Nyeleneh Abis! Setelah Bumi Datar, Kini Ada Teori Bumi Donat

Default

Kamu pasti cukup familiar dengan teori bumi datar. Baru-baru ini, para penganut flat earth kembali bikin ulah.

Salah satunya ada yang mencetuskan teori baru mengenai bentuk bumi. Kali ini nyeleneh abis, geng. Orang tersebut bilang bahwa bumi sebenarnya tidaklah datar tapi memiliki bentuk seperti donat.

Mengutip Okezone, pada 2012 lalu seorang penganut paham bumi datar di forum Flat Earth Society dengan nama Varuag mencetuskan pendapatnya bahwa bumi sebenarnya tidak berbentuk bulat atau datar, melainkan seperti donat.

Seperti halnya donat, bumi dalam teori ini punya lubang di bagian tengahnya. Lubang ini disebabkan oleh adanya benturan keras dari benda-benda langit di luar angkasa ke badan planet.

"Saya punya teori bahwa bumi sebenarnya berbentuk seperti torus (bentuk donat). Namun, cahaya itu bergelombang sehingga kita tidak bisa membedakannya," jelas Varuag seperti melansir Indy100.

Lubang di tengah yang tak terlihat

Ia pun menyampaikan beberapa argumennya. Menurut Varuag, gelombang cahaya dipantulkan di atmosfer seperti juga gelombang radio.

Itu membuat cahaya bergerak naik turun seperti gelombang. Hal itu juga yang membuat lubang di tengah Bumi berbentuk donat ini jadi tak terlihat oleh manusia.

"Ketika kita melihat ke seberang, cahaya berkurang saat bergerak dan pada saat mencapai atmosfer, cahaya itu cukup berkurang untuk dipantulkan," terang Varuag.

"Cahaya kemudian akan mengenai sudut lain atmosfer dan seterusnya dan seterusnya, melengkung setiap saat. Ini memberi kesan bahwa Bumi itu datar (atau memiliki sedikit lengkungan)," sambung dia.

Teori Bumi Berbentuk Donat 21ea9

Disangsikan para ilmuwan

Walaupun terdengar begitu meyakinkan, tapi tentu saja banyak orang yang merasa skeptis dengan teori dari Varaug ini. Beberapa bahkan langsung menunjukkan kelemahan teori Bumi donat dari Varuag ini.

Di antaranya adalah kenapa tidak ada planet lain di Tata Surya yang memiliki bentuk donat.

Seorang ahli astrofisika bernama Dr. Tabetha Boyajian juga ikut berkomentar. Menurutnya, teori ini belum bisa dianggap benar.

Pasalnya, jika Bumi berbentuk donat maka tidak akan memiliki malam dan siang. Bumi tersebut juga tidak akan memiliki matahari terbit dan terbenam seperti yang kita kenal terjadi pada Bumi bulat yang berotasi 24 jam.

"(Sinar) Matahari juga akan mengenai planet lebih tidak merata daripada yang kita lihat di Bumi, yang berarti musim akan sangat bervariasi tergantung pada sudut donat dalam kaitannya dengan matahari," tutur Boyajian seperti dikutip dari Vice, Jumat (13/8/2021).

Selain itu, angin juga akan sangat kuat. Hal itu membuat cuaca jadi begitu ekstrem di Bumi torus, dan membuat kehidupan jadi begitu sulit.

Hal serupa juga diungkapkan oleh profesor dari Oxford bernama Anders Sandberg. Mengutip Hai Online, Sandberg mengatakan bahwa akan ada banyak perbedaan yang terjadi di planet tempat kita tinggal jika Bumi benar berbentuk seperti donat.

Salah satunya, gravitasi akan lebih lemah pada bagian luar dan dalam garis ekuator. Sementara gravitasi di bagian dekat kutub akan jauh lebih kuat.

"Kemudian peluncuran roket lebih mudah di titik-titik tertentu, wilayah di sekitar lubang akan mengalami musim ganda (musim dingin 2 kali setahun), awan berada 3 kali lebih tinggi dan angin akan lebih kencang," papar Sandberg.

BACA JUGA

5 Hewan yang Punah Akibat Kejadian Konyol | Bikin Nggak Habis Pikir!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Anak Kos Pasti Sejahtera!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Heboh Penampakan Benda Asing di Bandung | UFO atau Penampakan Dewata?

ARTIKEL TERKAIT
Header 16 97528
10 Meme Ini Bakal Bikin Kaum Bumi Datar Malu, Skakmat dan Tobat!
Page2 D208f
3 Upaya Kaum Bumi Datar untuk Buktikan Argumen Mereka, Semua Gagal!
Film Bumi Datar Aac86
5 Film Tentang Bumi Datar, Penuh Konspirasi Konyol & Ngaco!
Hal Yang Terjadi Jika Bumi Datar 0c504
5 Hal Mengerikan yang Terjadi Jika Bumi Datar | Gravitasi Hilang?
Artis Yang Percaya Teori Bumi Datar 7050b
7 Artis yang Percaya Teori Bumi Datar | Menolak Fakta Sains!
Pjimage 22 A774b
Kecepatan Rotasi Bumi Lebihi Pesawat Jet, Kenapa Kita Tidak Merasakannya?
Tags Terkait: earthbumi
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal