7 Ramalan Teknologi yang Sekarang Terbukti Akurat | Bikin Heran

Default

Pernah kebayang tidak waktu menonton film sci-fi atau novel sains fiksi ilmiah, kamu berpikir kalau apa yang ada di dalam film dan buku itu akan ada atau hadir di masa depan?

Jangan salah, justru berawal dari mimpi dan angan-angan bisa mengilhami teknologi dan peradaban di masa depan karena imajinasi yang telah terbentuk itu.

Mungkin kamu ingat teknologi-teknologi seperti smarpthone, video call, dan laser semuanya berawal dari imajinasi dan angan-angan di masa lalu.

Nah, dalam artikel ini Jaka bakal kasih kamu sejumlah ulasan teknologi yang sudah ada di dunia nyata setelah sebelumnya pernah diramal.

1. Video Call

Teknologi Masa Depan 2050 0a451

Pada abad ke-19 sejumlah seniman seperti Jean-Marc Cote misalnya, terbilang memiliki kemampuan untuk menggambarkan masa depan.

Tidak percaya? Dia merupakan salah satu pencipta En L'An 2000, serangkaian gambar dari pencapaian teknologi yang dibayangkan akan hadir sekitar tahun 2000-an.

Menariknya, karyanya tersebut dicetak pertama kali tahun 1899! Lebih dari 100 tahun sebelum tahun 2000.

Jean-Marc Cote menggambarkan di masa depan orang bakal melakukan percakapan video secara jarak jauh. Tentu saja ketika belum hadir teknologi visual bergerak paling dasar sekalipun!

2. Smartphone

Contoh Teknologi Masa Kini 214a6

Pada tahun 1926, John B. Kennedy mewawancarai sosok ilmuwan jenius dunia, Nikola Tesla untuk koran New York Times.

Menariknya dari hasil wawancara tersebut, ia mendapatkan pengetahuan yang sangat berharga dan sekaligus ramalan teknologi yang sangat tepat.

Tesla memperkirakan bakal ada sejumlah besar informasi yang akan ditransfer secara nirkabel atau tanpa kabel!

Komunikasi disebut bakal jadi lebih mudah melalui peralatan yang seukuran saku dan dapat menghubungkan seluruh dunia. Kedengaran seperti smartphone yang tengah kamu gunakan sekarang bukan?

3. Uang Elektronik

Prediksi Teknologi Masa Depan 2c5b8

Tampaknya masyarakat seluruh dunia perlu berterima kasih kepada Edward Bellamy dan bukunya 'Looking Backward' yang ditulis pada tahun 1888 lalu.

Ketika di periode itu, Bellamy merasa terganggu lantaran memikirkan andai saja ada transaksi uang secara nirkabel kemudian secara otomatis menuangkannya dalam pembukuan.

Sekarang, apa yang dibayangkan Bellamy sudah terjadi dan nyata. Kita cuma perlu satu unit smartphone dan aplikasi khusus untuk bertransaksi secara nirkabel.

4. Kamar Mandi Otomatis

10 Teknologi Masa Kini E2966

Ilustrasi menarik lainnya dari rangkaian gambar futuristik pada buku En L'An 2000 yakni sebuah kamar mandi yang serba otomatis.

Mungkin saat ini kita mungkin masih belum memakai sikat secara otomatis dan robot mesin rias yang bisa bikin kamu tampil glow-up seketika.

Namun, sekarang kita sudah dapat mengontrol benda-benda di kamar mandi hanya dengan memakai aplikasi di smartphone. Ingat, buku ini terbitnya 100 tahun lebih sebelum tahun 2000 ya!

5. Laser

Teknologi Canggih Terbaru 2020 B99dc

Novelis dan pengarang sains-fiksi terkemuka, H. G. Wells, terkenal dengan novel-novel futuristik disertai dengan prediksi yang tepat.

Pada tahun 1898, dia menyebut senjata perang 'Heat-Ray' dalam novelnya 'The War of the Worlds' yang pernah difilmkan pada tahun 2005 dan diperankan oleh Tom Cruise.

Ia menggambarkannya sebagai senjata yang dapat menghancurkan apa pun dari jarak jauh tanpa sedikit pun bersuara dan cuma memerlukan satu kilatan cahaya untuk menghancurkan apa yang di depannya. Apa lagi kalau bukan laser?

6. Apollo 11

Teknologi Masa Depan 2030 A79d3

Novel 'From Earth to the Moon' karya Jules Verne mempunyai gambaran yang serupa dengan misi Apollo 11 ke Bulan, bahkan bisa dibilang hampir 100% tepat!

Pada novel karangan Verne ini, diceritakan tiga pria naik pesawat ruang angkasa bernama Columbiad kemudian diluncurkan dari Florida.

Faktanya, 104 tahun kemudian, tiga astronot menaiki pesawat ruang angkasa Apollo 11 dengan modul perintah dengan sebutan Columbia yang kemudian diluncurkan dari Florida, AS! Duh, jadi merinding bayanginnya.

7. Tablet

Perkembangan Teknologi Di Masa Depan 08daf

Arthur Clarke, penulis dari novel '2001: A Space Odyssey', pada tahun 1968 meramalkan peradaban yang maju teknologi yang membentuk kehidupan di Bumi.

Dalam buku tersebut dirinya menyebutkan surat kabar elektronik yang deskripsinya teramat mirip dengan teknologi iPad atau tablet sekarang.

Menariknya, deskripsi itu sangat detail, sampai-sampai tablet sekarang pun bisa kita gunakan untuk membaca layaknya koran cetak!

Akhir Kata

Itulah sejumlah penemuan teknologi yang sudah ada dan pernah diramalkan sebelumnya. Mana, nih, yang menurutmu paling unik dari keberadaan ramalan tadi?

Baca juga artikel Iptek atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Ilmuwan Sebut Rotasi Bumi Makin Cepat | Ancaman Bahaya Bagi Manusia?

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

5 Kembaran Artis yang Memilih Berkarier di Luar Dunia Hiburan

21+ Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2021, Bikin Baper!

Matahari Buatan China Raih Rekor, Pertahankan 120 Juta Derajat Celcius dalam 100 Detik!

ARTIKEL TERKAIT
Ilmuwan Temukan Penguin Kuning Langka Banner 5b48f
Fotografer Tak Sengaja Temukan Penguin Kuning Langka, Begini Hasil Fotonya!
Badai Matahari Hari Ini 239d2
Ilmuwan Deteksi Badai Luar Angkasa Pertama di Kutub Utara | Berbahayakah?
Misteri Lubang Hitam Di Kutub Utara Tempat Tinggal Alien Dan Monster C0701
Misteri Lubang Hitam di Kutub Utara, Tempat Tinggal Alien dan Monster?
Page5 38950
5 Bukti Ilmiah Ini Menunjukkan Keberadaan Benua Atlantis, di Indonesia?
Doraemon 1 64bde
Review Film Doraemon in Antartica: Doraemon Kedinginan Sejak 100.000 Tahun Lamanya!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal