Spesifikasi & Harga Motor Listrik Minerva, Praktis Pakai Sistem Swap Baterai!

Default

Minerva bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang mencari sepeda motor listrik mumpuni dengan harga terjangkau. Motor listrik satu ini memang masuk ke dalam kategori entry-level, sehingga dapat menyentuh pasar yang luas.

Pabrikan ini sebenarnya dikenal sebagai produsen motor konvensional berbahan bakar minyak, tapi sempat "menghilang". Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, mereka kembali hadir dengan membawa model elektrik.

Meski baru memiliki satu model motor listrik sejauh ini, Minerva bisa menjadi kendaraan harian yang mumpuni. Lewat Minerva M1, pabrikan ini mencoba untuk bisa bersaing di pasar otomotif Indonesia.

Tertarik dan penasaran untuk mengetahui lebih jauh tentang sepeda motor listrik yang dapat menjadi kendaraan ramah lingkungan ini? Cek spesifikasi dan harga motor listrik Minerva 2022 berikut ini!

Tentang Motor Listrik Minerva

Tentang Motor Listrik Minerva
Sumber foto: IST - Motor Listrik Minerva

PT Minerva Motor Indonesia muncul pertama kali di Tanah Air sekitar tahun 2007. Kala itu, Minerva berani menghadirkan motor baru yang tampilannya nyaris sama dengan pabrikan Jepang dengan harga miring.

Selama dipasarkan, asal Minerva sering dipertanyakan apakah buatan China, Indonesia, atau Jerman. Namun, tidak ada pernyataan resmi dari pihak Minerva mengenai kejelasan nasibnya.

Setelah absen beberapa tahun, Minerva muncul lagi di ajang GIIAS 2022 dengan embel-embel "Minerva Electron". Sesuai namanya, kali ini mereka menunjukkan identitas sebagai merek yang bermain di segmen kendaraan elektrifikasi.

Tergolong praktis karena mengadopsi sistem tukar baterai atau baterai swap, motor listrik buatan Minerva adalah produksi dalam negeri lewat pabriknya yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur.

Desain Motor Listrik Minerva

Desain Motor Listrik Minerva
Sumber foto: Kompas - Motor Listrik Minerva

Tak seperti kebanyakan motor listrik di Indonesia yang punya tampang imut nan mungil, Minerva Electron M1 memiliki desain kekinian dan terlihat lebih futuristik. Minerva M1 mirip dengan motor matik konvensional saat ini.

Menariknya, desain Minerva mirip dengan sepeda motor listrik lokal lain, Smoot Tempur. Kemiripian ini ternyata tak terlepas dari Minerva yang juga bekerja sama dengan PT Swap Energi Indonesia.

Konsep futuristik dari desain yang lebih tegas dan tajam baik di bagian headlamp hingga body motor bisa terlihat. Lampu pada motor ini pun sudah berteknologi LED untuk bagian utama dan sein depan.

Spesifikasi Motor Listrik Minerva

Spesifikasi Motor Listrik Minerva
Sumber foto: Minerva - Motor Listrik Minerva

Motor listrik Minerva dibekali performa dari baterai 64V/22,5Ah, motor listrik DC Brushless 1500W, dan Controller 18-Tube Electric. Kecepatan maksimum yang bisa diraih motor ini mencapai 60 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 60 km.

Minerva menggunakan metode tukar baterai, sehingga setiap pemilik motor listrik ini tidak dibekali dengan charger. Jadi, mereka tidak perlu repot mengisi daya secara mandiri dan menunggu proses pengisian.

Detail Minerva Electron M1
Dimensi 1.800 x 690 x 1.050 mm
Tinggi Jok 690 mm
Ground Clearance 145 mm
Bobot 68 Kg
Jarak Sumbu Roda 1.340 mm
Baterai 64V/22,5Ah
Motor Listrik DC Brushless 1500W
Controller 18-Tube Electric Controller
Torsi Maksimum 112 Nm/ 750 rpm
Kecepatan Maksimum 60 Km/Jam
Jarak Tempuh 60 Km

Keunggulan Motor Listrik Minerva

Keunggulan Motor Listrik Minerva
Sumber foto: GridOto - Motor Listrik Minerva

Ada banyak fitur menarik seperti penggunaan sistem pencahayaan LED atau sistem swap baterai yang dibawa motor listrik ini. Fitur-fitur ini hadir untuk semakin memudahkan para pengendaranya.

Sebelum kamu membelinya, kamu tentu harus ketahui dulu apa saja fitur-fitur unggulan yang ada pada motor ramah lingkungan yang satu ini. Beberapa fitur yang ada di motor ini tidak akan bisa kamu temukan di motor konvensional.

Berikut fitur unggulan motor listrik Minerva:

1. Swap Baterai

Mengusung konsep swap atau tukar baterai, para pemilik kendaraan ini tidak perlu menunggu proses pengisian daya. Cukup datang ke titik penukaran baterai, kamu hanya memerlukan waktu beberapa detik saja untuk mendapatkan baterai dalam kondisi penuh.

Tidak ada biaya untuk penukaran baterai, tetapi pemilik kendaraan perlu membayar tarif swap menggunakan sistem kuota. Harga kuota tersedia tiga opsi, 100 km bertarif Rp20 ribu, 250 km bertarif Rp45 ribu, dan 500 km bertarif Rp80 ribu.

2. Terhubung ke Aplikasi

Minerva merupakan motor listrik pintar yang dapat tekoneksi dengan smartphone. Lewat aplikasi, kamu bisa mengecek kondisi kesehatan motor dan baterai, GPS Tracker, hingga info riwayat perjalanan.

Untuk menyambungkannya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan mengandalkan bluetooth saja. Hal ini sangat penting agar kamu tidak merasa khawatir saat berkendara, seperti mencegah kehabisan baterai saat di perjalanan.

Berapa Harga Motor Listrik Minerva?

Sebagai salah satu motor listrik buatan lokal, harga yang ditawarkan merek ini sebenarnya sudah tergolong murah. Motor listrik ini bahkan cenderung lebih terjangkau dibanding skutik konvensional yang beredar saat ini.

PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML), selaku pemegang merek Minerva di Indonesia menetapkan bahwa harga motor listrik M1 dibanderol Rp16.500.000 dan sudah on the road. Peminat juga bisa mencicil dengan uang muka mulai dari Rp3,4 juta.

Akhir Kata

Itulah ulasan motor listrik Minerva yang bisa menjadi kendaraan harian mumpuni dengan harga tergolong terjangkau. Skuter listrik produksi lokal ini siap bersaing dengan merek-merek seperti Selis Agats, Alva One, Smoot Tempur, dan lain sebagainya.

Meski baru memiliki satu model atau varian, motor listrik ini tetap layak untuk kamu pertimbangkan sebagai langkah awal beralih ke kendaraan lebih ramah lingkungan. Tertarik? Kamu bisa memiliki motor listrik ini dengan cara mencicil!

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tags Terkait: electric vehicle
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal