Terungkap! Perspektif Baru Pemandangan Bulan yang Terpantul di Helm Buzz Aldrin

Default

Kamu pasti mengetahui tentang misi luar angkasa yang dilakukan astronot Buzz Aldrin dan Neil Armstrong pada 1969.

Misi tersebut begitu ikonik. Banyak foto dan video tentang misi tersebut yang mudah ditemukan di internet.

Saking ikoniknya misi tersebut, tak heran jika banyak netizen yang berusaha mengulik lebih dalam seputar misi tersebut. Salah satunya adalah seorang netizen bernama Michael Ranger.

Mengutip National Geographic Indonesia, Ranger yang juga seorang pengguna Reddit sekaligus seniman efek visual mengungkap perspektif baru dari pemandangan bulan yang terpantul pada helm Buzz Aldrin saat berada di bulan.

Foto ikonik Buzz Aldrin

Perlu diketahui, misi Apollo 11 yang legendaris diluncurkan pada 16 Juli 1969. Misi tersebut berhasil mendaratkan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di bulan pada 20 Juli 1969. Momen tersebut jadi pertama kalinya umat manusia menginjakkan kaki di bulan.

Foto yang dianalisis oleh Ranger adalah foto yang sangat ikonik. Dalam foto tersebut terlihat Aldrin sedang berdiri di dekat kaki modul lunar Eagle.

Dalam pantulan gambar pada helm Aldrin, terlihat modul lunar milik Apollo itu bersinar di bawah sinar matahari yang keras tanpa filter.

Terlihat pula sosok Neil Armstrong yang sedang berdiri dengan kamera Hasselblad yang ia pegang setinggi dada.

Jika diperhatikan lebih teliti lagi, kamu juga bisa melihat bumi di bagian atas pemandangan yang terpantul pada helm sang astronot.

Hasil Rekonstruksi Pemandangan Visor Buzz Aldrin Michael Ranger 0a84a

Hasil foto berkualitas tinggi

Ranger berhasil menemukan pemandangan bulan 360 derajat yang belum pernah dilihat sebelumnya. Hasil analisis Ranger ini mengungkap perspektif baru mengenai kondisi dan pemandangan di bulan 52 tahun yang lalu.

Sebelumnya, ia sempat juga melakukan rekonstruksi gambar tersebut pada Februari 2019 dan sekali lagi beberapa hari sebelum usaha terbarunya ini.

Hasil rekonstruksinya pada saat itu belum menghasilkan gambar setajam hasil terbaru ini karena menggunakan foto beresolusi lebih rendah.

Ranger menjelaskan caranya menganalisis foto Buzz Aldrin tersebut. awalnya, ia memperbesar bagian visor atau kaca helmnya.

Setelahnya, ia membuka gambar tersebut ke gambar 2 dimensi. Hal itu bisa dilakukan karena pada dasarnya bagian visor tersebut adalah bola cermin.

"Kemudian saya membukanya di aplikasi Google Street View dan bisa melihat apa yang (Aldrin) lihat," jelasnya seperti dilansir Science Alert.

Ranger menggunakan gambar beresolusi tertinggi yang tersedia untuk membuat versi terbaru ini. Ia mengambilnya dari file Project Apollo Archive yang komprehensif di Flickr.

Ia menggunakan foto tersebut untuk membuat gambar panorama 360 derajat yang kemudian ia buka dalam penampil 360 derajat gratis. Ia kemudian merekam video dengan gambar 360 derajat tersebut.

Ranger kemudian mempertajam dan mengoreksi warna foto tersebut di Photoshop. Berbeda dari percobaan pertama yang ia lakukan di iPhone. Langkah itu berhasil menghasilkan foto dengan kualitas lebih baik.

Tak itu saja, Ranger juga mengoreksi warna emas yang muncul pada visor atau kaca helm Buzz Aldrin. Ia juga menambahkan lebih banyak ruang di sekitar tepi visor untuk representasi yang lebih realistis dari bagian dalam helm Aldrin.

Foto Ikonik Buzz Aldrin Di Bulan A33a5

Bukan yang terakhir

Diduga Ranger tak akan jadi orang terakhir yang mencoba menyingkap pemandangan di bulan dari foto-foto hasil misi antariksa semacam ini.

Dari kolom komentar di Reddit saja, banyak netizen yang mengaku terinspirasi untuk mencoba menemukan pemandangan tersembunyi di foto-foto Apollo lainnya.

Sebelumnya saja sudah banyak orang yang berusaha mengulik lebih dalam seputar misi Apollo 11 dari berbagai foto dan video terkait misi tersebut yang dibagikan NASA dan bisa dengan mudah ditemukan di internet.

Di tahun 2020 saja, ada seseorang dengan spesialisasi restorasi film yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menyempurnakan beberapa cuplikan misi Apollo 11.

Ia mengubahnya jadi video 24 frame per detik untuk memperlihatkan pengalaman momen misi ikonik tersebut jadi terlihat jauh lebih tajam dan jelas.

BACA JUGA

Foto Ijazah 9 Pesohor Indonesia yang Curi Perhatian | Ada Salah Tanggal dan Bikin Pangling!

Siap-siap Kedinginan! Inilah Kota Terdingin di Indonesia yang Suhunya Bisa Mencapai Titik Beku

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Download Domino Topbos v1.72 Terbaru 2021, Dapat Koin Gratis!

Inilah Pemilik Nama Terpanjang di Indonesia dengan 17 Kata, Tapi Panggilannya Cuma Y

ARTIKEL TERKAIT
Hal Haram Astronot Luar Angkasa
5 Hal Haram Dilakukan Astronot di Luar Angkasa, Padahal No.1 'Seru'
15f2109fe4f7990a77d82453782c6e12
7 Teknologi yang Menjadi Misi Paling Penting Dalam Sejarah NASA
Page000 4e626
Di Balik Tragedi Apollo 1 yang Tewaskan 3 Astronot | Kelalaian NASA?
Untitled Design 2021 04 05t121510 747 05639
Teleskop Antariksa NASA Temukan 2200 Exoplanet Baru, Banyak Yang Layak Huni?
Asteroid Apophis Bisa Tabrak Bumi 100 Tahun Lagi Banner 660b5
Asteroid Apophis Bisa Tabrak Bumi 100 Tahun Lagi, Ini Penjelasan NASA
Orang Yang Pernah Ke Bulan
Selain Neil Armstrong, 5 Orang Ini Ke Bulan Dan Buktikan Bumi Bulat!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal