Planet Berair Ditemukan di Dekat Bumi | Bisa Ditinggali Manusia?

Default

Air yang berada di bumi jadi salah satu sumber daya yang membuatnya bisa ditinggali manusia. Namun ternyata, Bumi bukanlah satu-satunya planet di galaksi Bima Sakti yang memiliki air loh.

Baru-baru ini para peneliti berhasil menemukan 1 lagi planet yang berair dan berbatu. Jaraknya pun tak terlampau jauh dari Bumi, yakni sekitar 35 juta tahun cahaya.

Mengutip Detik.com, para peneliti dari European Space Observatory (ESO) mengatakan bahwa planet tersebut memiliki semua komponen yang memungkinkan adanya kehidupan di sana.

Pasalnya, planet ini berada pada jarak yang tepat dari bintang yang sejuk dan terang, sehingga air mampu mengalir di permukaannya. Sehingga penemuan planet ini jadi langkah penting dalam pencarian kehidupan di luar Bumi di alam semesta.

Exoplanet

Planet ini merupakan planet exoplanet alias planet yang mengorbit ke sebuah bintang selain matahari. Planet ini terletak di konstelasi Volans (langit sebelah selatan) yang ada di zona Goldilocks tata surya atau layak huni.

"Kami memiliki petunjuk keberadaan planet terestrial di zona layak huni sistem ini," kata penulis utama penelitian ini, Dr. Olivier Demangeon dari University of Porto di Portugal, dikutip dari Studyfinds.org, Senin (9/8/2021).

Para peneliti pun tak hanya menemukan 1 planet saja, ada exoplanet lain yang ditemukan. Planet kedua ini belum dikonfirmasi. Bernama L 98-59, planet ini terletak lebih jauh dari bintang. Sistem L 98-59 ini diharapkan jadi yang pertama terlihat.

Planet Mirip Bumi E353f

Planet ini berbatu seperti Bumi dan Venus. Letaknya juga cukup dekat dengan bintang untuk memiliki suhu yang hangat. Sehingga para peneliti menyimpulkan adanya kemungkinan planet ini juga bisa menopang kehidupan.

"Planet di zona layak huni mungkin memiliki atmosfer yang dapat melindungi dan mendukung kehidupan," tambah rekan penulis penelitian, Profesor Maria Osoria dari Centre for Astrobiology di Madrid, Spanyol.

Sebelumnya, para astronom telah berhasil menemukan hampir 5.000 exoplanet. Diperkirakan bahwa galaksi Bima Sakti saja memiliki sekitar 100.000 juta exoplanet.

Belum bisa dipastikan

Selama ini para peneliti bisa menemukan penemuan tersebut dari hasil analisis data yang dikumpulkan oleh Very Large Telescope (VLT) milik European Space Observatory di Chile.

Teleskop ini juga berhasil menemukan exoplanet lainnya dari sistem yang menyerupai planet Bumi, Venus, Merkurius, dan Mars.

Namun hingga kini para peneliti masih belum bisa memastikan apakah exoplanet yang ditemukan ini benar-benar layak huni. Apakah atmosfer planet tersebut benar-benar bisa menopang kehidupan dan apakah sudah ada kehidupan di sana.

Pasalnya, untuk menentukan hal ini akan tergantung pada kemampuan tim untuk mempelajari atmosfer masing-masing planet. Sementara teleskop yang digunakan saat ini tidak cukup besar untuk mencapai hal tersebut.

Namun begitu, Badan Antariksa Eropa ARIEL (Atmospheric Remote-sensing Infrared Exoplanet Large-survey) tetap berencana untuk bisa mencapai hal itu. Mereka baru akan melakukannya pada akhir dekade ini.

BACA JUGA

6 Hewan yang Masih Bertahan Hidup Sejak Kepunahan Dinosaurus, Termasuk Kecoak!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

11 Potret yang Menipu Mata, Padahal Hasil Pengambilan Angle Kamera Semata

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

10 Potret Wanita yang Hasil Editannya Terlalu Kelihatan, Gagal Tampil Cantik Deh!

ARTIKEL TERKAIT
Superearth 2 Ba468
Ilmuwan Temukan Exoplanet Mirip Bumi Seusia Alam Semesta, Bisa Dihuni Manusia?
Untitled Design 2021 04 05t121510 747 05639
Teleskop Antariksa NASA Temukan 2200 Exoplanet Baru, Banyak Yang Layak Huni?
Nama Planet Kembaran Bumi 42dc0
Ilmuwan Ingin Ciptakan Planet Kembaran Bumi di Tahun 2025!
Untitled Design 2021 02 03t160654 833 56ebe
7 Planet Paling Unik dan Aneh di Alam Semesta | Sering Hujan Permata!
Definisi Bumi 68f16
Astronom Sebut Planet Super-Earth Bakal Lebih Layak Dihuni Daripada Bumi
Untitled Design 2021 06 10t125842 188 59a70
Astronot Temukan Planet Baru Mirip Bumi, Punya Suhu yang Sama dan Berukuran Lebih Besar!
Tags Terkait: planetSains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal