6 Penjelajah Muslim Terkenal dari Masa Keemasan Islam | Dari Ujung Timur Hingga Barat!

Al-Biruni, pada abad ke-11, menulis dalam bukunya Demarcation of the Limits of the Areas di mana Islam telah merambah dari negara-negara Timur ke dunia Barat.

Islam menyebar ke barat Spanyol (Al-Andalus), ke timur ke perbatasan China dan ke tengah India, ke selatan ke Abyssinia dan negara-negara Zanj Zanj (artinya Afrika hitam dari Mali ke Kilwa (Tanzania) dan Mauritania ke Ghana).

Juga ke timur ke Kepulauan Melayu dan Jawa, ke utara ke negara-negara Turki, dan Slavia. Karena Alquran mengatakan setiap orang yang sehat harus melakukan haji ke Mekah setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Makanya ribuan orang melakukan perjalanan dari wilayah terjauh kerajaan Islam ke Mekah, dimulai pada abad ketujuh.

Saat mereka melakukan perjalanan, mereka membuat deskripsi tentang tanah yang mereka lewati. Beberapa penjelajah muslim paling terkenal dari masa Keemasan Islam ini antara lain:

1. Al Ya'qubi (Abad ke-8)

Penjelajah Adalah D0b01

Al Ya'qubi menulis "Book of Countries" yang dia selesaikan pada tahun 891 setelah lama menghabiskan waktu bepergian.

Pada buku tersebut dia memberikan nama kota dan negara, orang, penguasa, jarak antara kota dan kota, pajak, topografi, dan sumber daya air.

Al-Ya'qubi menulis bahwa China adalah negara besar yang dapat dicapai dengan melintasi tujuh lautan; masing-masing dengan warna, angin, ikan, dan anginnya sendiri, yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Sementara yang ketujuh, Laut Cankhay [yang mengelilingi Kepulauan Melayu] hanya dapat dilalui oleh angin selatan.

2. Abu Al Hasan Al Masudi (Abad ke-9)

Kisah Tokoh Islam Yang Menginspirasi 925c7

Al-Masudi dikenal sebagai "Herodotus dari Arab", adalah seorang sejarawan dan ahli geografi. Ia berhasil menggabungkan sejarah dan geografi ke dalam ensiklopedi miliknya.

Ensiklopedi itu disebut "The Meadows of Gold and Mines of Gems" atau bahasa Arab disebut "Muruj adh-dhahab wa ma'adin al-jawhar".

Al Masudi lahir di Baghdad dan menghabiskan sebagian besar hidupnya bepergian ke Afrika Timur, Timur Tengah, Persia, Rusia, India, dan China.

Metode penelitian sejarah yang diusulkannya dianggap "segar" pada saat itu. Tidak hanya memadukan aspek budaya dan sosial, tetapi juga menampilkan kancah politik daerah melalui dialog dengan warga lokal.

3. Ibnu Fadlan (Abad ke-10)

Tokoh Inspiratif Islam Muslimah 77721

Ibnu Fadlan adalah seorang penulis sejarah Arab dan pada 921 khalifah Baghdad mengirimnya dengan misi diplomatik ke raja Bulgaria dari Volga Tengah.

Dia menulis kisah perjalanannya dan ini disebut Risalah. Seperti Rihla Ibnu Battuta, Risalah sangat berharga karena menggambarkan tempat dan orang-orang di Eropa utara, khususnya orang yang disebut Rus dari Swedia.

"Saya telah melihat Rus (Viking) saat mereka datang dalam perjalanan perdagangan mereka dan berkemah di Volga. Saya belum pernah melihat spesimen fisik yang lebih sempurna, setinggi pohon kurma, pirang dan kemerahan; mereka tidak mengenakan tunik atau kaftan, tetapi para pria mengenakan pakaian yang menutupi satu sisi tubuh dan membiarkan tangannya bebas," tulis Ibnu Fadlan dalam Risalahnya.

4. Al-Dimashqi (Abad ke-14)

Cerita Tokoh Islam 837e5

Al-Dimashqi memberikan catatan yang sangat rinci tentang pulau Al-Qumr, juga disebut Pulau Melayu atau Kepulauan Melayu.

Dia berkata ada banyak kota kecil dan kota besar yang kaya, hutan lebat dengan pohon-pohon besar dan tinggi, dan gajah putih.

Juga hiduplah burung raksasa yang disebut Rukh, (Burung Roc) seekor burung yang telurnya seperti kubah.

