Ngeri! Ribuan Tulang Belulang Ditemukan Dalam Gua Kuno di Arab Saudi | Ada Tengkorak Manusia Juga

Default

Apa yang akan kamu lakukan ketika tak sengaja menemukan tumpukan tulang belulang hewan dan manusia di suatu tempat? Baru dibayangkan saja, rasanya sudah menyeramkan.

Namun, tempat seperti itu ternyata memang benar adanya. Sebab belakangan ini, ditemukan sebuah gua bawah tanah yang menyimpan ribuan tulang hewan dan manusia.

Tenang, gua yang dimaksud tidak berada di Indonesia geng, melainkan berlokasi di barat daya Arab Saudi. Ribuan tulang tersebut ditemukan menumpuk di dalam gua kuno bernama Umm Jirsan.

Umm Jirsan sendiri merupakan bagian dari terowongan tabung lava yang memiki panjang 1,5 kilometer. Terowongan ini membentuk gua yang terletak di bawah ladang lava bernama Harrat Kayba.

Di gua bawah tanah tersebut, para peneliti menemukan berbagai macam tulang hewan seperti sapi, kuda, unta, dan hewan pengerat.

Bahkan, yang lebih menyeramkannya lagi, mereka juga menemukan tiga buah tengkorak manusia di dalam gua tersebut.

Seorang peneliti bernama Dr Mathew Stewart, mengunggah beberapa foto di akun Twitter-nya yang menunjukkan tumpukan tulang belulang di dalam sebuah gua.

Dia memperkirakan bahwa tulang belulang misterius itu sudah berusia lebih dari 7.000 tahun.

"Tabung lava ini penuh dengan tumpukan ribuan tulang belulang hewan yang terawetkan dengan sempurna," tulis peneliti dari Institut Max Planck Jerman itu, dikutip dari DailyStar, Kamis (19/08/2021).

Lantas, mengapa di sebuah gua bisa terdapat tumpukan tulang belulang seperti itu? Ternyata, para peneliti memiliki pendapatnya sendiri.

Menurut peneliti, ratusan ribu tulang itu sepertinya telah dikumpulkan selama ribuan tahun oleh hyena belang. Hyena tersebut kemungkinan menjadikan gua Umm Jirsan sebagai sarang.

Sementara tabung lava sendiri pertama kali ditemukan pada 2007 lalu. Namun pada saat itu, para peneliti tidak berani masuk setelah mendengar suara menggeram dari dalam gua.

Hingga pada akhirnya, seorang ilmuwan dari Saudi Geological Survey, King Saud University dan Institut Max Planck Jerman coba memberanikan diri untuk memasuki gua.

Ketika itulah, dalam satu bagian gua yang dijuluki Sarang Serigala, tim menemukan 1.917 tulang dan gigi. Beberapa di antaranya diyakini berusia hamir 7.000 tahun.

Simple Planjpg 20210803064332 6e215

Lebih lanjut, dalam sebuah laporan yang salah satu penulisnya adalah Stewart, disebutkan bahwa ada bekas gigitan pada tulang belulang yang ditemukan tersebut.

"Sekitar 42% tulang terindikasi adanya aktivitas binatang karnivora, meliputi bekas gigitan, cakaran, dan jilatan," bunyi laporan tersebut.

Menurut Stewart, hyena adalah hewan yang senang mengumpulkan tulang. Mereka biasa membawa hasil buruannya ke sarang untuk dimakan serta diberikan kepada anak-anaknya atau disimpan.

Hyena Cavejpg 20210803064332 Da58c

Terkait kondisi tulang belulang yang masih awet, masih menurut Stewart, hal itu bisa saja diciptakan oleh aliran lava di Harrat Kaybar yang cukup baik bagi proses pengawetan tulang.

"Ketika pelestarian tulang bisa sangat buruk di wilayah lain, situs seperti Umm Jirsan justru menawarkan sumber daya baru yang menarik," ujar Stewart.

Penelitian yang dilakukan Stewart dan timnya terkait penemuan ini telah dipublikasikan di Archaeological and Anthropological Sciences.

BACA JUGA

Foto Ijazah 9 Pesohor Indonesia yang Curi Perhatian | Ada Salah Tanggal dan Bikin Pangling!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Potret Lawas 9 Artis Saat Jadi Paskibra | Ada yang Jadi Paskibraka Istana Juga!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

8 Artis yang Pernah Foto Bareng Pesepak Bola Top Dunia | Ada yang Ketemu Lionel Messi!

ARTIKEL TERKAIT
Header 8 39cee
10 Penemuan Asli Indonesia yang Mendunia! Nomor 4 Sedang Kamu Gunakan!
Penemuan Teraneh Banner
10 Penemuan Teraneh Ini Ternyata Pernah Ada di Dunia Lho!
Manusia Purba Yang Ditemukan Di Indonesia 45bee
5 Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia, Siapa Saja?
Hewan Zaman Purba E9890
7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Dunia | Banyak yang di Indonesia
Penemuan Fosil Dinosaurus 173e8
Fosil Badak Raksasa Seberat 4 Gajah Afrika dan Lebih Tinggi dari Jerapah Ditemukan
Fosil Megalodon Dan Hewan Purba Ditemukan Di Sukabumi Banner 4926e
Fosil Megalodon dan Hewan Purba Ditemukan di Sukabumi, Dulunya Lautan?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal