5 Startup Unicorn Terbesar di Indonesia, Siapa Nomor Satu?

Default

Buat kamu yang sudah menonton serial Drama Korea Start-Up (2020), pastilah familiar dengan konsep perusahaan rintisan.

Bahkan bisa jadi, kamu yang membaca artikel Jaka ini sedang bekerja di salah satu startup Indonesia. Ya kan?

Berdasarkan laporan Startup Ranking 2020, ada 2.195 startup yang berdiri di Indonesia. Kerennya, beberapa di antaranya sudah berhasil mendapat predikat "unicorn" dan bahkan "decacorn".

Sebagai informasi, sebuah startup berhasil meraih status "unicorn" jika memiliki valuasi lebih dari 1 miliar USD atau setara Rp 15 Triliun. Jika sudah berhasil memiliki valuasi lebih dari 10 miliar USD, statusnya akan naik jadi "decacorn".

Nah, di bawah ini Jaka berhasil mengumpulkan daftar startup unicorn terbesar di Indonesia, di mana salah satunya berhasil meraih predikat decacorn. Penasaran? Berikut ulasannya!

5. Bukalapak (2,5 Miliar Dolar AS)

Startup Unicorn Indonesia 5 5f473

Bukalapak menjadi salah satu e-commerce terfavorit di Indonesia. Biarpun popularitasnya sudah tidak sebesar dulu, namun Bukalapak masih konsisten dalam memberikan fitur-fitur terbaiknya.

Bukapalak didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010. Awalnya, situs e-commerce ini hanyalah toko daring yang memfasilitasi pelaku UMKM menjual barang dagangannya di dunia maya.

Kini, Bukalapak berhasil mencatatkan valuasi sebesar 2,5 miliar USD. Selain itu, Bukalapak sudah memiliki lebih dari 4,5 juta pedagang online loh!

4. OVO (2,9 Miliar Dolar AS)

Startup Unicorn Indonesia 4 55144

Siapa sih yang nggak kenal dengan OVO? Sebagai salah satu layanan keuangan digital asal Indonesia, OVO punya andil besar dalam mempelopori transaksi cashless.

Didirikan secara resmi oleh Lippo Group pada tahun 2017, aplikasi dompet digital ini awalnya hanya digunakan untuk melayani transaksi perusahaan internal.

Namun seiring berjalannya waktu, OVO mulai merambah ke ranah masyarakat dan membuat tren pembayaran cashless meningkat drastis. Bahkan kamu bisa dapet aneka fitur keren jika upgrade akun OVO ke premium.

Kini, OVO makin memantapkan langkahnya di Indonesia, apalagi setelah berhasil mengumpulkan Total valuasi OVO pada tahun 2020 mencapai 2,9 miliar USD.

3. Traveloka (3 Miliar Dolar AS)

Startup Unicorn Indonesia 3 13abd

Menjadi satu-satunya aplikasi perjalanan wisata dan akomodasi yang mendapat status unicorn di tahun 2020 merupakan berkah tersendiri bagi Traveloka.

Apalagi jika kamu ingat, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 menghancurkan hampir semua sektor pariwisata dan akomodasi.

Beruntungnya, startup yang didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang ini berhasil mencatatkan nilai valuasi sebesar 3 miliar USD di tahun 2020.

Bahkan kini, Traveloka semakin menunjukkan taringnya di antara aplikasi pemesanan tiket pesawat dan transportasi lainnya di Indonesia.

2. Tokopedia (7 Miliar Dolar AS)

Startup Unicorn Indonesia 2 4b7fb

Sejak didirikan pada 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, Tokopedia telah bertransformasi menjadi toko daring yang paling banyak dikunjungi, nggak hanya di Indonesia, tapi juga Asia Tenggara!

Tercatat pada tahun 2020, nilai valuasi Tokopedia mencapai 7 miliar USD. Hal tersebut bisa terjadi karena daya beli masyarakat secara online yang meningkat selama pandemi Covid-19.

Nggak heran jika Tokopedia kerap mengundang banyak sekali artis dan penyanyi internasional, mulai dari BTS hingga Blackpink. Bahkan, Tokopedia mengangkat BTS sebagai brand ambassador mereka, loh!

1. Gojek (10 Miliar Dolar AS)

Startup Unicorn Indonesia 1 Ba462

Seperti yang sudah kita duga, peringkat pertama startup tersukses di Indonesia jatuh pada Gojek. Nggak main-main, total valuasinya di tahun 2020 mencapai 10 miliar dolar AS.

Pencapaian ini menjadikan Gojek sebagai startup penyedia layanan transportasi online pertama sepanjang sejarah Indonesia yang berhasil mendapat status "decacorn".

Kini, startup yang didirikan tahun 2010 oleh Nadiem Makarim ini makin merambah layanannya di berbagai sektor. Kamu pun bahkan bisa mendaftar secara online, loh!

Akhir Kata

Itulah tadi daftar startup unicorn terbesar di Indonesia. Tertarik buat bergabung bersama mereka?

Saat ini Indonesia memiliki banyak startup yang bergerak di berbagai bidang. Mungkin saja ke depannya akan ada lebih banyak startup unicorn dan decacorn di Tanah Air.

Baca juga artikel seputar Startup atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

ARTIKEL TERKAIT
Banner Jadi 20bf8
5 Startup Terkenal yang Sedang Diambang Kebangkrutan, Habis Modal?
Banner D09d1
7 Startup Besar yang Masih Bakar Duit, Bisa Cuan Gak Ya?
7 Perusahaan Startup Teknologi Terbaik Di Timur Tengah Gak Kalah Sama As 52e4b
7 Perusahaan Startup Teknologi Terbaik di Timur Tengah, Gak Kalah Sama AS!
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang Iphone Ini Alasannya Banner 0055f
Bill Gates Lebih Suka Android Ketimbang iPhone, Selamat Datang di Tim Android!
Perusahaan Teknologi Yang Menjiplak Pesaingnya Banner 52718
7 Perusahaan Teknologi yang Terang-terangan Menjiplak Pesaingnya, Gak Kreatif!
Penemuan Penting Ilmuwan Indonesia Yang Diakui Dunia Banner 0b00b
5 Penemuan Penting Ilmuwan Indonesia yang Diakui Dunia, Canggih Semua!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal