Astronom Sebut Planet Super-Earth Bakal Lebih Layak Dihuni Daripada Bumi

Perlu untuk kamu ketahui kalau para astronom sudah menemukan banyak planet yang berpotensi untuk layak huni yang berada di luar tata surya milik kita.

Jadi kalau berbicara apakah ada planet lain yang bisa dihuni manusia, jawabannya ada. Bahkan ada juga kemungkinan kalau kita bisa menemukan kehidupan alien di luar sana.

Namun, kalau berbicara apakah manusia bisa hidup dan tinggal di luar Bumi, jawabannya, nanti dulu. Dari sekian banyaknya pilihan planet yang bisa dihuni, bagaimana cara memilih yang terbaik untuk ditinggali?

Kalau kamu berpikir bahwa planet paling mirip dengan Bumi adalah pilihan terbaik, menurut para peneliti, ada planet yang jauh lebih besar dan lebih baik di luar sana.

Keberadaan Super-Earth di Galaksi

Planet Bumi Ec475

Planet ini yang disebut oleh para astronom sebagai Super-Earth atau Super-Bumi. Sebenarnya di Galaksi Bima Sakti sudah didapati beberapa Super-Earth.

Bahkan sejak tahun 2009, Teleskop Luar Angkasa sudah menemukan setidaknya 4.000 exoplanet di luar sana, sekitar 30% di antaranya adalah Super-Earth.

Selain itu beberapa persen dari Super-Earth ini mengorbit di dalam zona layak huni dengan bintang induknya. Menarik bukan?

Zona layak huni ini disebut sebagai zona Goldilocks di mana permukaan planet tersebut mempunyai suhu yang tepat untuk air yang cair, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Ada kemungkinan kalau beberapa dari Super-Earth ini bukanlah dunia berbatu seperti Bumi. Kemungkinan bisa terbuat dari sebagian besar gas hidrogen dan helium mirip Jupiter dan Saturnus yang tidak akan ramah untuk kehidupan.

Namun kenyataannya, para astronom masih mengumpulkan detail seiring dengan semakin banyaknya data yang masuk. Jadi, sementara itu, kita perlu mencermati seperti apa kehidupan di Super-Earth yang berbatu dan layak huni.

Untung-Rugi Hidup di Super-Earth

Bumi Adalah 433f4

Air cair baru permulaannya saja, sebuah Super-Earth bisa hampir dua kali lipat diameter Bumi dan hingga 10 kali lebih besar.

Menurut para peneliti hal itu benar-benar dapat menjadikan Super-Earth sebagai rumah yang sempurna. Pasalnya, planet yang lebih masif mempunyai tarikan gravitasi yang lebih kuat.

Super-Earth Kepler 20b, misalnya, berukuran hampir dua kali lipat ukuran Bumi dan 10 kali lebih masif. Gravitasi permukaannya pun hampir 3 kali lebih kuat.

Gravitasi yang lebih kuat berarti planet ini dapat menahan lebih banyak molekul udara yang membentuk atmosfer jadi lebih tebal.

Artinya, itu sangat bagus untuk perlindungan terhadap radiasi ruang angkasa yang berbahaya. Ini juga berarti gunung dan bukit akan terkikis lebih cepat menjadikan permukaan yang relatif lebih datar apabila dibandingkan dengan Bumi.

Kalau permukaan yang datar terdengar membosankan buat kamu, tetapi para ilmuwan berpikir ini benar-benar dapat melahirkan lusinan dataran rendah di planet ini.

Pada gilirannya, Super-Earth bisa menjadi tempat yang sempurna bagi kehidupan untuk terbentuk dan berkembang.

"Sama seperti keanekaragaman hayati di lautan Bumi yang paling kaya di perairan dangkal dekat garis pantai, 'dunia kepulauan' seperti itu mungkin sangat menguntungkan bagi kehidupan," seperti isi penjelasan dari video dalam Business Insider.

Hanya ada satu masalah, meninggalkan surga tropis ini akan teramat sulit. Kecepatan lepas landas di Kepler 20b akan seberat dua kali lipat dibandingkan dengan Bumi.

Artinya roket akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk mencapai tujuan mereka. Misalnya, misi yang mirip dengan pendaratan Apollo di bulan akan membutuhkan dua kali jumlah bahan bakar atau roket hanya bisa membawa sebagian kecil muatan.

Contohnya saja, kalau Falcon Heavy milik SpaceX bisa meluncurkan 50.000 kilogram muatan ke orbit Bumi. Sedangkan, di Super-Earth seperti Kepler 20b roket ini hanya bisa meluncurkan 40 kilogram ke orbit.

Bisa dikatakan, meninggalkan Super-Earth akan jadi tantangan yang jauh lebih besar. Namun, apakah ide untuk meninggalkan Bumi demi menuju planet baru yang lebih baik bisa jadi solusi permasalahan manusia?

Baca juga artikel seputar Luar Angkasa atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.