5 Peradaban Maju di Zaman Kuno yang Runtuhnya Misterius | Lenyap Begitu Saja?

Default

Diyakini bahwa manusia muncul sejak 200.000 tahun yang lalu. Namun, baru sekitar 6.000 tahun yang lalu para ilmuwan percaya akan keberadaan peradaban manusia.

Saat itu, banyak peradaban kuno seperti Mesir atau Roma yang lahir. Nyatanya, peradaban maju yang konon sudah musnah ini menimbulkan pertanyaan tentang penyebab keruntuhannya.

Ilmuwan yang mencoba menemukan alasan lenyapnya peradaban ini yang masih belum ada jawaban. Melansir dari Listverse, berikut ini adalah peradaban misterius yang lenyap.

1. Peradaban Lembah Indus

Peradaban Yunani Kuno Ad3ad

Peradaban yang muncul pada 3300 SM ini dikenal dengan sistem drainasenya yang canggih. Kita bisa melihat sisa-sisa peradaban Lembah Indus Pakistan, di sekitar Sungai Gangga di India, sampai ke Laut Arab.

Tak hanya sistem drainase, masyarakat Indus juga dikenal sebagai pembangun kota yang terstruktur dan terorganisir.

Dinding dan rumah dibangun kokoh dan rapi, tidak kalah dengan perkembangan saat ini. Sayangnya, menurut jurnal ilmiah terbitan 2012, peradaban Indus tiba-tiba menghilang sekitar 1600 SM.

Setelah ditinggalkan warga, pemukiman maju di Lembah Indus menjadi kota mati. Teori yang diajukan ilmuwan adalah perubahan iklim di mana musim hujan berkurang sehingga memicu terjadinya kekeringan dan memaksa penduduk pindah.

Namun, teori ini belum terbukti sampai saat ini.

2. Peradaban Rapa Nui

Peradaban Kuno Indonesia 76622

Tentunya, membicarakan Pulau Paskah tidak lepas dari patung "Moai" yang sangat besar. Namun, yang tak kalah menarik adalah hilangnya Rapa Nui, suku asli di Pulau Paskah.

Ketika orang Eropa datang ke pulau itu pada tahun 1722, mereka hanya menemukan sekitar 3.000 penduduk. Faktanya, diperkirakan dibutuhkan 30.000 orang untuk membangun ratusan patung Moai di pulau itu.

Tentu saja, peradaban Rapa Nui di Pulau Paskah kehilangan hampir 90%, yang menimbulkan banyak pertanyaan. Para ilmuwan memperkirakan bahwa orang Rapa Nui memanfaatkan alam di Pulau Paskah secara berlebihan untuk membangun patung Moai.

Ketika sumber daya alam, terutama pepohonan, habis, Rapa Nui diduga melakukan "imigrasi" besar-besaran dan meninggalkan pulau itu. Benar atau tidaknya teori ini masih menjadi bahan perdebatan.

3. Peradaban Maya

Peradaban Kuno Mesopotamia C10f7

Diketahui bahwa Suku Maya muncul pertama kali pada tahun 1800 SM atau sekitar 3816 tahun yang lalu.

Mereka adalah bangsa agraris yang terletak di Guatemala, Belize, Meksiko, dan Honduras di Semenanjung Yucatan. Namun, peradaban Maya dikabarkan tiba-tiba menghilang.

Saat itu, pada tahun 1517, orang Spanyol berlayar ke Amerika Tengah, berniat menghancurkan peradaban yang terkenal dengan ritual kematiannya. Tetapi ketika mereka sampai di sana, Maya telah hilang.

Pada zaman keemasan sekitar 900 M, kota-kota besar Maya secara misterius ditinggalkan satu per satu. Faktanya, hingga 2 juta orang bisa hidup di kota besar pada awalnya.

Kota-kota besar seperti Chichen Itza, Uxmal, dan Mayapan diketahui masih ada hingga tahun 1500 Masehi. Namun, ketika orang Spanyol tiba pada tahun 1517, semua kota Maya ditutupi oleh hutan lebat.

4. Peradaban Gobekli Tepe

Materi Peradaban Kuno Db9ef

Bagi yang masih awam dengan peradaban ini, Gobekli Tepe adalah kuil zaman batu yang dibangun antara 9500-9000 SM di Anatolia di tenggara Turki.

Gobekli Tepe dianggap sebagai kuil tertua di dunia yang dibangun oleh Swiderian. Bangsa ini pertama kali muncul pada 10.900 SM dan merupakan populasi Eropa pertama yang bertahan hidup dengan berburu dan mengumpulkan makanan.

Menariknya, para ilmuwan tidak menemukan tanda-tanda kehidupan lain di dekat Gobekli Tepe. Nyatanya, kuil tersebut tampaknya dikubur oleh puluhan orang, bahkan mungkin ratusan orang.

Mengingat bahwa Gobekli Tepe memiliki sejarah lebih dari 11.000 tahun, para ilmuwan sangat ingin tahu mengapa orang Swiderian meninggalkan kuil dan menghilang.

5. Peradaban Olmec

Peradaban Mesir Kuno Cc5aa

Olmec didirikan di Meksiko pada 1200 SM. Mereka adalah peradaban tertua di benua Amerika dan bahkan kemudian mempengaruhi suku Maya dan Aztec.

Peradaban Olmec juga menyembah dewa sebelum Suku Maya, dan bahkan melakukan ritual mempersembahkan manusia kepada dewa.

Beberapa dewa Olmec yang terkenal adalah naga, burung besar, monster ikan, dan dewa air. Olmec juga terkenal dengan pahatannya, seperti patung kepala raksasa dan patung giok.

Kekayaan budaya ini membuat Olmec sering disebut sebagai "ibu" peradaban dan kebudayaan Amerika kuno. Dipercaya bahwa peradaban ini menghilang tak lama setelah 400 SM.

Pusat kota pemerintah Olmec di La Venta dan San Lorenzo telah ditinggalkan oleh sebelum benar-benar menghilang.

Tidak ada yang tahu persis mengapa Olmec menghilang. Ilmuwan hanya dapat memprediksi kepunahannya berdasarkan perubahan iklim atau konflik tanpa akhir.

Akhir Kata

Itu dia tadi sejumlah peradaban yang hilang secara misterius. Apakah ada peradaban bangsa lain yang perlu ditambahkan ke daftar ini?

Simak juga kota dan kerajaan gaib yang dipercaya berlokasi di Indonesia dalam artikel berikut ini:

Banner Jadi E3e65
Mengerikan!!! 5 Kota Dan Kerajaan Gaib Yang Dipercaya Ada Di Indonesia
5 Kota dan Kerajaan gaib yang dipercaya masih ada sampai saat ini dan masih banyak misteri yang berkembang seputar kota dan kerajaan gaib tersebut.
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
6cca3075a8698ead9197e791982ea600
4 Spesies 'Alien' yang Hidup di Bawah Segitiga Bermuda
Images 1aga 1a894
10 Foto Misterius yang Hingga Kini Belum Terpecahkan
B33888a2329ae2942c4d9641fdacf44f
10 Rekaman Suara Paling Seram dan Misterius di Dunia, Jangan Didengerin!
10 Tempat Misterius Yang Bisa Kamu Temukan Di Google Earth Bagian 1 Banner
10 Tempat Misterius yang Bisa Kamu Temukan di Google Earth (Bagian 1)
Untitled 1 D8067
5 Tempat Misterius dan Terkutuk Di Dunia
Tags Terkait: Sejarah
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal