7 Teknologi Canggih Depan yang Paling Berbahaya, Bisa Menyerang Tanpa Terdeteksi!

Default

Teknologi kini berkembang dengan sangat cepat, sampai-sampai inovasi dianggap lebih mengerikan daripada mengagumkan. Apalagi, media sering banget memberitakan mengenai teknologi canggih yang digunakan untuk hal jahat.

Meskipun perkembangan teknologi adalah hal yang harus diapresiasi, namun kita juga harus waspada dengan bagaimana teknologi tersebut digunakan.

Kira-kira teknologi canggih masa kini apa saja sih yang berpotensi menimbulkan bahaya bagi manusia? Yuk, kita simak ulasannya di sini!

1. Smart House

1 089e4

Siapa sih yang gak pengen punya rumah seperti Tony Stark yang bisa melayani semua kebutuhan hanya dengan perintah suara? Dengan teknologi smart home masa kini, rumah biasa pun sudah bisa terintegrasi dengan Google, Apple, maupun Amazon.

Meskipun begitu, semua peralatan rumah tangga yang terhubung dengan internet ternyata bisa digunakan untuk memata-matai kamu, lho.

Peralatan tersebut dapat mengumpulkan informasi pribadimu dan menjualnya kepada pengiklan tanpa kamu ketahui. Contoh simpelnya adalah microphone yang terdapat pada Smart TV.

Microphone tersebut dapat merekam pembicaraanmu meskipun kamu sedang tidak menonton TV. Ngeri banget, kan? Lebih serem lagi kalau smarthome kamu di-hack dan akhirnya video-video kamu tersebar di internet.

2. Mobil Autopilot

Perusahaan Tesla milik Elon Musk menjadi salah satu inovator mobil canggih yang dilengkapi dengan fitur autopilot. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengendarai mobil tanpa perlu menyetir.

Makin banyaknya mobil yang terhubung dengan internet dan Bluetooth sebenarnya malah bikin mobil menjadi lebih berbahaya. Apalagi, hacker saat ini tengah mempelajari bagaimana cara nge-hack mobil.

Hal ini memungkinkan hacker untuk mengendalikan mobil lalu menabrakannya dengan sengaja. Membunuh orang seperti di film agen rahasia tanpa ketahuan seperti di film agen rahasia pun bukan lagi hal yang mustahil.

3. Drone

Gak cuma buat foto-foto saja, saat ini drone sudah digunakan untuk bermacam-macam hal. Mulai dari mengirim paket, hingga berperang seperti yang dilakukan militer Amerika Serikat.

Yup, drone kini dapat digunakan untuk memantau musuh hingga membom lokasi tertentu dari jarak jauh menggunakan remote control seperti mainan.

Meskipun keren, namun bila teknologi ini jatuh ke tangan yang salah, bisa-bisa orang sipil tak bersalah jadi korban. Teroris bakal lebih mudah untuk melancarkan aksinya.

4. Ransomware

Beberapa tahun lalu, kita dihebohkan oleh serangan siber yang menggunakan tools bernama Ransomware. Ransomware sendiri merupakan virus yang mampu "menyandera" data milik korban dan meminta tebusan apabila ingin datanya dikembalikan.

Virus ini kadang menyamar lewat email dari perusahaan terkenal, seperti FedEX maupun provider internet. Ketika link dibuka, maka virus ransomware akan langsung mengunci data-data korban.

Virus ransomware yang bernama WannaCry ini adalah dalang di balik peretasan National Health Service Inggris yang menyebabkan national emergency pada 2017 lalu.

Virus ini mengunci semua data penting dari semua komputer di rumah sakit yang ada di Inggris. Bayangkan, betapa kacaunya kondisi saat itu, geng.

5. Rudal Nuklir

Rudal nuklir merupakan salah satu senjata paling mengerikan yang pernah ada di muka bumi. Senjata ini dapat memusnahkan ribuan hingga jutaan manusia hanya dalam beberapa menit saja.

Kabarnya, Rusia kini sedang mengembangkan torpedo nuklir dengan daya ledak paling hebat dalam sejarah. Rudal yang ditembakkan dari kapal selam ini mampu menghancurkan seluruh kota di pesisir pantai dalam sekejap.

Menurut media Amerika Serikat, rudal ini bahkan tidak bisa terdeteksi oleh radar. Wah, semoga aja deh rudal kiamat milik Rusia ini cuma gosip atau propaganda aja, geng.

6. Bot di Media Sosial

Membuka media sosial kini menjadi ritual bagi orang di seluruh dunia. Namun, tahukah kamu bahwa waktu yang kita habiskan untuk online mungkin sangat memengaruhi wacana sosial dan politik kita?

Propaganda online kini dapat kamu temukan dengan sangat mudah. Salah satu alat paling umum yang digunakan untuk mengubah persepsi publik secara online adalah bot, yakni program sederhana yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas dasar.

Bot sering memposting ulang informasi tertentu dan membagikannya kepada audiens target, dengan tujuan untuk mempengaruhi opini publik.

Bukan hal yang aneh jika bot, terutama di negara seperti Rusia di mana propaganda adalah hal yang umum, untuk menyebarkan cerita palsu, dan informasi jahat lainnya untuk memanipulasi warga.

7. Facial Recognition

Sistem pengenalan wajah Amazon, Rekognition, diperkenalkan pada akhir tahun 2016. Layanan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi wajah dan berbagai item dalam gambar.

Tak lama setelah dimulai, Amazon mulai menawarkan layanan ini ke organisasi penegak hukum sebagai sarana untuk membantu penyelidikan kriminal.

Teknologi ini mampu mengenali wajah buronan dan kemudian menangkapnya. Namun publik melihatnya sebagai senjata potensial yang dapat digunakan untuk menyampaikan pengawasan massal pada publik yang tidak menaruh curiga.

American Civil Liberties Union meminta Amazon untuk berhenti menyediakan perangkat lunak tersebut kepada penegak hukum, karena yakin Amazon dapat dengan mudah membangun sistem untuk mengotomatiskan identifikasi dan pelacakan siapa pun.

8. Senjata Nanobot

Senjata ini merupakan suatu pistol yang bisa ditembakan ke manusia tanpa terdeteksi dan hasilnya sangat merusak sekali karena Nanobot yang masuk ke dalam tubuh manusia akan merusak secara cepat sel - sel pada tubuh manusia tersebut dan akan membunuh dalam hitungan menit saja. Senjata Nanobot merupakan teknologi masa depan yang paling memiliki dampak negatif untuk dunia.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai teknologi canggih masa kini yang paling mengerikan. Selain menginvasi privasi, teknologi di atas juga dapat digunakan untuk membunuh orang, geng.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Lebih Tinggi dari Suaminya | Kelewat Semampai!

Daftar dan Cara Menukar Kode Redeem FF Terbaru April 2021 | 100% Works!

5 Laut yang Paling Berbahaya di Dunia | Iklimnya Gak Ketebak!

10 Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik 2021, Ringan & Banyak Fitur!

Fosil Berusia 1 Miliar Tahun Ditemukan | Nenek Moyang Makhuk Hidup?

ARTIKEL TERKAIT
Teknologi Perang Indonesia Banner 1b712
10 Teknologi Perang Paling Canggih Milik Indonesia, Tidak Selemah yang Prabowo Sebutkan!
Teknologi Perang Rahasia Amerika Serikat Banner D20f6
10 Teknologi Perang Rahasia Milik Amerika Serikat, Ada Senjata Pemusnah Massal?
Teknologi Perang China Banner 9358b
10 Teknologi Perang Tercanggih Milik China, Buat Nyerang Amerika Serikat?
Alpha Dog 1 D88fe
5 Teknologi Perang Paling Aneh yang Pernah Ada
Teknologi Militer Terkuat Israel A5702
7 Teknologi Perang Militer Israel Terkuat | Bisa Cegat Rudal di Luar Atmosfer Bumi!
Header 10 Fc849
10 Teknologi Canggih di Film yang Menjadi Kenyataan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal