J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Pohon Tertua di Bumi | Candi Borobudur dan Piramida Mesir Kalah Tua!

Minggu, 4 Apr 2021, 20:00 WIB
Pohon-pohon tertua di Bumi ini dianggap sebagai makhluk hidup paling terpanjang usianya yang masih hidup di dunia, apa saja?

Evolusi makhluk hidup terus berjalan hingga kini, termasuk berbagai flora dan fauna yang tersebar di seluruh dunia.

Tak cuma hewan-hewan purba yang masih ada di muka Bumi, faktanya masih banyak tanaman-tanaman yang masih bertahan hidup sejak ribuan tahun lalu.

Pohon-pohon ini mungkin bukan tergolong tanaman-tanaman purba yang ada di dunia, bahkan pohon jauh lebih tua dari monumen kuno dunia seperti Piramida di Mesir.

Berikut ini Jaka rangkum tujuh tanaman purba yang masih ada hingga kini, dikutip dari Treehugger. Simak hingga selesai, ya!

1. Methuselah

Pohon Tertua Di Indonesia 9b619

Hingga 2013, Methuselah, pinus bristlecone kuno adalah organisme non-klonal tertua yang diketahui di Bumi. Methuselah masih berdiri pada 2016 pada usia 4.848 tahun di White Mountains California, di Hutan Nasional Inyo!

Pinus bristlecone lain di daerah itu akhirnya juga ditemukan berusia lebih dari 5.000 tahun. Methuselah dan lokasi persis pinus seniornya yang tidak disebutkan namanya dirahasiakan untuk melindungi mereka.

Kamu masih dapat mengunjungi hutan tempat Methuselah bersembunyi, tetapi kamu harus menebak pohon itu. Jadi tebak-tebak berhadiah deh.

2. Sarv-e Abarqu

Pohon Tertua Di Jawa Abaaf

Sarv-e Abarqu, juga disebut "Zoroastrian Sarv," adalah pohon cemara di provinsi Yazd, Iran. Pohon itu diperkirakan berusia setidaknya 4.000 tahun!

Bahkan pohon ini diperkirakan hidup pada awal peradaban manusia yang tidak jauh pada waktu itu. Pohon ini juga dianggap sebagai monumen nasional Iran.

Banyak yang telah mencatat bahwa Sarv-e Abarqu kemungkinan besar adalah makhluk hidup tertua di Asia.

3. Llangernyw Yew

Pohon Tertua Di Seluruh Dunia 7cc41

Pohon Yew yang luar biasa ini berada di halaman gereja kecil Gereja St. Dygain di desa Llangernyw, Wales Utara.

Diperkirakan berusia sekitar 4.000 tahun, Llangernyw Yew ditanam sekitar zaman prasejarah Perunggu dan masih terus hidup!

Pada tahun 2002, dalam perayaan perayaan ulang tahun emas Ratu Elizabeth II, pohon itu ditetapkan sebagai salah satu dari 50 Great British Trees oleh Tree Council.

4. Jomon Sugi

Pohon Terbesar Di Dunia 69371

Jomon Sugi, yang terletak di Yakushima, Jepang, adalah pohon cryptomeria tertua dan terbesar di pulau itu, dan merupakan salah satu dari banyak alasan mengapa pulau itu dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pohon itu berusia setidaknya 2.000 tahun, tetapi beberapa ahli percaya pohon itu mungkin lebih tua dari 5.000 tahun. Berdasarkan teori itu, mungkin saja Jomon Sugi adalah pohon tertua di dunia, bahkan lebih tua dari Methuselah dan saudara-saudaranya.

Terlepas dari usianya yang masih diperdebatkan, pohon ini bahkan lebih tua dari Candi Borobudur!

5. Chestnut Tree of One Hundred Horses

Pohon Tertua Di Indonesia Yang Masih Hidup 7d0c2

Pohon ini, yang terletak di Gunung Etna di Sisilia, adalah pohon kastanye terbesar dan tertua di dunia. Diyakini usianya antara 2.000 dan 4.000 tahun!

Usia pohon ini sangat mengesankan karena Gunung Etna adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Pohon itu hanya berjarak 5 mil atau 10 km dari kawah Etna.

Nama pohon itu berasal dari legenda di mana sekelompok 100 kesatria terjebak dalam badai petir yang hebat. Menurut legenda, mereka semua bisa berteduh di bawah pohon besar ini.

6. Olive Tree of Vouves

Pohon Terbesar Di Indonesia 3d9a5

Pohon zaitun kuno ini terletak di pulau Kreta Yunani dan merupakan salah satu dari tujuh pohon zaitun di Mediterania yang diyakini berusia setidaknya 2.000 hingga 3.000 tahun.

Meskipun usia pastinya tidak dapat diverifikasi, Pohon Zaitun Vouves mungkin yang tertua di antara mereka, diperkirakan berusia lebih dari 3.000 tahun.

Pohon ini masih menghasilkan buah zaitun dan harganya sangat mahal. Pohon zaitun ini kuat dan tahan kekeringan, penyakit, bahkan api.

7. Alerce

Pohon Old Tjikko 1fc47

Alerce adalah nama untuk Fitzroya cupressoides, spesies pohon menjulang yang berasal dari pegunungan Andes.

Hampir tidak ada yang tahu berapa umur pohon-pohon ini, karena sebagian besar spesimen yang lebih besar ditebang habis-habisan pada abad ke-19 dan ke-20.

Banyak ahli botani percaya bahwa mereka adalah pohon hidup terpanjang kedua di Bumi selain pinus bristlecone di Amerika Utara. Sampai saat ini, spesimen hidup tertua yang diketahui berusia 3.646 tahun dan disebut Grand Abuelo.

Akhir Kata

Itulah pohon-pohon tertua yang masih ada di muka bumi hingga kini. Mana nih, yang menurut kamu paling unik? Bahkan ada yang lebih tua dari Piramida Giza di Mesir yang usianya 4.500 tahun.

Apakah kamu tertarik untuk menanamnya? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca artikel mengenai Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Nike Tuntut Sepatu Iblis yang Berisi Setetes Darah Manusia, Kiamat Makin Dekat?

300+ Caption Instagram Keren & Kekinian 2021 | Auto Banyak Likes!

5 Skandal Artis Indonesia Terheboh yang Disorot Media Asing | Viral Banget!

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi, 100% Works!

5 Game Esports yang Terkenal di Dunia Tapi Sepi di Indonesia

ARTIKEL TERKAIT
Header 19 06ed7
10 Teknologi Canggih Misterius yang Sudah Ada Sejak Zaman Purba. Ada UFO?
Hewan Zaman Purba 1256e
5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!
Penemuan Fosil Cumi Cumi Purba 9f18e
Fosil Cumi-cumi Vampir Ditemukan di Hongaria | Predator Purba Buas?
246fed6d0cf2959a4012903dd00928ef
Mata Kamu Minus? Tanaman Ajaib Ini Bisa Tajamkan Penglihatan Dengan Cepat!
Dino
5 Game Android Bertema Dinosaurus Ini Bikin Kangen Makhluk Prasejarah
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal