Di Manakah Letak Ujung Bumi dan Luar Angkasa? Ini Jawabannya!

Default

Sebelum bisa menembus ke luar angkasa, pesawat antariksa harus menembus banyak lapisan atmosfer Bumi terlebih dahulu. Kalau begitu, mungkin kamu pernah bertanya-tanya, "Di mana sih, ujung Bumi berakhir dan luar angkasa bermula?"

Ternyata, perbatasan itu gak sesederhana perbatasan antar wilayah yang jelas ada tandanya, geng. Perbatasan antara Bumi dan luar angkasa cukup rumit karena atmosfer kita sendiri sulit diukur.

Seperti dilansir dari Futurism, ukuran atmosfer Bumi semakin menipis semakin ketinggiannya meningkat. Atmosfer juga akan perlahan bercampur dengan partikel dari Matahari yang terjebak di medan magnet Bumi.

Batas Bumi dan Luar Angkasa

Atmosfer Bumi Dan Luar Angkasa 91ffe
Sumber foto: NASA

Lapisan atmosfer Bumi sendiri ada beberapa. Lapisan tersebut berfungsi untuk menjaga kehidupan di Bumi tetap bisa berlangsung.

Pertama ada troposphere yang tingginya lebih dari 9 kilometer. Setelah itu, ada stratosphere yang punya ketinggian sekitar 50 kilometer, di lapisan ini biasanya pesawat komersial terbang.

Lalu ada mesosphere, lapisan di mana meteor bakal terbakar. Di atasnya ada thermosphere, lapisan di mana aurora bakal terbentuk.

Terakhir baru ada exosphere, lapisan atmosfer bertemu dengan luar angkasa. Lapisan tersebut terbentuk dari hidrogen dan helium yang semakin lama lapisannya semakin tipis.

Menurut Katrina Bossert, fisikawan luar angkasa Arizona State University, semakin jauh kita dari permukaan Bumi, maka atmosfer memang bakal semakin tipis.

Seiring dengan kita bergerak semakin tinggi di atmosfer, maka tekanan atmosfer akan melemah dengan cepat. Maka dari itu ketika kita terbang dengan pesawat, perubahan ketinggian yang cepat bisa memengaruhi pendengaran, membuat kita jadi bindeng.

Pada akhirnya, udara jadi terlalu tipis untuk pesawat bisa terbang. Makanya ada batas ketinggian untuk pesawat dan benda-benda lainnya, yakni perbatasan Bumi dengan antariksa.

Perbatasan tersebut dikenal dengan nama garis Karman yang dinamai berdasarkan seorang ilmuwan Amerika-Hungaria, Theodore von Karman.

Garis Karman

Garis Karman Fad08
Sumber foto: Twitter @HE_Space

Garis Karman adalah sebuah garis yang digunakan untuk mendefinisikan garis batas antara Bumi dan antariksa. Seperti dilansir CNBC, Theodore von Karman adalah ilmuwan pertama yang coba mendefinisikan perbatasan tersebut pada 1957 silam.

Para ilmuwan menggunakan garis Karman untuk mencari tahu cara menjaga pesawat antariksa dan bagaimana satelit bisa mengorbit Bumi dengan sukses.

"Garis Karman merupakan perkiraan wilayah yang menunjukkan ketinggian di mana satelit bisa mengorbit Bumi tanpa terbakar atau jatuh dari orbit sebelum mengelilingi Bumi setidaknya sekali," jelas Katrina.

Garis ini juga digunakan untuk mengetahui batas di mana pesawat terbang bisa melaju.

Garis Karman biasanya didefinisikan sekitar 100 kilometer di atas permukaan Bumi. Sesuatu bisa saja mengorbit di bawah garis Karman, tapi akan dibutuhkan kecepatan orbit yang sangat tinggi, sesuatu yang sulit dipertahankan akibat adanya gesekan.

Namun, garis tersebut juga tak benar-benar saklek. Maka dari itu seseorang harus memiliki perasaan untuk tahu di mana letak garis Karman, menurut asisten profesor ilmu atmosfer University of California Matthew Igel.

"Ini merupakan ambang batas imajiner namun praktis antara perjalanan udara dan perjalanan antariksa," sambungnya.

Baca juga artikel seputar Hiburan, Viral, atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

Goda Alien Datang ke Bumi, NASA Kirim Foto Manusia Telanjang ke Luar Angkasa

Karyawan Paling Setia Sejagad Raya, Kerja 84 Tahun di Kantor yang Sama: Pecahkan Rekor Dunia!

Viral Pengantin Pria Bawa Rombongan 3.000 Orang, Mengular Sampai Ujung Jalan!

Viral! Kim Jong Un Nongol di Hajatan, Enjoy Nyanyi Dangdut sambil Joget

9 Potret Anak Arya Saloka, Ibrahim Jalal yang Warisi Wajah Rupawan Sang Ibu

10 Podcast Deddy Corbuzier Paling Kontroversial dan Sensasional, Tuai Kecaman Netizen?

ARTIKEL TERKAIT
Benda Luar Angkasa Siap Hancurkan Bumi 4cdaa
5 Benda Luar Angkasa yang Siap Hancurkan Bumi Kapan Saja
Untitled Design 2021 02 17t120411 021 85268
Canggih! Kebun di Luar Angkasa Bisa Jadi Solusi Krisis Pangan
Hal Haram Astronot Luar Angkasa
5 Hal Haram Dilakukan Astronot di Luar Angkasa, Padahal No.1 'Seru'
Misteri Luar Angkasa 93a21
5 Misteri Luar Angkasa yang Masih Bikin Ilmuwan Pusing Tujuh Keliling!
Cvrr Horz E8c6b
5 Tempat di Dunia yang Tidak Memiliki Gravitasi | Bak Berada di Luar Angkasa
Jenis Jenis Black Hole 08d7b
7 Fakta Mengerikan Soal Black Hole di Luar Angkasa | Bikin Merinding!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal