7 Tanaman Purba yang Masih Hidup Hingga Kini | Ada yang di Indonesia!

Default

Evolusi makhluk hidup terus berjalan hingga kini, termasuk berbagai flora dan fauna yang tersebar di seluruh dunia.

Tak hanya hewan-hewan purba yang masih ada di muka Bumi, ternyata masih banyak pula tanaman-tanaman yang berhasil bertahan hidup sejak ratusan, ribuan, bahkan jutaan tahun yang lalu.

Tanaman-tanaman ini berhasil mengalahkan dinosaurus yang berakhir punah karena berbagai faktor. Bahkan beberapa di antaranya tumbuh di Indonesia, lho.

Berikut ini Jaka rangkum tujuh tanaman purba yang masih ada hingga kini, dikutip dari Eden Project. Simak hingga selesai, ya!

1. Pakis Tanduk Rusa (Platycerium bifurcatum)

Pakis Tanduk Rusa 917b0
Sumber foto: Eden Project

Pakis atau dikenal sebagai tanaman paku memiliki sistem pembuluh sejati (tracheophyta), tetapi tak pernah menghasilkan biji untuk reproduksinya.

Tanaman ini malah menempelkan diri kepada batu besar atau pohon besar. Kemudian membuat tanah sendiri ketika dedaunan tua mati.

Tanaman yang telah menghuni bumi sejak 360 tahun lalu ini tersebar di seluruh bumi, kecuali daerah bersalju dan lautan. Hebatnya lagi, pakis justru cenderung tumbuh di tempat yang tidak subur bagi pertanian.

Dengan total spesies yang diketahui sekitar 12.000, sekitar 1.300-3.000 turut hidup di wilayah Malesia yang membentang dari zona ekologi Indomalaya sampai Australasia, termasuk pakis tanduk rusa di Indonesia.

2. Lada Hitam (Piper nigrum)

Lada Hitam 3407a

Sumber foto: Eden Project

Bagi yang suka memasak, pasti pernah menggunakan lada hitam di dalam masakannya. Namun, tahukah kamu bahwa lada hitam ternyata sudah menghuni bumi ini sejak zaman kapur, yaitu 145-100 juta tahun yang lalu?

Fosil dari leluhur pertama keluarga lada ditemukan di Kolombia. Setelah punahnya dinosaurus, berbagai spesies lada ditemukan tumbuh dan berkembang di hutan hujan Amazon.

3. Protea (Protea cynaroides)

Protea 3380c

Sumber foto: Eden Project

Biasa disebut dengan semak gula, bunga purba ini telah menghuni bumi tercinta sejak 65 juta tahun lalu, tepatnya di Afrika Selatan yang kala itu masih merupakan hutan tropis.

Tak hanya di Afrika Selatan, keluarganya (proteaceae) juga dapat ditemukan di berbagai wilayah lain, seperti Amerika Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Warga Afrika Selatan mempercayai bahwa bunga ini mewakili harapan dan perubahan.

4. Pinus Wollemi (Wollemia nobilis)

Pinus Wollemi Bab45

Sumber foto: Eden Project

Tumbuhan dari marga Wollemia ini awalnya dikira sudah punah. Fosilnya menunjukkan bahwa ia hidup pada masa Jurassic, bersamaan dengan stegosaurus dan iguanodon, yaitu sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Pada tahun 1994, seorang pemanjat tebing dan penjelajah hutan bernama David Noble melihat tanaman yang tak pernah dilihat di daerah terpencil dalam hutan hujan beriklim sedang di New South Wales, Australia.

Tanaman itu diidentifikasi sebagai wollemia nobilis alias pinus wollemi, yang berarti wollemia ternyata tidak punah.

5. Ginkgo (Ginkgo biloba)

Ginkgo Biloba 95d37

Sumber foto: Eden Project

Sering disebut sebagai fosil hidup, tanaman berbiji terbuka ini hampir punah ketika ditemukan. Namun untungnya pihak Taman Biara Tiongkok memeliharanya dengan baik. Jadi, tanaman cantik ini masih hidup di bumi sampai sekarang.

Fosil leluhurnya sendiri berasal dari 270 juta tahun yang lalu, satu masa dengan trilobite yang masih hidup kala itu.

Di zaman sekarang, ginkgo diketahui hanya tumbuh liar di Tiongkok, namun ia mulai dibudidayakan di berbagai tempat beriklim sedang lainnya sebagai pohon di pekarangan.

Biji dari ginkgo bisa dimakan dan diolah untuk menjadi obat. Sejumlah produk suplemen mengandung ekstrak bijinya yang diyakini sanggup mempertahankan daya ingat dan melancarkan aliran darah perifer.

6. Sagu Sikas (Cycas revoluta)

Sagu Sikas 937fc

Sumber foto: Eden Project

Leluhur dari pohon ini sudah menghuni bumi sejak kurang lebih 270 juta tahun yang lalu, jauh sebelum dinosaurus ada. Meskipun intinya mengandung pati yang bisa dimakan dan diolah untuk menjadi sagu, namun tanaman ini beracun.

Sebelum digunakan, pati harus dicuci dengan sangat benar dan hati-hati agar racun yang terkandung di dalam empulurnya keluar.

Ekstraksi pati yang bisa dimakan dari sikas sagu pun membutuhkan perawatan khusus karena sifatnya yang beracun tersebut.

Biji sikas tidak boleh dikonsumsi karena mengandung toksin sikasin yang sangat kuat, hingga mampu bertahan dari pencucian berulang paling kuat sekalipun.

Racun tersebut dapat dapat menyebabkan ALS, kanker prostat, parkinson, dan karsinoma hepatoseluler fibrolamellar. Sangat berbahaya, bukan?

7. Dutchman's Pipe (Aristolochia gigantea)

Tanaman Purba 60289
Sumber foto: Eden Project

Meskipun namanya Dutchman s Pipe, namun tanaman ini ternyata berasal dari wilayah Brazil. Sejak 142-65 juta tahun yang lalu, tanaman dengan daun bergerigi dan bunga besar yang terkulai ini telah hidup berdampingan dengan dinosaurus.

Bunganya mengeluarkan aroma yang memikat lalat, kemudian membuatnya terperangkap dan tertutup di dalam serbuk sarinya.

Meskipun pernah digunakan sebagai obat di Brazil, bunga ini kini dikenal beracun, sehingga sekarang hanya digunakan sebagai tanaman hias.

Akhir Kata

Itulah 7 tanaman purba yang masih ada di muka bumi hingga kini. Mana nih, yang menurut kamu paling unik?

Apakah kamu tertarik untuk menanamnya? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

BACA JUGA

Daftar Korban Keganasan Netizen Indonesia 2021 | Dayana Hingga All England!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.6.4 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Artis Indonesia yang Nikah Sama Pemuka Agama | Adem Ayem Dunia-Akhirat

Download KineMaster Diamond APK v4.14.4 Tanpa Watermark, Gratis!

Bikin Shock! Selebtwit Cantik Asal Jepang Ini Ternyata Om-om 50 Tahun

ARTIKEL TERKAIT
Header 19 06ed7
10 Teknologi Canggih Misterius yang Sudah Ada Sejak Zaman Purba. Ada UFO?
Hewan Zaman Purba 1256e
5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!
Penemuan Fosil Cumi Cumi Purba 9f18e
Fosil Cumi-cumi Vampir Ditemukan di Hongaria | Predator Purba Buas?
246fed6d0cf2959a4012903dd00928ef
Mata Kamu Minus? Tanaman Ajaib Ini Bisa Tajamkan Penglihatan Dengan Cepat!
Dino
5 Game Android Bertema Dinosaurus Ini Bikin Kangen Makhluk Prasejarah
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal