J

• Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name

Viral Penemuan Tengkorak Mirip Alien | Ternyata Ini Faktanya!

Selasa, 25 Mei 2021, 12:30 WIB
Tengkorak mirip alien jadi viral setelah ditemukan di negara Peru. Apakah benar ini milik alien? Simak selengkapnya!

Melalui sebuah unggahan yang viral di media sosial Facebook, diklaim telah ditemukan sebuah tengkorak yang tampak aneh di Peru yang disebut merupakan bukti pernah adanya kehidupan alien.

Namun, apakah benar itu adalah tengkorak makhluk dari luar Bumi? Bagi yang berharap itu merupakan bukti kehidupan alien, sayangnya kalian harus merasa kecewa.

Ilmuwan sudah memastikan tengkorak itu hampir pasti berasal dari spesies manusia biasa.

"Rongga mata normal dan sempurna dalam kisaran variasi manusia dan terlihat seperti rongga mata tengkorak manusia lain dari Peru," kata profesor antropologi dari University of Wyoming Melissa Murphy, dikutip dari Futurism.

Tengkorak yang ditemukan ini memang tampak tak biasa. Pada sebuah video YouTube yang dibagikan dalam unggahan Facebook yang viral itu menunjukkan beragam tengkorak dengan bentuk tulang ubun-ubun memanjang.

Sehingga lantas saja bentuk tengkorak itu mengingatkan kita dengan wujud alien pada penggambaran budaya pop sekarang.

Murphy menyebut orang-orang kuno di wilayah yang kini bernama Peru itu memiliki sejarah panjang memakai teknik ikat kepala.

Budaya ini yang membentuk tengkorak manusia jadi bentuk yang tidak biasa alias panjang seperti alien yang kita ketahui.

"Pembentukan kepala yang disengaja adalah bentuk modifikasi budaya tubuh yang menandai hal-hal berbeda, seperti identitas seseorang, ritus perjalanan, atau pekerjaan," tuturnya.

Walau begitu, bukan berarti kalau temuan tengkorak ini tidak penting lagi. Para ilmuwan dan arkeolog justru terus melanjutkan untuk mempelajari tengkorak tersebut.

Sekarang, tengkorak yang serupa alien itu tengah disimpan di dalam National Museum of Archaeology, Anthropology and History of Peru yang berada di Lima, Peru.

Penemuan Fosil Berusia Miliaran Tahun

Penemuan Fosil Meganthropus E1c7b

Baru-baru ini juga, kelompok ilmuwan menemukan salah satu mata rantai yang hilang pada evolusi hewan lepas ketika menemukan fosil tertua sejagat di Dataran Tinggi Skotlandia.

Fosil organisme berusia satu miliar tahun yang punya dua tipe sel berbeda ini dinilai menjadi hewan multisel paling awal yang pernah tercatat.

Fosil tersebut ditemukan oleh tim ilmuwan yang dipimpin oleh University of Sheffield dan Boston College di AS.

Temuan tersebut menunjukkan kalau evolusi hewan dimulai kira-kira satu miliar tahun yang lalu dan lebih mungkin terjadi dalam danau air tawar dibandingkan dalam lautan.

Fosil itu kemudian resmi diberi nama Bicellum brasieri. Hasil penelitian pada fosil ini sudah dilaporkan pada makalah yang belakangan dirilis dalam jurnal Current Biology.

Profesor Charles Wellman dari Departemen Ilmu Hewan dan Tumbuhan di University of Sheffield, yang juga salah satu peneliti utama pada penelitian itu, menerangkan pentingnya penemuan tersebut.

"Asal mula multiseluleritas kompleks dan asal mula hewan dianggap sebagai dua peristiwa terpenting dalam sejarah kehidupan di bumi. Penemuan kami memberikan cahaya baru pada keduanya," tutur Wellman dilansir dari iNews.co.uk.