Planet Berair Ditemukan di Dekat Bumi | Bisa Ditinggali Manusia?

Air yang berada di bumi jadi salah satu sumber daya yang membuatnya bisa ditinggali manusia. Namun ternyata, Bumi bukanlah satu-satunya planet di galaksi Bima Sakti yang memiliki air loh.

Baru-baru ini para peneliti berhasil menemukan 1 lagi planet yang berair dan berbatu. Jaraknya pun tak terlampau jauh dari Bumi, yakni sekitar 35 juta tahun cahaya.

Mengutip Detik.com, para peneliti dari European Space Observatory (ESO) mengatakan bahwa planet tersebut memiliki semua komponen yang memungkinkan adanya kehidupan di sana.

Pasalnya, planet ini berada pada jarak yang tepat dari bintang yang sejuk dan terang, sehingga air mampu mengalir di permukaannya. Sehingga penemuan planet ini jadi langkah penting dalam pencarian kehidupan di luar Bumi di alam semesta.

Exoplanet

Planet ini merupakan planet exoplanet alias planet yang mengorbit ke sebuah bintang selain matahari. Planet ini terletak di konstelasi Volans (langit sebelah selatan) yang ada di zona Goldilocks tata surya atau layak huni.

"Kami memiliki petunjuk keberadaan planet terestrial di zona layak huni sistem ini," kata penulis utama penelitian ini, Dr. Olivier Demangeon dari University of Porto di Portugal, dikutip dari Studyfinds.org, Senin (9/8/2021).

Para peneliti pun tak hanya menemukan 1 planet saja, ada exoplanet lain yang ditemukan. Planet kedua ini belum dikonfirmasi. Bernama L 98-59, planet ini terletak lebih jauh dari bintang. Sistem L 98-59 ini diharapkan jadi yang pertama terlihat.

Planet Mirip Bumi E353f

Planet ini berbatu seperti Bumi dan Venus. Letaknya juga cukup dekat dengan bintang untuk memiliki suhu yang hangat. Sehingga para peneliti menyimpulkan adanya kemungkinan planet ini juga bisa menopang kehidupan.

"Planet di zona layak huni mungkin memiliki atmosfer yang dapat melindungi dan mendukung kehidupan," tambah rekan penulis penelitian, Profesor Maria Osoria dari Centre for Astrobiology di Madrid, Spanyol.

Sebelumnya, para astronom telah berhasil menemukan hampir 5.000 exoplanet. Diperkirakan bahwa galaksi Bima Sakti saja memiliki sekitar 100.000 juta exoplanet.

Belum bisa dipastikan

Selama ini para peneliti bisa menemukan penemuan tersebut dari hasil analisis data yang dikumpulkan oleh Very Large Telescope (VLT) milik European Space Observatory di Chile.

Teleskop ini juga berhasil menemukan exoplanet lainnya dari sistem yang menyerupai planet Bumi, Venus, Merkurius, dan Mars.

Namun hingga kini para peneliti masih belum bisa memastikan apakah exoplanet yang ditemukan ini benar-benar layak huni. Apakah atmosfer planet tersebut benar-benar bisa menopang kehidupan dan apakah sudah ada kehidupan di sana.

Pasalnya, untuk menentukan hal ini akan tergantung pada kemampuan tim untuk mempelajari atmosfer masing-masing planet. Sementara teleskop yang digunakan saat ini tidak cukup besar untuk mencapai hal tersebut.

Namun begitu, Badan Antariksa Eropa ARIEL (Atmospheric Remote-sensing Infrared Exoplanet Large-survey) tetap berencana untuk bisa mencapai hal itu. Mereka baru akan melakukannya pada akhir dekade ini.