Rukh ditampilkan dalam cerita tentang beberapa pelaut yang memecahkan dan memakan isi telurnya; burung raksasa itu mengejar mereka di laut sambil membawa batu besar yang dilemparkannya ke arah pelaut tanpa henti.

Kisah ini, seperti kisah lain para penjelajah dan menjadi dasar dari banyak kisah yang memperkaya sastra Islam.

Seperti Petualangan Sinbad sang Pelaut dan Seribu Satu Malam, kekayaan catatan berusia seribu tahun ini telah menginspirasi banyak penulis dan pembuat film.

5. Ibnu Battuta (Abad ke-14)

Ibnu Batutah Aa989

Ibnu Battuta baru berusia 21 tahun pada tanggal 13 Juni 1325, ketika ia berangkat sendirian dengan keledai pada awal perjalanan darat sejauh 3.000 mil (4800 km) ke Mekah dari Tangier di Maroko.

Dia meninggalkan keluarga, teman, dan kampung halamannya dan tidak akan bertemu mereka lagi selama 29 tahun. Beberapa tidak pernah dia lihat, karena wabah merenggut mereka sebelum dia kembali.

Dia melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, berkuda, dan berlayar lebih dari 75.000 mil (120 ribu km), melewati lebih dari 40 negara.

Ibnu Battuta bekerja sebagai qadi, hakim, untuk sultan dan kaisar. Perjalanannya percampuran antara tur, doa, bisnis, petualangan, dan mengejar ilmu.

Dia kembali ke kota asalnya tiga dekade kemudian dan menceritakan kisah-kisah tentang negeri yang jauh dan eksotis.

Sultan Fez (Fes), Abu 'Inan, memintanya untuk menuliskan pengalamannya di Rihla, sebuah buku perjalanan dengan seorang juru tulis kerajaan, Ibn Juzayy, dia menyelesaikan tugasnya dalam dua tahun.

6. Ahmad Ibn Majid (Abad ke-15)

Tokoh Inspiratif Islam Di Indonesia C7cd9

Ahmad Ibn Majid adalah seorang navigator dan penyair Arab yang menemani penjelajah Portugis Vasco da Gama menyeberangi lautan.

Lahir dari keluarga pelaut, Ahmad Ibn Majid mampu mengoperasikan kapal pada usia 17 tahun. Ia juga dikenal sebagai pelaut Arab pertama yang berkeliling dunia.

Ahmad Ibn Majid telah menulis lebih dari 40 puisi dan esai tentang penaklukan lautan. Ia juga mendapat julukan "Singa Laut".

Bukunya yang terkenal adalah "Kitab al Fawa id fi usul Ilm al-Bahr wa l-Qawa id" yang berisi informasi dan prinsip navigasi.

Buku ini banyak dijadikan rujukan para pelaut Arab karena memuat informasi lengkap tentang petunjuk navigasi dengan mengamati langit, pola cuaca, dan daerah berbahaya yang dilalui kapal.

Akhir Kata

Itu dia sejumlah penjelajah dunia muslim yang berasal dari masa Keemasan Islam. Apakah ada sosok favoritmu masuk ke sini?

Seringkali hasil karya mereka kerap digunakan cendekiawan muslim dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sosial, ekonomi, dan sains.

Baca juga artikel seputar Iptek atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

15 Situs Penghasil Uang Tercepat dan Terpercaya, Auto Kaya!

6 Aktris Indonesia Keturunan Jepang | Cantiknya Kawaii!

25 Film Psikopat Terbaik dan Tersadis 2021 Wajib Tonton, Bikin Insomnia!

Cara Daftar & Aktivasi m-Banking BCA Tanpa ke ATM, Aman & Cepat!

7 Film Terbaik Tentang Pemberdayaan Perempuan, Inspiratif Banget!

ARTIKEL TERKAIT
6cca3075a8698ead9197e791982ea600
4 Spesies 'Alien' yang Hidup di Bawah Segitiga Bermuda
Images 1aga 1a894
10 Foto Misterius yang Hingga Kini Belum Terpecahkan
B33888a2329ae2942c4d9641fdacf44f
10 Rekaman Suara Paling Seram dan Misterius di Dunia, Jangan Didengerin!
10 Tempat Misterius Yang Bisa Kamu Temukan Di Google Earth Bagian 1 Banner
10 Tempat Misterius yang Bisa Kamu Temukan di Google Earth (Bagian 1)
Untitled 1 D8067
5 Tempat Misterius dan Terkutuk Di Dunia
Tags Terkait: Sejarah
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal