J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Pulau di Dunia yang Terancam Tenggelam & Lenyap, Salah Satunya Bali!

Rabu, 7 Apr 2021, 09:30 WIB
Menurut penelitian, tujuh pulau ini terancam hilang dan tenggelam beberapa tahun lagi. Pulau apa saja?

Bumi sedang menghadapi ancaman pemanasan global yang nyata. Tidak hanya berwujud perubahan cuaca dan iklim yang ekstrem serta kepunahan puluhan ribu spesies hewan atau tumbuhan, pemanasan global juga membuat air laut naik secara signifikan tiap tahun.

Menurut Natural Resources Defense Council (NRDC), kenaikan air laut ini akan membuat banyak sekali pulau akan hilang karena tenggelam. Parahnya, hal tersebut akan terjadi kurang dari 80 tahun lagi.

Dilansir Reader's Digest, Jaka berhasil mengumpulkan deretan pulau yang akan tenggelam dan hilang dari peradaban manusia. Berikut daftarnya!

1. Pulau Palau

Pulau Tenggelam 1 14c58

Pulau Palau menjadi salah satu pulau yang mengalami ancaman kenaikan air laut. Bahkan sejak tahun 1993, pulau ini mengalami peningkatan air laut setinggi 0,35 inci.

Hal tersebut sangatlah mengkhawatirkan, mengingat rata-rata pulau di tempat lain 'hanya' mengalami peningkatan tinggi air laut sekitar 0,1 inci.

Diprediksi, kenaikan ini akan terus meningkat hingga lebih dari 24 inci pada tahun 2090. Pada saat ini, kemungkinan besar Pulau Palau sudah tenggelam dan hilang dari peta.

2. Pulau Maladewa

Pulau Tenggelam 2 Cedef

Memiliki nama lain 'Maldives', pulau yang terkenal karena fenomena alam uniknya ini juga sedang menghadapi kenaikan air laut yang ekstrem.

Dikutip dari Central Intelligence Agency (CIA), salah satu alasan kenapa kepulauan Maladewa begitu sensitif terhadap kenaikan permukaan laut adalah karena rendahnya ketinggian bibir pantai antar pulau.

Hal itu menyebabkan resort-resort eksklusif dan terkenal yang ada di pinggir pantai akan tenggelam dan hanya tinggal kenangan semata.

3. Micronesia

Pulau Tenggelam 3 D3137

Terletak di 2.500 mil barat daya Hawaii, negara kepulauan ini harus bersiap menghadapi pemanasan global dan kenaikan air laut cepat atau lambat.

Micronesia sendiri memiliki 607 pulau dengan luas total sekitar 279 mil persegi. Akan tetapi, dengan adanya peningkatan tinggi air laut, jumlahnya akan berkurang secara drastis.

Bahkan menurut Journal of Coastal Conservation, bukan tidak mungkin dalam waktu 80 tahun mendatang, Micronesia akan kehilangan pesona keindahan pulau dan laguna karena tenggelam.

4. Pulau Fiji

Pulau Tenggelam 4 15eb6

Siapa sih yang nggak kenal dengan Pulau Fiji? Keindahan alamnya yang memesona serasa membuat kita ada di surga.

Tapi, siapa sangka bahwa dalam kurun waktu kurang dari 50-80 tahun lagi, pulau surgawi ini akan tenggelam ke dasar laut karena ancaman pemanasan global?

Menurut laporan The World Bank juga melaporkan, beberapa desa di pinggir pantai pulau sudah kehilangan garis pantai hingga 15-20 meter dalam 1 dekade.

Jika terus dibiarkan, kemungkinan besar pada tahun 2050 nanti, Pulau Fiji akan tenggelam akibat kenaikan permukaan laut hingga 43 centimeter. Aduh!

5. Pulau Polinesia

Pulau Tenggelam 6 Affcd

Tidak hanya Pulau Fiji, Pulau Polinesia yang masih jadi teritori Prancis juga terkenal karena keindahan alamnya yang paripurna.

Sayangnya, dalam 100 tahun lagi, semua itu akan hilang dan tenggelam di bawah permukaan laut. Bahkan, 30% dari gugus pulau akan tenggelam kurang dari puluhan tahun.

Fakta tersebut membuat Pemerintah mulai mempertimbangkan untuk membangun pulau-pulau terapung bagi penduduk, secara khusus yang tinggal di daerah Tahiti.

6. Pulau Solomon

Pulau Tenggelam 7 Bf0d8

Pulau Solomon beserta gugus kepulauan yang ada di sekitarnya sudah sangat waspada dengan ancaman pemanasan global yang mereka hadapi.

Terdiri dari lebih dari 1.000 pulau dan atol, kawasan yang berlokasi di Laut Pasifik Selatan ini menghadapi ancaman kenaikan air laut setinggi 8 milimeter tiap tahunnya sejak tahun 1993.

Parahnya, menurut Environmental Research Letters 2016, setidaknya sudah 5 pulau karang dan beberapa desa yang sudah hilang sejak tahun 1935 karena tenggelam.

7. Pulau Bali

Pulau Tenggelam 7 Bf0d8

Tidak hanya luar negeri, Indonesia sebagai negara kepulauan juga harus waspada terhadap ancaman global ini. Bahkan, Pulau Bali disebut akan mengalami dampaknya paling awal.

Dalam pertemuan United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) yang diselenggarakan tahun 2007, para ilmuwan memperkirakan bahwa Pulau Bali akan terendam air laut seluas 489 kilometer persegi pada tahun 2050.

Hal ini akan diperparah jika Pemerintah Indonesia lalai dan tidak melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah Pulau Dewata tenggelam.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai deretan pulau yang akan hilang dalam hitungan tahun.

Ini menjadi pertanda akan ancaman global warming yang sudah ada di depan mata.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia Paling Kaya, Hartanya Sampai Ratusan Miliar!

5 Artis Indonesia yang Suka Naik Angkutan Umum, Padahal Punya Mobil Mewah!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Artis Indonesia yang Pernah Bekerja Jadi Pembantu, Sekarang Kaya Raya!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal