5 Transplantasi Organ Paling Menarik di Dunia | Jempol Kaki Pindah ke Tangan!

Default

Tahukah kamu kapan transplantasi organ manusia pertama kali berhasil dilakukan pada zaman modern?

Operasi tersebut terjadi pada tahun 1905 dan merupakan transplantasi kornea, geng.

Sejak saat itu, para dokter dan ahli bedah telah melakukan banyak jenis transplantasi, termasuk transplantasi organ reproduksi dan anggota tubuh, yang selamanya mengubah kehidupan pasien mereka.

Adanya prosedur transplantasi ini memberi harapan pada orang-orang yang membutuhkannya sehingga jumlahnya terus meningkat.

Nah, dari banyaknya transplantasi organ di dunia, ada beberapa yang paling menarik, geng. Ini dia daftarnya!

1. Rantai Transplantasi Ginjal 60 Orang

Transplantasi Domino Ginjal 4e219

Operasi transplantasi yang unik ini melibatkan 30 pasien penerima ginjal dan 30 pendonor ginjal yang masih hidup dan terjadi pada Februari 2013, geng.

Rantai transplantasi yang disebut "transplantasi domino" tersebut dibangun atas dasar kepercayaan, karena setiap orang berjanji untuk menyumbangkan ginjalnya kepada orang lain yang membutuhkan jika orang terdekatnya mendapat donor lain.

Rentetan tersebut dimulai dengan Good Samaritan Rick Ruzzamenti, yang memutuskan untuk menyumbangkan ginjalnya kepada orang asing, tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Keponakan orang lain yang menerima ginjal Ruzzamenti awalnya ingin memberikan ginjalnya kepada pamannya, tetapi golongan darah mereka tidak cocok.

Jadi, sebagai imbalan atas hadiah pamannya, dia menyumbangkan ginjalnya kepada wanita lain yang membutuhkan organ tersebut - dan begitulah seterusnya.

Transplantasi domino yang disebut "Chain 124" ini adalah yang terpanjang dan selesai setelah 4 bulan lamanya, geng.

2. Transplantasi Wajah Paling Komprehensif

Transplantasi Wajah 1c945

Seorang pria 37 tahun beranama Richard Lee Norris dari Hillsville kehilangan bibir dan hidungnya dalam kecelakaan senjata pada tahun 1997.

Dokter di University of Maryland mencangkokkan tulang rahang atas dan bawah, gigi, sebagian lidah, dan jaringan wajah donor ke Norris melalui operasi yang berlangsung selama 36 jam.

Dalam seminggu setelah transplantasi, ahli bedahnya mengatakan Norris sudah dapat melakukan aktivitas seperti mencukur dan menyikat gigi, serta pulih lebih cepat dari yang diharapkan.

Prosedur transplantasi wajah mungkin sudah banyak dilakukan ke seluruh dunia, tetapi operasi yang dilakukan pada April 2013 tersebut juga melibatkan transplantasi gigi dan tulang yang jarang sekali dilakukan.

Operasi tersebut berhasil memulihkan seluruh fungsi dan bentuk wajah Norris sehingga ia tak perlu lagi mengenakan masker seperti yang selalu dilakukan sebelumnya.

3. Transplantasi Penis

Transplantasi Penis 99c10

Pada 2006, para ahli bedah di China "berhasil" melakukan transplantasi pertama kepada seorang pria berusia 44 tahun yang penisnya hanya tersisa kurang dari setengah inci alias 1,27 centimeter akibat kecelakaan.

Pria tersebut dilaporkan tidak bisa buang air kecil sendiri dan tidak bisa melakukan hubungan seksual.

Maka dari itu, dokter melakukan transplantasi penis menggunakan organ donasi seorang pria berusia 22 tahun yang mengalami mati otak, geng.

Awalnya, operasi tersebut dinyatakan berhasil dan pasien tersebut dapat buang air kecil secara normal selama 10 hari.

Namun, penis barunya itu ternyata memiliki bentuk bengkak sampai-sampai sang pasien dan istrinya mengalami tekanan psikologis yang parah karenanya.

Akhirnya, dokter memutuskan untuk mengangkatnya kembali setelah 15 hari. Duh, kasihan ya, geng.

4. Transplantasi 6 Organ Sekaligus

Transplantasi 6 Organ 0758a

Seorang anak berusia 5 tahun dari Maine, New England, Amerika Serikat bernama Alannah Shevenell divonis dokter menderita tumor perut yang masif pada tahun 2008.

Tumor tersebut menyebabkan sulur-sulur tumor membentang dari satu organ ke organ lainnya sehingga cara satu-satunya untuk menyelamatkan Alannah adalah dengan mengangkat tumor dan semua organ yang terkena sekaligus.

Prosedur tersebut sangatlah berisiko karena memiliki peluang 50 persen kegagalan, geng.

Akan tetapi, dokter tetap melangsungkan operasi setelah menemukan donor yang cocok untuk mentransplantasi lambung, hati, limpa, usus kecil, pankreas, dan esofagus ke tubuh Alannah.

Operasi itu menjadi operasi transplantasi pertama yang memindahkan 6 organ tubuh sekaligus kepada seorang anak di New England, bahkan mungkin di dunia.

Alannah Shevenell kemudian diperbolehkan pulang ke rumah setelah tiga bulan menjalani perawatan di rumah sakit, tetapi kekebalan tubuhnya sangat lemah sehingga ia harus tetap minum obat, mengatur pola makan ketat, dan menghindari berada di kerumunan.

5. Transplantasi Jempol Kaki ke Tangan

Transplantasi Ibu Jari C85e5

Ibu jari adalah jari yang sangat diperlukan untuk menggenggam objek dengan terampil, sementara jempol kaki 'hanya' berguna untuk keseimbangan.

Maka, tidak mengherankan bahwa orang-orang rela kehilangan jempol kakinya jika mereka dapat kembali mendapatkan jempol tangannya seperti yang dialami James Byrne, seorang pengrajin asal Irlandia.

Pada tahun 2012, Byrne tak sengaja memotong ibu jarinya saat bekerja sehingga ia akhirnya mendapatkan transplantasi ibu jari yang diambil dari jempol kakinya, geng.

Ia pun belajar untuk menumpukan berat badannya ke telapak kaki sepenuhnya tanpa harus bergantung kepada ibu jari kaki.

Byrne mengatakan 'jempol baru' yang dimilikinya itu terlihat seperti jempol dalam film kartun yang dipukul oleh palu, tetapi itu tak masalah karena sekarang ia dapat kembali bekerja dengan baik.

Akhir Kata

Melakukan transplantasi organ sama sekali nggak mudah dan berpotensi gagal, tetapi kasus-kasus di atas membuktikan operasi yang sangat rumit juga mungkin dilakukan, geng.

Meski nggak semuanya berhasil, ahli bedah terus menerus belajar agar nantinya prosedur transplantasi organ bisa dilakukan dengan aman dan berhasil.

Mana kasus yang menurutmu paling unik?

Baca juga artikel seputar Medis atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 01t101105 719 9b686
Catat, Ini 7 Waktu Tidur Ideal Sesuai Kelompok Usia | Tidur Sana, Kesehatanmu Loh~
Untitled Design 2021 03 19t154620 412 De1aa
Penduduk Dunia Jadi Susah Tidur Sejak Pandemi, Indonesia Kena Coronasomnia?
Untitled Design 2021 03 16t191325 635 Adf35
5 Kasus Medis yang Bikin Dokter Ikutan Bingung, Bahkan Sampai Pingsan Berjamaah!
Rekomendasi Game Bertemakan Medis A2e46
Rekomendasi 7 Game Bertemakan Medis Terbaik | Jadi Dokter Virtual!
Radiolog Picsay E8011
7 Teknologi yang Tercipta Dari Kesalahan Tapi Malah Jadi Berguna Banget
Robot Scifi Anime War Dj 35f13
5 Teknologi Canggih Anime yang Ternyata Sudah Ada di Dunia Nyata
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal