Planet Neraka Ditemukan Astronom | Suhunya Bikin Logam Menguap!

Default

Belum lama ini sebuah planet baru ditemukan para astronom dari University of Southern Queensland, Australia.

Menariknya, planet ini disebut para astronom tersebut sebagai planet 'neraka' lantaran memiliki suhu capai 2.700 derajat celsius.

Planet ini disebut sebagai TOI-1431b atau MASCARA-5b merupakan sebuah planet baru yang memiliki jarak sekitar 490 tahun cahaya dari planet Bumi.

Melansir ABC News, peneliti menyatakan bahwa planet baru ini adalah salah satu planet terpanas yang pernah terekam dan tercatat.

Bahkan suhu pada planet ini diketahui cukup tinggi yang bisa bikin sebagian besar logam menguap! Suhu pada siang hari 'planet neraka' ini mencapai 2.700 derajat celsius.

Planet Baru Bts 7ffa3

Pada malam harinya suhu planet ini mencapai angka 2.300 derajat celsius, yang masih tercatat sebagai suhu terpanas kedua yang pernah diukur.

Kelompok peneliti asal Pusat Astrofisika University of Southern Queensland di Toowoomba memimpin penelitian penemuan planet neraka tersebut.

Ahli astrofisika Dr Brett Addison menjelaskan soal planet yang ditemukan tersebut sebagai "dunia yang mirip neraka". "Tidak ada kehidupan yang dapat bertahan di atmosfernya," kata Addison.

Planet neraka itu merupakan planet gas raksasa, makanya tidak benar-benar mempunyai permukaan padat layaknya planet terestrial, yang berada dalam Tata Surya kita.

"Planet ini pada dasarnya adalah atmosfer yang sangat besar dan dalam," imbuhnya.

Satelit Survei Exoplanet Pelatihan NASA, untuk kali pertamanya menandai TOI-1431b sebagai planet di akhir tahun 2019.

Dr Addison menyebutkan, hasil pengamatan lebih lanjut yang didapatkan dalam beberapa bulan melalui teleskop Stellar Observation Network Group di Kepulauan Canary.

Bahkan, pengamatan ini juga dilakukan bersama teleskop lain di seluruh dunia dan telah membantunya untuk memastikan keberadaan planet neraka ini.

"Saya bisa melihat orbit kecepatan radio mulai menjadi sangat jelas, menunjukkan bintang bergoyang-goyang. Pada saat itu saya tahu, oke ini pasti sebuah planet. Ini adalah planet yang sangat besar," ungkap Addison.

Mempelajari Keragaman Sistem Planet

Planet Baru Yang Bisa Dihuni Manusia C33a5

Planet neraka ini terletak di luar Tata Surya kita dan kira-kira berukuran satu setengah kali ukuran Jupiter.

Selain itu planet ini mengorbit di sekitar bintang yang sangat panas yang membutuhkan waktu kira-kira setiap dua hari sekali.

Planet terpanas ini juga memiliki orbit retrograde, artinya, planet itu bergerak berlawanan arah dari rotasi bintang induknya.

Planet baru itu diberi nama TOI-1431b atau juga dikenal oleh para peneliti sebagai MASCARA-5b, tetapi Dr Addison menyebut hal tersebut tak ada hubungannya dengan makeup yang biasa digunakan untuk sekitar bulu mata.

"Itu singkatan dari Multi-site All Sky Camera. Nama itu berdasarkan survei [yang menemukan planet]. Para astronom suka membuat akronim lucu untuk teleskop dan observatorium mereka," tuturnya.

Penemuan planet baru ini, tambah Addison, merupakan hal yang sangat penting. Lantaran, penemuan planet terpanas itu berkontribusi dalam pemahaman komunitas luar angkasa global mengenai pembentukan dan migrasi planet.

"Penemuan semacam ini mengajarkan kita banyak hal tentang keragaman sistem planet dan jenis arsitektur apa yang bisa ada," tambahnya.

Addison juga menambahkan, agar planet raksasa tersebut bisa lebih dekat dengan bintangnya, tentunya planet tersebut sempat berpindah atau mengalami migrasi planet.

"Menemukan lebih banyak jenis planet ini akan memberi kita lebih banyak data untuk mempelajari fenomena (migrasi planet neraka) semacam ini dan mencoba memahami lebih baik bagaimana jenis migrasi ini terjadi," pungkas Addison.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Terungkap, Mafia di Bandara Soekarno-Hatta | Tinggal Bayar, Tak Perlu Karantina Covid-19!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.1 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Palung Terdalam di Dunia Tembus 10 KM, Ini Pengakuan Astronot yang Pernah ke Sana

5 Artis yang Berani Dobrak Standar Kecantikan Korea | Yakin Tanpa Oplas?

5 Instagram MOD APK Terbaru 2021, IG Story Sejernih di iPhone!

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Tags Terkait: Sains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal