J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Merasa Wajah Kamu Semakin Mirip Pasangan? Bukan Mitos, Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya!

Kamis, 4 Mar 2021, 17:30 WIB
Bukan cuma mitos, ternyata benar kalau wajahmu makin lama makin mirip dengan pasangan. Kenapa bisa gitu, ya? Apa ini yang dinamakan jodoh?

Mungkin kamu pernah melihat pasangan yang wajahnya mirip hingga kamu awalnya kamu mengira mereka kakak beradik atau malah kamu sendiri yang mengalaminya?

Kasus ini nggak hanya terjadi pada beberapa orang saja, tetapi cukup banyak ditemui - meski nggak semua orang mengalaminya, geng.

Meskipun awalnya cuma dianggap sebagai mitos belaka, ternyata kasus ini bukan cuma terjadi pada pasangan-pasangan di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia!

Kalau awalnya kamu pikir kamu cuma kegeeran karena merasa mirip sama si doi, Jaka akan kasih tahu penjelasan ilmiah mengapa wajah pasangan bisa jadi mirip.

Berdasarkan penelitian dan pendapat para peneliti, ini dia alasan-alasan ilmiah mengapa kalian berdua makin mirip dari hari ke hari. Baca sampai kelar, ya~

1. Melihat refleksi diri sendiri

Cek Kemiripan Wajah Dengan Pasangan 7349b

Lagu "Mirror" milik Justin Timberlake rupanya ada benarnya geng, karena pasangan kita umumnya adalah pantulan dari diri kita sendiri.

Dilansir dari Liputan 6, ada sebuah penelitian yang mengungkap bahwa seseorang cenderung mencari pasangan yang mirip dengan dirinya sendiri, misalnya dari sifat dan perilaku.

Dalam ilmu sains, teori ini disebut assortative mating, yaitu seseorang memiliki kecenderungan untuk memilih pasangan dengan sifat genetik tertentu.

Menurut penulis The Science of Happily Ever After, Ty Tashiro, orang lebih tertarik dengan pasangan yang memiliki kesamaan dengan dirinya karena lebih mudah untuk klop dengan satu sama lain.

Berawal dari kepribadian yang serupa, bisa jadi wajah kalian berdua juga jadi semakin mirip, geng!

2. Mirip dengan orang-orang terdekat

Apakah Jodoh Itu Harus Mirip Wajahnya 3b50e

Faktanya, kebanyakan orang lebih tertarik dengan hal-hal yang akrab dengannya untuk merasa nyaman, termasuk soal memilih pasangan.

Hal inilah yang membuat seseorang memilih pasangan yang terlihat familiar dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya, seperti yang dikatakan seorang psikolog dari Indianapolis, Justin Lehmiller seperti dilaporkan Siakap Keli.

Sedangkan, menurut Ben Domingue, seorang guru besar Stanford Graduate School of Education, pasangan yang mirip berkemungkinan memiliki nenek moyang yang sama.

Masuk akal kan, geng?

3. Bersama untuk waktu yang lama

Cara Melihat Jodoh Dari Wajah De3f3
Sumber foto: Instagram @jwarnerwallace

Robert Zajonc, seorang psikologi Amerika pernah membandingkan foto sepasang suami istri saat hari pernikahan mereka dan 25 tahun setelahnya.

Zajonc kemudian menemukan bahwa suami istri yang tidak mirip sama sekali pada awalnya, bisa menjadi mirip setelah bertahun-tahun kemudian.

Selain itu, ia juga mengungkap bahwa pasangan yang bahagia akan terlihat lebih mirip dengan satu sama lain, geng.

4. Memiliki ikatan emosi

Tanda Tanda Jodoh Secara Fisik 78a5a

Masih mengutip hasil penelitian psikolog dari University of Michigan Robert Zajonc, ada hal lain yang menarik yaitu peningkatan kemiripan wajah terjadi karena pasangan saling berbagi emosi selama bertahun-tahun.

Nggak cuma tertawa di momen-momen bahagia, emosi lainnya seperti marah, sedih, dan kecewa juga dirasakan bersama dengan pasangan.

Emosi tersebut kemudian menjadi bagian dari pengalaman hidup yang dijalani berdua sehingga mempengaruhi perilaku, keadaan emosional, dan bahasa tubuh kita hingga lama-lama jadi semakin mirip.

Bahkan, dilaporkan pula bahwa keriput pada wajah pasangan muncul dari bagian yang sama. Bisa gitu, ya!

5. Sistem imun yang mirip

Wajah Mirip Dengan Mantan 7468c

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Nature Immunology tahun 2016 mengungkap bahwa sistem imun manusia terbentuk melalui proses tinggal bersama dan dipengaruhi oleh pola makan dan olahraga.

Sejumlah peneliti yang tergabung dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa pasangan yang sudah menikah untuk waktu yang lama memiliki sistem imun yang sangat mirip.

Gaya hidup yang sama dan sistem imun yang mirip membuat pasangan yang telah lama hidup bareng jadi meniru ekspresi dan mimik pasangannya - yang bikin keduanya semakin persis.

Akhir Kata

Cieee, yang lagi senyum-senyum karena 'kegeeran' yang selama ini kamu yakini diamini oleh para peneliti!

Meskipun banyak orang bilang kalau mirip tandanya jodoh, jangan terbang dulu karena masih banyak kemungkinan yang kita nggak tahu~

Namun, sedih juga kalau putus sama pacar yang mukanya mirip, masa tiap liat mantan jadi serasa lagi ngaca? Haduhhh, jangan sampai!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

ARTIKEL TERKAIT
Ilustrasi Wajah Fenomena Pareidolia
15 Ilustrasi Wajah Karakter Unik Gara-Gara Fenomena Pareidolia
35 B15f4
7 Aktor yang Wajahnya Mirip Banget Tokoh Masa Lalu, Reinkarnasi?
Untitled Design 2021 02 05t173022 357 3d93b
7 Artis yang Punya Tato Wajah Pasangan, Bukti Cinta Selamanya!
Untitled 1 4d850
7 Aktor Indonesia paling Tampan, Wajahnya Bikin Hati Kedut-Kedut!
Gambar Hybrid
7 Gambar Ini Buktikan Bahwa Wajah Manusia Bisa Mirip Hewan
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal