover atau penutup baterai, jok, dan soket charger sudah tertutup rapat
  2. Lepas baterai dan simpan di tempat kering
  3. Hindari bagian Mini Circuit Breaker (MCB), yang merupakan alat proteksi korsleting listrik
  4. Hindari area kontroler
  5. Hindari bagian speaker bluetooth (jika ada)
  6. Hindari bagian hub motor
  7. Jangan gunakan air bertekanan tinggi
  8. Gunakan shampoo khusus kendaraan
  9. Semprotkan air dari arah atas ke bawah (dengan tekanan rendah)

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari Jaka tentang penggunaan motor listrik saat hujan. Beberapa ahli bilang hal ini aman, asalkan kamu tetap waspada.

Beda pabrikan motor listrik, beda juga respons unit terhadap air. Oleh karena itu, kamu harus membaca buku panduan dari unit motormu secara seksama.

Seluruh informasi dan karakteristik motor listrikmu dideskripsikan di buku tersebut. Kamu bisa lebih hati-hati saat menggunakannya. Semoga informasi ini membantu!

Baca juga artikel Kendaraan Listrik, Motor Listrik Electrum, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal