Jepang Punya Pulau Baru yang Mendadak Muncul | Gara-gara Erupsi Gunung Berapi Bawah Laut

Default

Jepang merupakan salah satu negara kepulauan di dunia yang punya banyak sekali pulau.

Total ada lebih dari 6000 pulau yang masuk dalam wilayah Jepang. Baru-baru ini, negara tersebut bahkan tiba-tiba mendapatkan 1 pulau baru yang muncul mendadak.

Mengutip Detik.com, sebuah pulau baru mendadak muncul di dekat Iwo Jima. Letaknya sekitar 1.200 kilometer di selatan Tokyo atau 50 kilometer dari Minami Outo, pulau paling selatan di kepulauan Ogasawara.

Kemunculan pulau baru tersebut disebabkan oleh erupsi gunung berapi bawah laut yang berlangsung sejak 1 minggu belakangan.

Penjaga pantai Jepang melaporkan adanya aktivitas vulkanik bawah laut tersebut disertai gumpalan uap dan gas yang naik dari laut ke permukaan dengan ketinggian lebih dari 15 kilometer.

Penampakan Pulau Baru Di Jepang E4be0

Pulau baru tersebut memiliki bentuk sabit dengan diameter sekitar 1 kilometer. Pulau itu ditemukan setelah gunung berapi bawah laut itu meledak.

Gunung berapi ini terletak sekitar 50 kilometer selatan Iwo Jima, yang jadi bagian dari Kepulauan Ogasawara di Samudera Pasifik. Gunung tersebut mulai erupsi sejak Jumat (13/8/2021) lalu.

Mengutip Japan Times, Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan adanya asap dan abu berjumlah besar di perairan terdekat. Pasalnya, gunung berapi tersebut diprediksi akan terus erupsi selama beberapa waktu ke depan.

Bukan yang pertama kali

Terbentuknya pulau baru ini bukan pertama kali terjadi. Jepang beberapa kali tiba-tiba punya pulau baru akibat aktivitas vulkanis di area tersebut.

Pulau baru tersebut ditemukan pada 1904, 1914, dan 1986. Semua pulau tersebut kemudian menghilang lagi akibat erosi oleh ombak dan arus laut. Pulau yang ditemukan tahun 1986 tenggelam dalam waktu 2 bulan saja.

Lokasi Munculnya Pulau Baru Di Jepang Adefb

Belum tentu akan bertahan

Mengutip Guardian, hingga kini belum diketahui apakah pulau yang baru terbentuk ini akan jadi permanen atau malah lenyap juga. Ada beberapa faktor yang akan menentukan nasib pulau ini di masa depan.

Jika terus terjadi aktivitas vulkanis yang memproduksi lava dalam jumlah besar, maka pulau ini akan jadi lebih solid dan bisa bertahan lama dalam menghadapi terjangan ombak.

Namun, Profesor Kenji Nigami dari Volcanic Fluid Research Centre di Tokyo Institute of Technology mengatakan sebaliknya.

Pulau baru tersebut terbentuk dari material batu apung dan abu. Sehingga kemungkinan akan hilang tergerus ganasnya aktivitas laut di masa depan.

Jadi milik Jepang

Gunung berapi bawah laut ini terletak di dekat Iwo Jima Selatan, yakni pulau paling selatan di rangkaian kepulauan Jepang.

Maka dari itu, setiap pulau baru yang muncul di wilayah tersebut bisa dimasukkan ke dalam wilayah Jepang. Namun hanya jika diakui sebagai pulau yang terbentuk secara alami menurut standar internasional.

Walaupun begitu, mengingat lokasinya, pulau baru itu tidak mungkin mempengaruhi perairan teritorial atau zona ekonomi eksklusif Jepang meskipun berada di permukaan.

BACA JUGA

Foto Ijazah 9 Pesohor Indonesia yang Curi Perhatian | Ada Salah Tanggal dan Bikin Pangling!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Inilah Pemilik Nama Terpanjang di Indonesia dengan 17 Kata, Tapi Panggilannya Cuma Y

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

8 Artis yang Pernah Foto Bareng Pesepak Bola Top Dunia | Ada yang Ketemu Lionel Messi!

ARTIKEL TERKAIT
Danau Dan Pulau Baru Muncul Di NTT 6ca1f
Geger, Danau dan Pulau Baru Muncul di NTT Selepas Badai Tropis Seroja
Letusan Gunung Terdahsyat Di Indonesia 853cd
7 Gunung Berapi Aktif Paling Berbahaya di Dunia | Ada yang di Indonesia
Google Street View Volcano Banner
Canggih! Kini Kamu Bisa Melihat Isi Gunung Berapi di Google Street View
Whatsapp Image 2021 07 23 At 12 47 55 Pm 081cc
Mata Sauron Kuno Ditemukan Pada Gunung Berapi Bawah Laut di Selatan Indonesia
Fenomena Mencengangkan Di Bawah Laut Yang Masih Jadi Misteri Banner B4ddf
5 Fenomena Mencengangkan di Bawah Laut yang Masih Jadi Misteri
041215200 1515498651 Nintchdbpict000370932507 Horz Bbaf5
Mengenal Baia, Kota Penuh Dosa yang Kini Tenggelam di Bawah Laut | Akibat Kutukan?
Tags Terkait: Alamjepangpenemuan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal