J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Heboh, Turis di Bali Pegang Gurita Cincin Biru Beracun | Bisa Bikin Fatal!

Rabu, 7 Apr 2021, 18:30 WIB
Turis bule di Bali baru-baru ini bikin heboh video TikTok lantaran pegang gurita cincin biru yang memiliki racun berbahaya yang berakibat fatal.

Baru-baru ini sebuah video di TikTok menjadi viral lantaran menampilkan seorang turis bule di Bali dengan santainya memegang salah satu hewan laut paling berbahaya di Bumi!

Perempuan ini tampaknya meremehkan hal-hal kecil di mana ia memegang hewan yang ia anggap tak berbahaya tersebut.

Hewan yang dipegangnya dengan tangan kosong itu tak lain merupakan seekor gurita cincin biru. Gurita ini memiliki tubuh kecil ukuran tubuhnya memang cuma 12 hingga 20 sentimeter.

Hewan kecil ini punya pola tubuh bercincin biru terang pada tubuhnya. Akan tetapi cincin biru ini hanya terlihat ketika hewan ini merasa terprovokasi atau dalam ancaman.

Ketika stres atau terprovokasi, tubuh cumi-cumi berubah warna jadi kuning cerah dan setidaknya menampilkan 50 sampai 60 cincin biru di permukaan tubuhnya.

Perubahan warna dan pola cincin-cincin biru ini adalah bentuk sinyal peringatan gurita itu kepada makhluk asing atau predator. Semacam sinyal "mundurlah" yang cukup jelas dan penting!

Racun Tetrodotoxin Cumi-cumi Cincin Biru

Hewan Paling Beracun Sepanjang Sejarah Ff0d6

Mengutip IFL Science, perubahan warna jadi contoh dari tampilan peringatan, teknik yang dipakai sejumlah hewan yang membuat predator tahu kalau ini bukan mangsa yang bisa mereka makan.

Predator yang nekat memangsa hewan-hewan semacam ini malah dapat celaka lantaran racun yang disuntikkan, racun tertelan, rasa busuk, hingga duri yang sulit ditelan dari hewan ini.

Dalam kasus ini, gurita cincin biru tidak main-main. Hewan itu benar-benar salah satu hewan paling berbahaya di Bumi.

Lantaran racun yang sangat berbahaya dari mereka dapat berakibat fatal ke penyerangnya atau tangan manusia yang cuma iseng ingin tahu.

Hewan Paling Berbahaya Di Indonesia 604a5

Racun gurita ini disebut tetrodotoxin dan racun saraf kuat yang dapat berakibat fatal. Gurita ini untungnya tidak agresif.

Jadi kalau kamu menghindari gurita ini dan memberinya ruang, kamu mungkin akan baik-baik saja. Namun, hal yang bikin berbahaya adalah ketika merasa terancam, gigitan gurita ini tak menimbulkan rasa sakit.

Jadi kamu mungkin tak sadar telah digigit hingga semuanya terlambat, seperti yang dijelaskan oleh ahli ekologi kelautan Erin Spencer di Ocean Conservancy.

Cara Kerja Neurotoksin Tetrodotoxin

Gambar Hewan Berbisa 5e88b

Neurotoxin, tetrodotoxin, bisa ditemukan juga pada ikan buntal. Racun ini digunakan oleh gurita untuk berburu mangsanya.

Setelah mereka mendapatkan mangsanya baik itu kepiting, udang, atau ikan, gigitan gurita harus menembus melalui kerangka luar mangsanya tersebut.

Setelah gigitannya meresap melewati lapisan pelindung itu, gurita akan melepaskan racunnya masuk dalam aliran darah hewan itu. Racun ini akan membuat mangsa mati rasa dan kemudian lumpuh.

Lalu apa yang akan terjadi apabila racun gurita cincin biru ini masuk ke dalam darah manusia?Pertama, racun itu ini memotong sinyal saraf dan mematikan otot kamu dan perlahan kamu akan mengalami kelumpuhan total.

Hewan Beracun Di Indonesia 63518

Bisa jadi si korban akan mengalami hilangnya penglihatan dan bahkan meluas menjadi kebutaan. Kemampuan motorik kamu terhambat, sebelum akhirnya menjadi tidak bisa lagi bergerak sama sekali. Kamu tak dapat mencium, menyentuh, merasakan, atau mendengar.

Selain itu, kamu tidak akan bisa menelan. Hingga, kelumpuhan otot perlahan membuat berhentinya jantung karena ototnya lumpuh.

Tanpa organ pemompa darah berfungsi, paru-paru kamu tidak akan menerima pasokan oksigen yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi organnya. Perlahan tapi pasti tubuh mulai kehilangan fungsinya dan akhirnya kematian tak dapat terhindarkan.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Fakta Lubang Neraka (Legendaris) yang Ditemukan Ilmuwan Rusia | Hoaks Atau Nyata?

Download Capcut Pro MOD APK v3.1.0 Terbaru 2021 | No Watermark & Premium Unlocked!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

Kumpulan Nama Grup WhatsApp Keren, Lucu, & Aesthetic | Anti Mati Gaya!

Bikin Kesalahan Fatal, 5 Pro Player Ini Dilarang Ikut Turnamen!

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal